Katedral Belfort

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Belfort
Katedral Santo Kristoforus
Prancis: Cathédrale Saint-Christophe de Belfort
Katedral Belfort
LokasiBelfort
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Belfort-Montbéliard

Katedral Belfort, yang bernama resmi Katedral Santo Christopher dari Belfort (Prancis: Cathédrale Saint-Christophe de Belfort), adalah sebuah gereja katedral Katolik yang berlokasi di Belfort, Territoire de Belfort, Perancis. Katedral telah menjadi monumen nasional sejak tahun 1930. Gereja ini dinyatakan sebagai basilika minor pada tanggal 9 Mei 1952.[1]

Bangunan yang sekarang menjadi katedral ini dibangun sebagai gereja antara tahun 1727 dan 1750 oleh pengusaha Henri Schuller (atau Shuler) (yang putranya kemudian menjadi kanon di sini) sesuai rencana oleh Jacques Philippe Mareschal, insinyur raja di Strasbourg. Gereja ini dibangun dari batu pasir merah yang digali dari tambang di Offemont, tiga kilometer dari Belfort.

Meskipun gereja dibuka untuk ibadah pada tahun 1750, menara utara baru selesai dibangun pada tahun 1845.

Gereja ini berisi organ oleh pembuat organ Joseph Valtrin, dipasang pada tahun 1752 dan sekarang digolongkan sebagai monumen bersejarah.

Pada tanggal 3 November 1979 Keuskupan Belfort–Montbéliard dibentuk dari sebagian wilayah Keuskupan Agung Besançon. Takhta uskup didirikan di Belfort, dan Gereja St. Christopher dinaikkan statusnya menjadi katedral.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]