Katedral Bangkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Koordinat: 13°43′23″N 100°30′54″E / 13.723059°N 100.514924°E / 13.723059; 100.514924

Katedral Bangkok
Gereja Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga di Bangkok
Thai: อาสนวิหารอัสสัมชัญ
Katedral Bangkok
Lokasi23 Oriental Avenue, Jl. Charoen Krung, Bang Rak
Bangkok
NegaraThailand
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webWebsite resmi Katedral Bangkok
Sejarah
DedikasiMaria Diangkat ke Surga
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
GayaRomanesque
Selesai1821
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Bangkok
Klerus
Uskup AgungYang Mulia Mgr. F.X. Kriengsak Kovitvanit

Katedral Bangkok atau yang bernama lengkap Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga (Thai: อาสนวิหารอัสสัมชัญ) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di 23 Oriental Avenue, Jalan Charoen Krung, di Distrik Bang Rak Bangkok, ibu kota Thailand. Katedral ini merupakan pusat kedudukan, gereja utama yang menjadi takhta bagi Keuskupan Agung Bangkok. Katedral ini menjadi tuan rumah kunjungan kepausan ke Thailand: Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1984[1] dan Paus Fransiskus pada tahun 2019.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral Bangkok di tahun 1922

Katedral Bangkok terletak dalam jarak 100 meter dari Oriental Hotel[3] dan Kedutaan Besar Perancis, dan bangunan aslinya merupakan hasil permintaan misionaris Perancis, Pastor Pascal pada tahun 1809 dan karya seorang arsitek Perancis yang menyelesaikan katedral pada tahun 1821 pada masa pemerintahan Raja Rama II .[1] Katedral ini dinamai Asumsi setelah peristiwa Perawan Maria Diangkat ke Surga dan pestanya diperingati di Katedral Bangkok selama Hari Raya Maria Diangkat ke Surga, pada Hari Santa Maria pada tanggal 15 Agustus.[1]

Sepanjang paruh kedua abad ke-19, gereja dan kawasan sekitarnya memainkan peran penting bagi para misionaris Katolik yang tiba di Bangkok, khususnya setelah tahun 1860. Katedral ini merupakan bagian dari serangkaian bangunan yang terdiri dari Sekolah Biara Asumsi, Misi Katolik Bangkok, Assumption Printing Press dan pastoran yang dihuni oleh para misionaris selama berada di kota tersebut.

Namun sekitar tahun 1909 atau 1910 gereja ini mengalami rekonstruksi yang signifikan dan dibangun kembali dengan gaya romantik antara tahun 1910 dan 1918.[1] Gereja ini memiliki struktur persegi panjang yang relatif tinggi dengan eksterior bata merah yang berdiri tegak. melawan bangunan-bangunan putih di sekitarnya. Menara persegi yang tinggi mengapit pintu masuk utama. Di dalamnya ada langit-langit tinggi yang dihiasi banyak hiasan hiasan. Biaya konstruksi sebagian besar ditanggung oleh seorang pengusaha Katolik setempat, Tuan Low Khiok Chiang (juga dikenal sebagai Jacobe) yang memiliki Kiam Hoa Heng & Company di dekatnya, sebuah Tionghoa Teochew urusan keluarga.

Pada tahun 1942, selama Perang Dunia II, bangunan-bangunan di dekatnya dihancurkan oleh pemboman sekutu yang mengakibatkan kerusakan serius pada gereja.[1] Tak lama kemudian, bangunan ini mengalami restorasi besar-besaran, dan sebagian direnovasi pada tahun 1980-an dan 1990-an. Jendela kaca patri sekarang digunakan di katedral saat ini.

Katedral Bangkok telah dikunjungi oleh dua Paus tertinggi. Pertama, pada bulan Mei 1984 katedral menyambut Paus Yohanes Paulus II[1] dan pada tanggal 22 November 2019, Paus Fransiskus mengunjungi katedral tersebut selama kunjungan apostoliknya ke Thailand di mana beliau menyelenggarakan Misa suci bersama para pemuda Katolik dari seluruh negeri,[2] mengingat bahwa Katedral Bangkok merupakan pusat keuskupan Katolik Roma di sana.

Gereja buka tujuh hari seminggu. Ibadah misa pada hari Minggu diadakan pada pukul 06.00, 07.30, 08.30, 10.00, dan 17.00.[3]

Ruang Bawah Tanah[sunting | sunting sumber]

Interior Katedral Bangkok

Bagian penting dari katedral berada di ruang bawah tanah di bawah Tempat Suci, yang menyimpan sisa-sisa para uskup dan misionaris, termasuk jenazah Pastor Nicholas Boonkerd Kitbamrung, yang diproklamasikan sebagai martir oleh Paus Yohanes Paulus II pada tanggal 5 Maret 2000 di Vatikan. Peninggalannya dipindahkan ke gereja yang dibangun di kompleks gereja Santo Petrus di Sampran, Provinsi Nakornprathom. Masih ada altar khusus yang didedikasikan untuknya di sisi kiri katedral.

Selain sebagai tempat ibadah dan penyelenggaraan upacara sakral, peran Katedral Bangkok ialah menjadi gereja induk keuskupan setempat, yang pada 2014 dipimpin oleh Kardinal Michael Meechai Kitboonchu. Katedral ini digunakan untuk merayakan fungsi-fungsi seperti pentahbisan diakon, imam dan uskup, dan dikatakan sebagai pusat umat Katolik di Thailand.

Pengunjung terkenal[sunting | sunting sumber]

Pengunjung termasuk, pada tanggal 4 Mei 1946, Raja Ananda Mahidol bersama adik laki-lakinya, yang saat itu adalah Pangeran Bhumibol Adulyadej. Paus Yohanes Paulus II berkunjung pada tanggal 10 Mei 1984. Pada tanggal 22 Juli 1995, Putri Soamsawali dan Bajirakitiyabha mengunjungi katedral dalam upacara keagamaan untuk arwah ibu mendiang raja. Pada tahun 2002 putra mahkota Vajiralongkorn dan istrinya Srirasmi mengunjungi komunitas Katolik di Katedral Bangkok.

Katedral ini menjadi tuan rumah kunjungan kepausan ke Thailand: Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1984[1] dan Paus Fransiskus pada tahun 2019.[2]

Situs-situs terdekat[sunting | sunting sumber]

Fasad timur katedral, dilihat dari Kolese Asumsi yang bersebelahan

Tiga sekolah terletak di kompleks katedral: Kolese Asumsi, Sekolah Biara Asumsi dan Sekolah Asumsi Suksa. Dulunya ada seminari dan percetakan. Banyak kantor organisasi Katolik dulunya berada di dekat katedral.

Peristiwa[sunting | sunting sumber]

Upacara yang diadakan di katedral adalah proklamasi Pastor Nicholas Boonkerd yang Terberkati sebagai Imam dan Martir.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g "Assumption Cathedral Bangkok: Warisan Prancis di Chao Phraya". Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 September 2008. Diakses tanggal 11 Oktober 2008. 
  2. ^ a b c UCA.News. "PERBARUI PERJALANAN Kerasulan Yang Mulia Fransiskus KE THAILAND 19-23 NOVEMBER 2019". Yang Mulia Paus Fransiskus Apostolik Kunjungan ke Thailand. Diakses tanggal 2019-11-25.  [pranala nonaktif permanen]
  3. ^ a b "Katedral Assumption, Bangkok". Layanan Perjalanan Thailand. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-03-01. Diakses tanggal 11 Oktober 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]