Katedral Condom

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Condom
Katedral Santo Petrus
Prancis: Cathédrale Saint-Pierre de Condom
Katedral Condom
LokasiCondom, Gers
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Auch

Katedral Condom (Prancis: Cathédrale Saint-Pierre de Condom) adalah sebuah gereja paroki Katolik dan bekas katedral yang didedikasikan untuk Santo Petrus yang terletak di Condom, Gers, Prancis. Monumen ini terdaftar sebagai monument historique pada tahun 1840.[1] Dulunya merupakan tempat kedudukan Keuskupan Condom; keuskupan tersebut ditambahkan ke Keuskupan Agung Auch pada tahun 1822.

Deskripsi bangunan[sunting | sunting sumber]

Katedral mendominasi kota, yang terletak di atas bukit di atas Sungai Baïse. Ini dirancang pada akhir abad ke-15 dan didirikan dari tahun 1506 hingga 1531, menjadikannya salah satu bangunan besar terakhir di wilayah Gers yang dibangun dengan gaya Gotik Prancis Selatan barat daya. Perancis. Gereja memiliki penopang di sekelilingnya dan terdapat menara persegi 40-meter (130 ft) di bagian depan barat. Pintu depan barat memiliki simbol Keempat Penginjil dalam tympanum, dan pintu nave selatan dalam gaya Gotik Flamboyant memiliki 24 patung kecil di relung arsip.

Di dalam, bagian tengah tanpa lorong yang lebar diterangi oleh jendela klerestorium dengan kaca grisaille. Ada layar neo-Gotik kerawang dari tahun 1844 di sekitar kansel, yang membedakannya dari rawat jalan. Kaca patri di paduan suara berasal dari abad ke-19. Katedral ini terkenal dengan liturgi abad ke-16 yang mewah dan organnya tahun 1605 di ujung barat. Hal ini diperingati di ruang paduan suara bos dengan figur musisi bidadari. Mimbar asli dengan batu berukir halus baldaquin masih ada di tempatnya. Biara abad ke-16 sekarang menjadi jalan umum yang bersebelahan dengan tempat parkir mobil, yang bagian luarnya diterangi pada malam hari.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]