Katedral Brisbane

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Brisbane
St. Stephen's Cathedral
Katedral Santo Stefanus Brisbane, fasad Barat
Agama
AfiliasiGereja Katolik Roma
DistrikKeuskupan Agung Brisbane
Ecclesiastical or organizational statusKatedral[1]
KepemimpinanMark Coleridge
Diberkati17 Mei 1874
Lokasi
LokasiBrisbane, Queensland
Australia
Koordinat27°28′07″S 153°01′44″E / 27.4687°S 153.0289°E / -27.4687; 153.0289Koordinat: 27°28′07″S 153°01′44″E / 27.4687°S 153.0289°E / -27.4687; 153.0289
Arsitektur
ArsitekBenjamin Backhouse
TipeGereja
Gaya arsitekturNeo-Gotik
Peletakan batu pertama26 Desember 1863
Rampung1989
Situs web
cathedralofststephen.org.au

Katedral Santo Stefanus adalah gereja katedral Katolik yang terletak di Brisbane, Queensland, Australia. Katedral Brisbane terdaftar sebagai warisan dari Keuskupan Agung Brisbane dan menjadi takhta bagi uskup agung di Keuskupan Agung Brisbane. Katedral Santo Stefanus hanya dimaksudkan sebagai takhta sementara untuk uskup agung, dan rencana untuk penggantian dibuat dengan Katedral Nama Suci, namun katedral tersebut tidak pernah dibangun.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral ini terletak di lokasi yang dibatasi oleh Elizabeth, Charlotte, Creek, dan Edward Street, di Australia, di kota Brisbane, Queensland. James Quinn, uskup pertama Brisbane, tiba pada tahun 1861 dari Irlandia, dan segera berencana membangun katedral besar untuk menampung umat Katolik yang terus bertambah. Pada tanggal 26 Desember 1863, Quinn meletakkan batu fondasi untuk sebuah katedral besar yang dirancang oleh Benjamin Backhouse, tetapi ini tidak pada awalnya berlanjut melampaui fondasi. R George Suter kemudian ditugaskan untuk merancang gereja yang lebih kecil dan sederhana sebagian di atas fondasinya, dan nave saat ini dibangun pada tahun 1870–74, dengan atap pelana depan dan menara selesai pada tahun 1884.[2] Tidak ada lagi yang dilakukan sampai James Duhig menjadi uskup agung pada tahun 1917. Dengan rencana untuk membangun Holy Name Cathedral baru yang lebih besar di Fortitude Valley, dia melibatkan arsitek Hennessy, Hennessy & Co untuk menyelesaikan St Stephen's dengan penyeberangan, transept, dan suaka dalam desain yang lebih sederhana dari yang dimaksudkan, yang dibangun pada tahun 1920–22.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

St Stephen's adalah katedral kebangkitan gotik dengan denah berbentuk salib. Meskipun ini adalah katedral biasa sebagai perbandingan, ia masih memiliki pilihan fitur yang mencolok seperti menara batu pasir di atasnya, jendela kaca patri yang diimpor dari Munich, organ, altar, dan Kapel Sakramen Maha Kudus yang lebih baru di bagian belakang gedung. Catatan khusus adalah jendela kaca patri oleh Harry Clarke, yang dikenal sebagai jendela "Mayne", yang terletak di atas tempat suci di dinding timur. Katedral sebagian besar terbuat dari Brisbane tuff dan batu kapur. Kapel Sakramen Mahakudus terbuat dari beton bertulang dan menara yang dipugar dari beton bertulang kaca.[2]

Panti umat menghadap ke timur ke altar tinggi

Di dalam katedral, jendela kaca patri dengan jelas diterangi oleh matahari dan membentuk pola berwarna pada lantai dan dinding. Beberapa di antaranya berukuran kecil dengan gambar mesra Kristus dan para pengikutnya, sedangkan jendela besar di atas pintu utama berdiri tegak dan angkuh karena menggambarkan kenaikan Kristus, lalu melemparkan keagungannya ke sepanjang ruangan besar itu. Langit-langit plester yang ringan melengkung dengan anggun di atas kepala. Ada perbedaan mencolok antara kualitas ruang interior dan eksterior. Interiornya memiliki kualitas yang sejuk dan menyegarkan.[2]

Pemulihan dan perbaikan[sunting | sunting sumber]

Pada 1980-an, katedral telah rusak parah. Tata letak interior gedung juga tidak cocok untuk liturgi Katolik yang baru. Ketika menjadi jelas bahwa Katedral Nama Suci yang direncanakan, yang pembangunannya tidak pernah dilanjutkan setelah penyelesaian ruang bawah tanahnya pada tahun 1934, tidak akan dilanjutkan, diputuskan bahwa St Stephen's dan pekarangannya akan menjalani perbaikan besar-besaran yang akan melibatkan pengawetan kain. bangunan tetapi mengganti semua perabotan dan perlengkapan interior. Sebagai bagian dari pemugaran, halaman katedral diperbesar dan tempat parkir mobil dibangun di bawah ujung timur katedral yang diperpanjang. Tahap terakhir pemugaran katedral selesai pada tahun 2000 ketika Organ Pipa Jubilee dipasang di atas tempat kudus.[2]

Lapangan katedral[sunting | sunting sumber]

Selain katedral, situs tersebut berisi banyak bangunan yang menopang katedral dan Keuskupan Agung Brisbane.

Kapel Santo Stefanus (juga dikenal sebagai Old St Stephen's Church) berdiri tepat di barat daya katedral. Kapel ini dirancang oleh arsitek Inggris Augustus Pugin[3] dan dibangun antara tahun 1847 dan 1850. Misa pertama dirayakan di gedung yang telah selesai pada tanggal 12 Mei 1850. Pada bulan Juni 1859 menjadi katedral untuk Uskup Brisbane yang pertama. Ini adalah gereja Katolik tertua di Queensland.

Old St Stephen's School adalah bangunan tiga tingkat ding menghadap Charlotte Street. Gedung ini merupakan lokasi Sekolah St Stephen hingga tahun 1960-an. Bangunan itu sekarang menjadi kantor Keuskupan Agung Brisbane.

Francis Rush Center selesai dibangun pada Juli 2005. Bangunan dua lantai ini menjadi lokasi pusat administrasi katedral, kantor para uskup, ruang paduan suara dan beberapa ruang pertemuan dan fungsi. Sebuah ruang liturgi luar tertutup yang baru dibangun sebagai bagian dari pengembangan ini dan memfasilitasi liturgi khusus seperti Malam Paskah dan Minggu Palem.

Musik[sunting | sunting sumber]

Katedral Brisbane saat ini memiliki tiga paduan suara, yang tampil di liturgi-utara transep di mana mereka banyak dan jelas dapat didengar dari nave baik dalam pekerjaan liturgi maupun dalam memimpin dan melengkapi kebiasaan jemaat katedral yang bersemangat. nyanyian pujian. Paduan suara katedral saat ini dibentuk pada tahun 1970 dan merupakan paduan suara laki-laki dalam tradisi paduan suara Inggris. Paduan suara bernyanyi pada misa pukul 10:00 setiap hari Minggu kecuali selama masa liburan sekolah pada bulan Juni dan Juli, September dan Januari. Selain komitmen mingguan ini, paduan suara juga menyanyikan sebagian besar acara besar di katedral termasuk Paskah, Natal, dan penahbisan.

Paduan suara telah menikmati standar tinggi selama 30 tahun sejarahnya yang telah membuat banyak rekaman. Yang terbaru adalah lagu-lagu Natal tradisional.

Selain paduan suara, katedral juga memiliki ansambel kamar yang disebut The Schola of the Cathedral of St Stephen. Grup ini dibentuk sebagai bagian dari restrukturisasi departemen musik katedral pada tahun 2000 dan sepenuhnya profesional. Schola bernyanyi pada Misa pukul 12.00 setiap hari Minggu dan menambah paduan suara katedral di acara-acara besar. Paduan suara katedral dan The Schola dipimpin oleh Christopher Trikilis, direktur musik katedral.

Katedral ini juga memiliki paduan suara komunitas yang terdiri dari sekitar 20 suara yang disebut St Stephen's Chorale. Paduan suara bernyanyi pada Misa siang sebulan sekali. Paduan suara dipimpin oleh sub-organis katedral, Gregory Mayer.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "St Stephen's Cathedral". GCatholic.org. 15 January 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 February 2014. Diakses tanggal 3 February 2012. 
  2. ^ a b c d "St Stephens Cathedral (entri 600107)". Queensland Heritage Register. Queensland Heritage Council. Diakses tanggal 4 Maret 2015. 
  3. ^ "A.W.N. Pugin". Encyclopedia Britannica. February 25, 2023. Diakses tanggal 19 Maret 2023.