Katedral Boulogne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Boulogne
Katedral Santa Maria
Prancis: Cathédrale Notre-Dame de Boulogne
Katedral Boulogne
LokasiBoulogne-sur-Mer
Negara Prancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Arras

Katedral Boulogne yang bernama resmi Katedral Basilika Bunda Maria Yang Dikandung Tanpa Noda (Prancis: Basilique Notre-Dame de Boulogne; Basilique Notre-Dame-de-l'Immaculée-Conception), adalah sebuah gereja basilika minor Katolik dan bekas katedral yang terletak di Boulogne-sur-Mer di département Pas-de-Calais Perancis utara. Basilika, sebuah bangunan terkenal di kota ini dengan kubah setinggi 101 meter, dibangun antara tahun 1827 dan 1875 di lokasi katedral abad pertengahan Boulogne: basilika ini masih dikenal secara lokal oleh penduduk setempat sebagai "katedral", meskipun gereja saat ini tidak pernah memiliki status tersebut.

Sejarah situs[sunting | sunting sumber]

Situs Boulogne modern ditempati oleh Romawi dan digunakan oleh Kaisar Claudius sebagai markasnya untuk invasi Romawi ke Inggris. Pada abad ke-4, kota tersebut, yang dikenal sebagai Bononia, merupakan pelabuhan utama kerajaan.

Bangunan Kristen pertama di situs ini kemungkinan dibangun oleh orang Romawi pada abad ke-4 atau ke-5, di puncak bukit yang membentuk haute ville modern.

Menurut legenda, sekitar tahun 633, ketika Audomare (Saint Omer) menjadi uskup Thérouanne, sebuah perahu tak berawak yang membawa patung Perawan Maria yang bercahaya terlihat di muara di Boulogne. Patung itu dibawa ke gereja dan keajaiban segera dilaporkan di lokasi tersebut. Antara abad ke-13 dan ke-16 patung tersebut, yang dikenal sebagai Notre-Dame de la Mer ("Bunda Laut"), menjadi objek ziarah yang populer, membawa kemakmuran bagi kota.

Pada sekitar tahun 1100 sebuah gereja baru dibangun di lokasi tersebut dan selama beberapa abad berikutnya mengalami banyak perubahan, seperti penambahan paduan suara pada abad ke-14. Pada tahun 1308, tempat ini menjadi lokasi pernikahan Edward II dari Inggris dengan Isabella dari Prancis, sebuah acara yang diperingati dengan sebuah tugu peringatan di ruang bawah tanah.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]