Katedral Baghdad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Baghdad
Katedral Santo Yosef
كاتدرائية القديس يوسف
Katedral Santo Yosef (Gereja Latin) Bagdad, 2016
LokasiBaghdad
NegaraIrak
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Baghdad

Katedral Santo Yosef[1] (Arab: كاتدرائية القديس يوسف) atau Katedral Latin Santo Yosef[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang berlokasi di Baghdad,[3][4] ibu kota Irak.

Karena berada dalam yurisdiksi Gereja Latin, kadang-kadang gereja ini disebut Katedral Latin Santo Yosef untuk membedakannya dari Katedral Kaldea St. Yosef yang didedikasikan untuk santo yang sama tetapi tergabung dalam Gereja Katolik Kaldea (juga bersekutu dengan Takhta Suci).

Katedral Santo Yosef Baghdad berfungsi sebagai katedral Keuskupan Agung Baghdad (Bagdathensis Latinorum) yang didirikan pada tahun 1643 sebagai keuskupan dan ditingkatkan statusnya menjadi sekarang pada tahun 1848.

Katedral ini awalnya merupakan sebuah kapel yang dibangun pada tahun 1866 untuk menggantikan struktur yang lebih kecil yang berasal dari tahun 1721.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral St. Joseph
  2. ^ "Institute of the Incarnate Word | Instituto del Verbo Encarnado | latin catholic cathedral baghdad Archives | Institute of the Incarnate Word - Friends of Iraq". Institute of the Incarnate Word - Friends of Iraq (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2016-05-24. 
  3. ^ Group, Baghdad Writers (1985-01-01). Baghdad dan sekitarnya (dalam bahasa Inggris). Middle East Editorial Associates. 
  4. ^ Wilton, Carlos (01-06-2004). Lectionary Preaching Workbook: Untuk Semua Pengguna Revisi Umum, Katolik Roma, dan Lectionaries Episkopal. Seri VIII (dalam bahasa Inggris). Penerbitan CSS. ISBN 9780788023712.