Katedral Broome, Australia Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Broome
Gereja Katedral Ratu Damai Broome
Our Lady Queen of Peace Cathedral
Katedral Broome, 2019
LokasiBroome
NegaraAustralia
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiRatu Damai
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Broome

Katedral Broome atau yang bernama lengkap Katedral Ratu Damai,[1] juga dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Our Lady Queen of Peace Cathedral, adalah sebuah gereja katedral Katolik[2] yang terletak di kota Broome, Australia Barat,[3][4] dan menjadi pusat kedudukan dan takhta bagi uskup Keuskupan Broome.

Pada tahun 1899 sebuah gereja kayu Broome didedikasikan untuk Ratu Damai, dengan bantuan penyelam mutiara Filipina. Menara dan modifikasi lainnya selesai pada April 1904.

Pada awal tahun 1960, gereja tua dari kayu dan besi perlu diperbaiki. Kondisi gereja yang memprihatinkan, dikombinasikan dengan fakta bahwa bangunan itu terlalu kecil untuk komunitas umat beriman yang terus berkembang, menyebabkan keputusan untuk membangun gereja baru untuk kota tersebut.

Stan Costello, berasal dari Perth, ditugaskan untuk mendesain gereja baru Broome. Pembangunan gedung yang bersebelahan dengan lokasi gereja tua itu dimulai pada April 1963 dan selesai pada September tahun yang sama.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Katedral Ratu Damai Kita, Broome, Australia Barat, Australia". www.gcatholic.org. Diakses tanggal 2016-04-29. 
  2. ^ "Catholic Archdiocese of Sydney - Features". www.sydneycatholic.org. Diakses tanggal 2016-04-29. 
  3. ^ Falzun, Nicolas. "Peziarah Broome". www.rmsperth.org.au. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 April 2016. Diakses tanggal 2016-04-29. 
  4. ^ "Rekor » Broome merencanakan katedral baru". www.therecord.com.au. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28-04-2016. Diakses tanggal 2016-04- 29.