Katedral Criciúma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Criciúma
Katedral Santo Yosef
Catedral São José
Katedral Criciúma
LokasiCriciúma
NegaraBrasil
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Dibangun1907–1917
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Criciúma

Katedral Santo Yosef[1] (juga Katedral Criciúma; bahasa Portugis: Catedral São José)[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di tengah-tengah kotamadya dan lokalitas Criciúma, di depan Lapangan Nereu Ramos di negara bagian Santa Catarina di selatan Brasil. Pada tahun 2012, gereja dibuka kembali setelah lima tahun dibangun dan menampilkan tampilan baru.[3]

Pembangunannya dimulai pada tahun 1907 di bawah arahan Pastor João Canônico. Pelantikan dilakukan pada tahun 1917, pada saat Pastor Francisco Bertero menjabat sebagai pastor paroki resmi. Pada tahun 1946, untuk Kongres Ekaristi, terjadi perubahan pada fasad, dua kapel samping, dan gambar orang-orang kudus, yang dibuat oleh Natalício Marques. Pada tahun 1976 ditutupi dengan ubin dan tiga puluh tahun kemudian diperbesar, pada tahun 2006. Konstruksinya bergaya gaya Romawi dicampur dengan Gotik, dengan panti umat dibagi menjadi dua baris kolom.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral St. Joseph di Criciúma
  2. ^ "Catedral São José - Pontos Turísticos - Prefeitura Municipal de Criciúma". www.criciuma.sc.gov.br. Diakses tanggal 2017-02-07. 
  3. ^ Satc. "Catedral São José de Criciúma de cara nova". www.portalsatc.com.