Katedral Créteil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Créteil
Katedral Santa Maria
Prancis: Cathédrale Notre-Dame de Créteil
Katedral Créteil
LokasiCréteil
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Créteil

Katedral Créteil (Prancis: Cathédrale Notre-Dame de Créteil) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Créteil, Val -de-Marne, Prancis. Katedral yang sekarang selesai dibangun pada tahun 2015, menggantikan gedung sebelumnya. Ini adalah tempat kedudukan Keuskupan Créteil, yang dibentuk pada tahun 1966.

Bangunan pertama[sunting | sunting sumber]

Katedral pertama di situs ini dulunya adalah gereja paroki yang dibuka pada tanggal 18 Juni 1976, yang dipilih sebagai katedral keuskupan baru pada tahun 1987. Sebuah bangunan sederhana, seperti keinginan otoritas gerejawi pada masa itu, terletak di antara distrik Montaigut dan Université Paris XII Val-de-Marne.

Sebelum konsekrasi pada tahun 1976, katedral sementara keuskupan tersebut adalah gereja Saint Louis dan Saint Nicholas di Choisy-le-Roi.

Bangunan saat ini[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 19 dan 20 Juni 2010, sebuah proyek diumumkan (Projet Créteil Cathédrale+) untuk mewujudkan transformasi bangunan katedral sederhana yang asli menjadi simbol kehadiran Gereja yang lebih ramah, lebih terang, dan lebih terlihat di Val-de-Marne. Pengerjaannya dimulai pada tahun 2013 dengan pembongkaran bangunan awal. Katedral baru, yang dirancang oleh arsitek Charles-Gustave Stoskopf, dibuka untuk ibadah pada tahun 2015.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]