Katedral Chanthaburi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Chanthaburi
Gereja Katedral Bunda Maria Dikandung Tanpa Noda di Chanthaburi
Thai: อาสนวิหารพระนางมารีอาปฏิสนธินิรมล
Katedral Bangkok, Juli 2023
Katedral Chanthaburi di Thailand
Katedral Chanthaburi
Katedral Chanthaburi
Koordinat: 12°36′33″N 102°07′07″E / 12.6093°N 102.1186°E / 12.6093; 102.1186
LokasiChanthaburi
NegaraThailand
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiDikandung Tanpa Noda
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Gayaneo-Gotik
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Chanthaburi

Katedral Chanthaburi atau secara resmi bernama lengkap Katedral Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda[1] (Thai: อาสนวิหารพระนางมารีอาปฏิสนธินิรมล) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Chanthaburi,[2] di provinsi Chanthaburi, di Thailand. Katedral Chanthaburi menjadi "bangunan paling terkenal dan indah di Chanthaburi"[3] dan saksi kehadiran Perancis di kota tersebut.[4]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral Dikandung Tanpa Noda adalah gereja keempat yang dibangun oleh komunitas Katolik di Chanthaburi. Komunitas Katolik pertama mengikuti orang Siam di pengasingan setelah jatuhnya Ayutthaya pada tahun 1767.

Pada tahun 1901, umat Kristen di Chanthaburi berjumlah 2.500; pada tahun 1904, dibantu oleh pendetanya, seorang misionaris Perancis, Pastor Augustin Peyrical memulai pembangunan gereja baru. Setelah Pastor Quentric meninggal, Pastor Peyrical diangkat menjadi pastor paroki Banpeng, almarhum memberinya wasiat sebagian dari warisannya untuk membangun gereja baru di Chanthabury. Karena perbedaan pendapat dengan Mgr. Jean-Louis Vey, vikaris apostolik Siam, yang memiliki pandangan tentang warisan ini, Pastor Peyrical tidak pergi ke Banpeng, tetapi ke Paris dan Roma untuk membela hak-haknya, dan Roma setuju dengannya. Kembali ke Siam pada tahun 1910, ia diangkat menjadi pastor paroki Chanthaburi oleh Mgr. Rene Perros. Distrik tempat ia tinggal dihadapkan dengan epidemi kolera dan wabah penyakit secara berturut-turut, namun ia akan tetap bertahan. Pada tahun 1921, Pastor Peyrical diangkat Vikaris Apostolik Laos, tetapi ia menolak kehormatan dan jabatan tersebut: Pastor Gouin-lah yang menerimanya. Meskipun ada kesulitan keuangan dalam memelihara sekolah, jumlah umat Katolik terus meningkat dan pada tahun 1928, Pastor melanjutkan pemberkatan gereja baru dan pemakaman di Rayong. Ketika Pastor Peyrical meninggal pada tanggal 3 September 1929 di Chanthaburi, ia dimakamkan di pemakaman sebelah gerejanya, yang terbesar di Thailand.[5]

Pada tanggal 23 Desember 1945, Paus Pius XII mendirikan vikariat apostolik Chanthaburi dan oleh karena itu Gereja Dikandung Tanpa Noda menjadi katedral dengan kapitel kanonik.[6]

Sejak tahun 1965, katedral ini berfungsi sebagai pusat ritus Latin dari Keuskupan Chanthaburi (Dioecesis Chanthaburiensis, สังฆมณฑล จันทบุรี) yang dibuat dengan Bulla "Qui in fastigio" dari Paus Paulus VI. Hal ini berada di bawah tanggung jawab pastoral Uskup Silvio Siripong Charatsri.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Katedral, terlihat dari sebagian besar kota, diresmikan secara resmi pada tahun 1909[7] sebagai salah satu gereja Katolik terbesar di Thailand.[8] Dibangun dengan gaya Gotik selama 10 tahun pendudukan Perancis.

Bentuk Katedral dengan nave di tengah, dua gang samping, narthex, dan dua spires kembar merupakan bentuk teladan dari ekspresi neo-Gotik.

Devosi[sunting | sunting sumber]

Devosi spiritualitas Katolik Perancis dan Vietnam[sunting | sunting sumber]

Bagian tengah Katedral

Pengaruh Perancis dan Vietnam terlihat jelas di Katedral Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda.

Kacamata berwarna yang mewakili raja Prancis Saint Louis serta pahlawan nasional Joan of Arc mengingatkan pendudukan Prancis atas kota tersebut pada awal abad ke-20. Tiga kaca patri lainnya dalam oculus menggambarkan para martir yang diberkati sebagai Theophane Venard, Auguste Chapdelaine dari Tarekat Misi Asing Paris adalah warisan dari para pembangun Perancis di tempat suci ini.

Altar berukir yang dicat merah dan emas merupakan ciri khas Katolik Vietnam. Altar samping yang didedikasikan untuk Hati Kudus dan Santo Yusuf adalah pengingat komunitas Katolik Vietnam pertama di Chanthaburi.

Pusat Katolik untuk Thailand[sunting | sunting sumber]

Katedral Chanthaburi telah menjadi gereja utama bagi Gereja Katolik di Thailand. Diapit oleh kediaman uskup serta banyak sekolah Katolik dan Rumah Fatima, yaitu rumah umum Pencinta Salib Chanthaburi, katedral ini berada di pusat keuskupan di mana Populasi Katolik mencapai angka tertinggi secara nasional di Thailand, yaitu sekitar sepuluh persen dari keseluruhan populasi.

Gua Maria devosi Maria[sunting | sunting sumber]

Patung Perawan Maria yang dilapisi batu safir di Katedral Chanthaburi.

Katedral, yang didedikasikan untuk Dikandung Tanpa Noda, adalah ekspresi unik dari Devosi Maria di Thailand.

Ada patung Perawan Maria di depan Katedral.

Bagian tengah bagian dalam katedral adalah patung Perawan Maria. Itu ditutupi dengan permata semi mulia yang disumbangkan oleh jemaat setempat – perkiraan jumlah permata berkisar antara 200.000 hingga 500.000.[9]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda di Chanthaburi
  2. ^ DK Panduan Perjalanan Saksi Mata Thailand. Penguin. ISBN 9781465433398. 
  3. ^ Doré, François. Chanthaburi 11 dan sejarah komune franco-siamoise. hlm. 50. ISBN 978-2-919122-77-6. 
  4. ^ Marcel, Jean. Sejarah pembayaran d'Or. ISBN 978-2-919122-53-0. 
  5. ^ "Biografi Pastor Augustin Peyrical". IRFA. 
  6. ^ Pius XII. "De Bangkok" (PDF). Acta Apostolicae Sedis. XXXVII (12) – via Situs Web Resmi Vatikan. 
  7. ^ "Katedral Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda | Thailandee.com". www.thailandee.com. Diakses tanggal 2016-05-23. 
  8. ^ Gasik, Lindsay (1 Juni 2014). Panduan Wisata Durian Ke Thailand. Lindsay Gasik. 
  9. ^ "Patung Perawan Maria di Katedral Dikandung Tanpa Noda". Thailand Life. Diakses tanggal 28 September 2016.