Katedral Bissau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Bissau
Katedral Bunda dari Candelária
Portugis: Sé Catedral de Nossa Senhora da Candelária
Katedral Bissau
LokasiBissau
NegaraGuinea-Bissau
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Tanggal konsekrasi1954
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
ArsitekJoão Simões, Galhardo Zilhão
GayaNeo-romanesque
Peletakan batu pertama1945
Selesai1950
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Bissau

Katedral Bissau (Portugis: Catedral de Bissau), juga dikenal sebagai Sé Catedral de Nossa Senhora da Candelária (Katedral Bunda Maria Candelaria) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Bissau, ibu kota negara Guinea-Bissau. Katedral ini menjadi pusat Gereja Katolik di Guinea-Bissau.[1]

Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta dari Keuskupan Bissau, yang dibentuk pada tahun 1977.[2] Terletak di kawasan pusat kota Bissau, katedral ini terkenal karena berfungsi sebagai mercusuar.[1][3] Pelayanan Misa diadakan dalam Bahasa Portugis.[4]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja aslinya dibangun dalam gaya arsitektur abad pertengahan pada tahun 1935. Dibangun di lokasi yang sama, katedral saat ini menggantikan gereja aslinya. Arsitek katedral saat ini adalah João Simões dan Galhardo Zilhão. Konstruksi dimulai pada tahun 1945 dan selesai pada tahun 1950. Renovasi selanjutnya dilakukan oleh arsitek Lucínio Cruz.[5] Katedral ini telah menyelenggarakan berbagai upacara peresmian.

Katedral Bissau sempat dikunjungi oleh Paus Yohanes Paulus II pada tanggal 27 Januari 1990.[6] Pada tanggal 9 Agustus 1998, Uskup Settimio Ferrazzetta memberikan pidato penting di katedral, di mana ia mengecam kekerasan di negara tersebut ;[2] dia dimakamkan di katedral setelah kematiannya, pada tahun berikutnya.

Arsitektur dan perlengkapannya[sunting | sunting sumber]

Bangunannya, terletak agak jauh dari jalan raya, berbentuk persegi. Gaya arsitekturnya dicirikan sebagai "neo-romanesque yang dimodernisasi."[5] Katedral ini terkenal karena fungsinya sebagai mercusuar, dengan lampu dipasang di 36 meter (118 ft) menara utara yang tinggi. Lampu ini memiliki lampu hijau yang stabil (fl. 2s, ec .7s) dan beroperasi.[1] Lampu memandu kapal melalui muara Sungai Geba ke Pelabuhan Bissau.[7] Dikelola oleh Capitania dos Portos, Serviços de Marinha.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Boletim Cultural da Guiné Portuguesa. 6. 
  2. ^ a b Lobban, Richard Andrew; Mendy, Peter Michael Karibe. Kamus Sejarah Republik Guinea-Bissau. Scarecrow Press. hlm. 166. ISBN 978-0-8108-8027-6. 
  3. ^ Rajewski, Brian; Gale Group. Afrika. Gale Research International, Limited. hlm. 244. ISBN 978-0-8103-7692-2. 
  4. ^ Young, Margaret Walsh; Stetler, Susan L.; Amerika Serikat. Departemen Luar Negeri. Kota-kota di dunia : kompilasi informasi terkini tentang budaya, geografi. dan politik. kondisi di negara dan kota di 6 benua, berdasarkan Dep. "Laporan Pos" Negara. 1. Afrika. – 1985. – 788 S. : Ill., Kt. Gale Research Co. ISBN 9780810320598. 
  5. ^ a b "Katedral Bissau, Guinea". Warisan Pengaruh Portugis. 
  6. ^ "Sé Catedral de Nossa Senhora da Candelária". Gcatholic.org. Diakses tanggal 29 Mei 2015. 
  7. ^ Rowlett, Russ. "Lighthouses of Guinea-Bissau". The Lighthouse Directory. University of North Carolina at Chapel Hill.