Katedral Brentwood

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Brentwood
Gereja Katedral Santa Maria dan Santa Helena
Inggris: The Cathedral of St Mary and St Helen
Katedral Brentwood
Katedral Brentwood di Essex
Katedral Brentwood
Katedral Brentwood
Lokasi di Essex
51°37′10″N 0°18′23″E / 51.6194°N 0.3063°E / 51.6194; 0.3063Koordinat: 51°37′10″N 0°18′23″E / 51.6194°N 0.3063°E / 51.6194; 0.3063
LokasiBrentwood, Essex
NegaraInggris
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webBrentwood Cathedral Brentwood Cathedral Music
Sejarah
Tanggal konsekrasi1991
Arsitektur
Katedral sebelumnyaDiperluas Quinlan Terry pada 1991
ArsitekQuinlan Terry
Tipe arsitekturGereja
GayaNeo-Gotik, English Baroque
Dibangun1989–1991
Spesifikasi
Kapasitas1600
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Brentwood (since 1914)
Klerus
Uskup AgungYang Mulia Mgr. Kardinal Vincent Nichols dari Westminster, Inggris
UskupYang Mulia Mgr. Alan Williams
DekanRomo Martin Boland
Canon(s)Mgr. Kevin WG Hale VG (Ex officio)

Katedral Brentwood atau yang bernama resmim Katedral Santa Maria dan Santa Helena (Inggris: The Cathedral of St Mary and St Helen) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Brentwood, Essex, Inggris. Katedral ini adalah pusat kedudukan Keuskupan Brentwood.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral Brentwood dimulai pembangunannya pada tahun 1861 sebagai gereja paroki yang dibangun dengan gaya Gotik. Bangunan yang relatif kecil ini dinaikkan statusnya menjadi katedral pada tahun 1917. Antara tahun 1989 dan 1991 gereja ini diperbesar dengan gaya klasik Italia oleh pemenang Hadiah Driehaus Quinlan Terry Bangunan gereja asli di sisi selatan (timur liturgi) dipertahankan.

Katedral Brentwood yang baru diresmikan oleh Kardinal Basil Hume pada tanggal 31 Mei 1991. Para donatur memilih untuk tidak disebutkan namanya dan uang diberikan semata-mata untuk tujuan ini.

Pada tahun 2022 katedral ini terdaftar di Kelas II*.[1]

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Arsitek Quinlan Terry mengambil inspirasinya dari awal Renaisans Italia yang disilangkan dengan Baroque Inggris dari Christopher Wren Hal ini, dirasa, akan sesuai untuk kota dan kawasan konservasinya, tetapi yang terpenting, hal itu akan memberikan ruang dan penerangan yang tepat untuk merayakan liturgi.Katedral dirancang dengan denah persegi, terfokus pada altar tinggi, ditempatkan di nave untuk mengakomodasi perubahan gaya liturgi setelahnya Konsili Vatikan Kedua.

Pekerjaan dimulai pada tahun 1989 dan selesai dua tahun kemudian. Ketinggian utara terdiri dari sembilan teluk yang masing-masing dipisahkan oleh pilaster Doric. Ini dipecah oleh serambi besar setengah lingkaran, yang terinspirasi oleh serambi serupa di Katedral St Paul Batu bata Smeed Dean tradisional buatan tangan dari clerestory mengarah ke lentera segi delapan, atau kubah, titik tertinggi baik di luar maupun di dalam.

Sebuah keputusan sadar diambil untuk mempertahankan bagian dari gereja Kebangkitan Gotik tahun 1861 di samping katedral klasik baru. Ketinggian timur menyandingkan yang lama dan yang baru, menghubungkan mereka melalui skala bangunan tahun 1991 dan penggunaan batu kain dan Ubin atap batu tulis Welsh.

Semua tatanan arsitektur klasik terwakili di interior: empat pilaster Doric raksasa, lengkungan lengkungan Tuscan, pilaster Ionic dari jendela Palladian di lorong timur dan barat, pengaruh Korintus dan Komposit terlihat jelas pada katedral dan kotak organ.

Meskipun bagian dalam katedral memiliki kesan "tertahan" yang serius, kekayaan dapat ditemukan di langit-langit. Pola kunci Romawi dan pola guilloche ganda, yang dipetik dari daun emas, dominan di sini. jendelanya bergaya Gelatik, dengan lampu bertimbal bening dari kaca buatan tangan.

Dengan jendela-jendela bening di keempat sisinya, katedral ini dipenuhi cahaya kapan saja sepanjang hari. Kombinasi dinding putih dan lantai batu memberikan efek tembus cahaya yang membangkitkan semangat dan menyampaikan perasaan akan kehadiran Tuhan. Katedral ini diterangi oleh lampu gantung kuningan Klasik Inggris (salah satunya dulunya ada di gereja di Epping) dan, di atas cornice, pencahayaan tersembunyi.

Salib prosesi adalah salinan desain abad pertengahan. Gambar tersebut mewakili periode transisi dalam teologi desain di mana Kristus masih memakai mahkota Tuhan yang Bangkit, namun korpusnya adalah milik Juruselamat yang disalib adalah tanda nyata kepemimpinannya atas keuskupan. Itu dibuat di Pisa, dari batu Nabrassina, dan memiliki tangga dari batu Portland. Di tengahnya terdapat lambang keuskupan. Dasar dari keuskupan. kursinya bertatahkan batu tulis, agar serasi dengan lantai.

Salib konsekrasi diukir pada batu pilaster Doric yang menahan clerestory. Mereka diurapi seperti altar, sebagai tanda bahwa seluruh bangunan dipersembahkan kepada Tuhan. Pada hari raya Dedikasi lilin di depan dari salib berlapis emas menyala. Di lorong timur, ada dua ruangan yang dikhususkan untuk merayakan Sakramen Rekonsiliasi atau Pengakuan Dosa. Di seberangnya ada salib, dulunya ada di gereja di Stock, Essex.

Di sekeliling arcade terdapat lingkaran terakota yang mewakili lima belas Stasiun Salib, yang dimodelkan oleh Raphael Maklouf, pematung terkenal, yang bertanggung jawab atas kepala Ratu di Persemakmuran koin dari tahun 1985 hingga 1997. Lapisan kacanya yang seputih susu secara sempurna melengkapi kehalusan dan keintiman ekspresi pemandangan yang sudah dikenal.[2]

Musik[sunting | sunting sumber]

Musik di katedral dan keuskupan diawasi oleh Musik Katedral Brentwood. Master Musik Katedral Brentwood adalah Andrew Wright, mantan Asisten Master Musik di Katedral Westminster. Dia diangkat pada tahun 1982 dan juga Direktur Musik Keuskupan. Ia mendirikan paduan suara katedral pada tahun 1984, dan selama bertahun-tahun paduan suara tersebut telah berkembang dari paduan suara anak laki-laki asli yang berjumlah sekitar tiga puluh suara hingga keanggotaannya saat ini, yang mencakup paduan suara bapak dan ibu serta panitera awam katedral. Lebih dari sepuluh paduan suara laki-laki dan lebih dari dua puluh paduan suara perempuan yang diarahkan dan dijalankan oleh asisten direktur musik, Art Wangcharoensab.

Selama beberapa tahun sejumlah rekaman dan siaran di Radio BBC telah dibuat dan dilakukan tur di Austria, Belgia, Perancis, Jerman, Belanda dan Irlandia. Paduan Suara berafiliasi dengan RSCM dan memiliki hubungan musik dan ekumenis dengan Keuskupan Chelmsford dan Paduan Suara Katedral Chelmsford, yang melibatkan acara liturgi dan juga berbagi pelatihan melalui Penghargaan Paduan Suara Uskup.

Organ tersebut berasal dari gereja Anglikan yang berlebihan di St Mary-at-the-Wall di Colchester, sebagai hadiah dari Keuskupan Chelmsford Berasal dari tahun 1889 oleh Hunter dan dibangun kembali pada tahun 1931, sepenuhnya dibangun kembali dan dipulihkan oleh Percy Daniel & Co Ltd.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Katedral Brentwood dianugerahi status terdaftar Kelas II*". BBC News. 
  2. ^ Brentwood Katedral Diarsipkan 18 Februari 2007 di Wayback Machine. from Universitas Notre Dame Diakses tanggal 3 April 2014