Katedral Bruges

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Bruges
Gereja Katedral Juru Selamat dan Santo Donatius di Brugge
Belanda: de Sint-Salvatorskathedraal
Katedral Bruges
LokasiBrugge
NegaraBelgia
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiJuru Selamat dan Santo Donatius
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Tipe arsitekturGereja
GayaNeo-Romanesque
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Brugge

Katedral Bruges atau Katedral Brugge yang bernama resmi Katedral Juru Selamat dan Santo Donatius adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Bruges, Belgia. Katedral ini didedikasikan untuk Verrezen Zaligmaker (Belanda, 'penyelamat yang bangkit', lih. Latin 'penyelamat', 'penyelamat') dan Santo-Donatius dari Reims.[1] Katedral ini merupakan takhta dan pusat kedudukan bagi Keuskupan Brugge.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja Juru Selamat, gereja utama kota ini, adalah salah satu dari sedikit bangunan di Bruges yang bertahan dari serangan selama berabad-abad tanpa kerusakan. Namun demikian, bangunan ini telah mengalami beberapa perubahan dan renovasi. gereja pada awalnya tidak dibangun untuk menjadi katedral; status ini diberikan pada abad ke-19. Sejak abad ke-10 St. Salvator adalah gereja paroki yang umum. Pada waktu itu Sint-Donaaskathedraal (Katedral Santo Donatius), yang terletak di jantung kota Bruges, di seberang Balai Kota, merupakan pusat bangunan keagamaan di kota tersebut. Pada tahun 1116, kebakaran baru menghancurkan bangunan tersebut, dan pada tahun 1127 , pembangunan gereja baru yang lebih besar dimulai dengan gaya Romanesque. Pada tahun 1250, pembangunan gereja yang sekarang dilakukan, yang berlangsung selama sekitar satu abad. Pada akhir abad ke-18, penjajah Prancis Bruges mengusir uskup Bruges dan menghancurkan Sint-Donaaskathedraal, yang merupakan kediamannya.[2]

Pada tahun 1834, tak lama setelah kemerdekaan Belgia pada tahun 1830, seorang uskup baru dilantik di Bruges dan Gereja Juru Selamat memperoleh status katedral. Namun, gambaran luar bangunan tersebut tidak menyerupai katedral. Ukurannya jauh lebih kecil. dan tidak terlalu mengesankan dibandingkan Gereja Bunda Maria di dekatnya dan harus disesuaikan dengan peran barunya. Membangun menara yang lebih tinggi dan lebih mengesankan adalah salah satu opsi yang memungkinkan.[3]

Atap katedral runtuh dalam kebakaran pada tahun 1839. Robert Chantrell, seorang arsitek Inggris, yang terkenal dengan restorasi gereja neo-Gotik bergaya Inggris, diminta untuk mengembalikan Katedral Bruges ke kejayaannya. Pada saat yang sama, dia ditugaskan sebuah proyek untuk menara yang lebih tinggi, untuk membuatnya lebih tinggi dari Gereja Bunda Maria. Bagian tertua yang masih ada, berasal dari abad ke-12, membentuk dasar menara perkasa. Alih-alih menambahkan bagian neo-Gotik ke menara, Chantrell memilih desain Romanesque yang sangat pribadi. Setelah selesai ada banyak kritik, dan Komisi Kerajaan untuk Monumen (Koninklijke Commissie voor Monumenten), tanpa izin Chantrell, menempatkan puncak kecil di atas menara, karena desain aslinya dianggap terlalu datar.Menara barat bergaya neo-Romawi yang mirip benteng ini tingginya 99 meter.[4]

Bagian dalam[sunting | sunting sumber]

Interior Katedral Bruges sepanjang 101 meter berisi beberapa perabotan penting. Saat ini terdapat banyak karya seni yang awalnya disimpan di pendahulunya yang hancur, Sint-Donaaskathedraal. Karpet dinding yang dapat dilihat saat memasuki gereja diproduksi di Brussels oleh Jasper van der Borcht pada tahun 1731. Ini ditugaskan oleh uskup Hendrik Jozef van Susteren untuk Sint-Donaaskathedraal. Salvator juga memiliki lukisan asli yang menjadi model karpet dinding, yang menghasilkan kombinasi yang cukup unik.Dalam paduan suara, podium asli abad ke-16 masih dapat dikagumi.

Musik[sunting | sunting sumber]

Organ Katedral Bruges

organ katedral awalnya dibangun oleh Jacobus Van Eynde (1717–1719) dan diperluas serta dibangun kembali tiga kali pada abad ke-20: pada tahun 1902 oleh L. B. Hooghuys, pada tahun 1935 oleh Klais Orgelbau dan pada tahun 1988 oleh Frans Loncke & zonen.Instrumen ini memiliki 60 stop pada tiga manual dan pedal.[5] Organ dimainkan dalam kebaktian dan di Kathedraalconcerten, rangkaian konser didirikan pada tahun 1952.[6] Organisnya adalah Ignace Michiels.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Katedral St. Salvator". Religiana. Diakses tanggal 2023-02-02. 
  2. ^ "Katedral St. Salvator di Brugge, Belgia". GPSmyCity. Diakses tanggal 2023-02-02. 
  3. ^ "The collection of the Saint-Salvator Cathedral | Flemish Primitives". vlaamseprimitieven.vlaamsekunstcollectie.be. Diakses tanggal 2023-02-02. 
  4. ^ "Schatkamer van de Sint-Salvatorskathedraal (Bruges) - Visitor Information & Reviews - WhichMuseum". whichmuseum.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-02-02. 
  5. ^ Geschiedenis van het orgel, sejarah organ.
  6. ^ "Kathedraalconcerten". Kathedraalconcerten.be. Diakses tanggal 2014-04-14. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]