Katedral Castellammare

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Castellammare
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Concattedrale di S. Maria Assunta
Katedral Castellammare
LokasiCastellammare
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Sorrento-Castellammare di Stabia

Katedral Castellammare yang bernama resmi Kon-Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga dan Santo Catellus (bahasa Italia: Concattedral di Maria Santissima Assunta e San Catello) adalah sebuah gereja katedral Katolik dari yang terletak di kota metropolitan Napoli, di wilayah Campania, Italia. Ini adalah gereja utama di Castellammare di Stabia dan merupakan kon-katedral dari Keuskupan Agung Sorrento-Castellammare. Dibangun pada tahun 1587 dan ditahbiskan pada tahun 1893. Di dalamnya dipamerkan untuk beribadah patung Saint Catello, santo pelindung kota.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral ini didirikan di dekat lokasi pemakaman Kristen yang muncul di samping jalan Romawi antara kota Romawi Kuno Nocera dan Stabiae. Katedral pertama di Castellammare ditempatkan di dekat bukit Varano; kemudian dipindahkan ke dekat Kastil dan kemudian di dekat alun-alun Quartuccio. Pasca gempa bumi tahun 1436, bangunan tersebut banyak mengalami kerusakan yang berujung pada keputusan membangun katedral baru. Ada upaya pertama pada tahun 1517 ketika sebuah komite warga menugaskan tugas memproyeksikan gedung baru kepada arsitek Giovanni Donadio, tetapi karena alasan yang tidak diketahui, rencana tersebut gagal. Hal yang sama terjadi pada tahun 1569 dengan upaya kedua yang dilakukan oleh uskup Antonio Laureo.

Pada tahun 1581, uskup Ludovico Maiorano menjual katedral bersama tersebut, yang kemudian menjadi reruntuhan, dan memperoleh sejumlah uang untuk diinvestasikan dalam pembangunan katedral baru. Enam tahun kemudian, pemerintah kota memberikan izin untuk mensubsidi proyek tersebut dengan pajak yang harus dibayar setiap warga negara untuk setiap kilogram daging, minyak, keju, dan setiap bahan makanan lainnya yang dibeli di toko-toko kota atau di Bea Cukai Kerajaan. Katedral bersama yang baru berdiri di atas reruntuhan katedral sebelumnya di zona Quartuccio, dan pekerjaan konstruksi ditugaskan kepada Pietro Antonio De Sanctis, Santoro Cortolano, dan Paolo Fasano (upacara peletakan batu pertama diceritakan dalam salah satu buku yang disimpan di katedral. arsip bersejarah). Pembangunannya cukup sulit dan lambat; dana ekonomi tidak cukup meskipun ada pajak yang dikenakan pada warga negara. Akhirnya, pada tahun 1643, sebagian bangunan dibuka untuk umum berkat kapel pribadi yang diberikan kepada beberapa keluarga bangsawan kota. Katedral belum selesai dibangun pada periode tersebut, dan unsur-unsur penting seperti organ (ditempatkan seluruhnya pada tahun 1774), aula (dibangun pada tahun 1713), dan altar utama (ditahbiskan pada tahun 1760) masih belum ada. Menara lonceng juga tidak ada, dan pada tahun 1774 diusulkan untuk merenovasi menara yang masih ada. Uskup sangat menentang hal ini karena dia harus memberikan sekitar 2 meter dari tanahnya, sehingga pada tahun 1782 raja turun tangan dan menara lonceng baru dibangun dengan biaya 7.323 dukat.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Comune of Castellammare di Stabia Diarsipkan 2020-11-26 di Wayback Machine., citing works by E. Valcaccia, including La città di Stabia e San Catello suo Patrono. Edizione integrata aggiornata e illustrata dell’omonima opera di G. Lauro Aiello, Castellammare di Stabia 2007; and Venite adoremus Dominum! Le rappresentazioni presepiali nei dipinti delle chiese di Castellammare di Stabia, Castellammare di Stabia, 2009.