Katedral Cagliari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Cagliari
Katedral Santa Maria dan Santa Sesilia
bahasa Italia: Cattedrale di S. Maria di Castello e Santa Cecilia
Katedral Cagliari
LokasiCagliari
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Cagliari

Pemandangan Timur Katedral dan Castello
Salah satu dari empat singa marmer, yang pernah menopang Ambo Guglielmo, sekarang terletak di kaki langkan pastoran

Katedral Cagliari (bahasa Italia: Duomo di Cagliari, Cattedrale di Santa Maria e Santa Cecilia) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Cagliari, Sardinia, Italia, didedikasikan untuk Perawan Maria dan Sesilia dari Roma. Ini adalah tempat kedudukan Keuskupan Agung Cagliari.

Gereja ini dibangun pada abad ke-13 dengan gaya Pisan-Romawi, memperoleh status katedral pada tahun 1258. Pada abad ke-17 dan ke-18 direnovasi sesuai dengan garis Barok. Pada tahun 1930-an, bangunan ini akhirnya menerima fasad terkini, dalam gaya Neo-Romawi, yang terinspirasi oleh Katedral Pisa.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja ini dibangun oleh orang Pisa di benteng mereka yang menghadap ke kota, Castel di Castro. Denahnya berbentuk persegi, dengan bagian tengah dan dua lorong, yang terakhir memiliki kubah silang, sedangkan bagian tengahnya memiliki langit-langit kayu. Pada tahun 1258, setelah bangsa Pisa menghancurkan ibu kota Giudicato Cagliari, Santa Igia, dan katedralnya, kota ini menjadi pusat Keuskupan Agung Cagliari.

Pada abad ke-14, transept dibangun, memberikan denah dasar salib Latin pada katedral, dan dua pintu masuk samping. Fasadnya menerima jendela berjendela Gotik dan menara loncengnya juga dimodifikasi. Dari periode yang sama kapel pertama hadir, dalam gaya Gotik Italia, di lengan kiri transept. Transept kanan selesai setelah penaklukan Cagliari oleh Orang Aragon, dan dua kapel tambahan dibangun.

Mausoleum Martin I dari Sisilia

Pada tahun 1618 presbiteri didirikan untuk membangun tempat perlindungan bagi beberapa relik para martir. Interior dan fasadnya ditata ulang dengan gaya Barok pada tahun 1669-1704. Sebuah kubah dibangun di tengah transept, dan kapel Gotik yang terakhir dipindahkan.

Fasad lama dihancurkan pada awal abad ke-20, dan diganti dengan fasad Neo-Romawi, serupa dengan desain aslinya, pada tahun 1930-an.

Triptik Paus Klemens VII

Karya seni[sunting | sunting sumber]

Di bagian dalam, daya tarik utamanya adalah ambo Guglielmo, sepasang mimbar abad ke-12 karya salah satu Master Guglielmo, yang awalnya dipahat untuk katedral Pisa. Ia dibawa ke Cagliari pada tahun 1312 dan ditempatkan di bagian tengah, dekat kolom ketiga. Pada tahun 1669 mimbar tersebut dipecah menjadi dua, dan kedua mimbar tersebut ditempatkan di lokasinya saat ini. Empat singa marmer yang menopang ambo kini terletak di kaki langkan pastoran. Patung mencakup adegan dari Perjanjian Baru.

Karya seni lainnya termasuk triptych Flemish abad ke-15 (juga dikenal sebagai Triptych dari Paus Klemens VII), yang dikaitkan dengan Rogier van der Weyden, dan monumen pemakaman Barok untuk Bernardo de La Cabra, uskup agung Cagliari, yang meninggal dalam wabah tahun 1655, sedangkan transept kiri menampung kapel abad ke-14 dan makam Raja Aragon Martin I dari Sisilia, yang dibangun pada tahun 1676-1680. (Martin meninggal selama penaklukan Sardinia pada awal abad ke-15).

Di ruang bawah tanah terdapat Tempat Suci Para Martir, rumah bagi 179 relung berisi peninggalan para martir Cagliari yang ditemukan selama penggalian pada abad ke-17 di dekat Basilika San Saturnino. Tempat kudus ini memiliki tiga kapel dengan dekorasi Barok.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Piseddu, Antioco (2000). Le chiese di Cagliari. Cagliari: Zonza Editori. ISBN 88-8470-030-2. 
  • Coroneo, Roberto (1993). Architettura Romanica dalla metà del Mille al primo '300. Nuoro: Ilisso. ISBN 88-85098-24-X. 

Koordinat: 39°13′08″N 9°07′02″E / 39.21889°N 9.11722°E / 39.21889; 9.11722