Katedral Athena

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Athena
Katedral Basilika Santo Dionisius orang Areopagus
Καθεδρικός Ναός Αγ. Διονυσίου Αρεοπαγίτου των Καθολικών
Katedral Athena
LokasiAthena
Negara Yunani
DenominasiGereja Katolik Roma
TradisiGereja Latin
Arsitektur
StatusKatedral, basilika minor
Tipe arsitekturGereja
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Athena

Katedral Athena atau yang bernama lengkap Katedral Basilika Santo Dionisius orang Areopagus (Yunani: Καθεδρικός Ναός Αγ. Διονυσίου Αρεοπαγίτου των Καθολικών) adalah sebuah gereja katedral katolik yang terletak di Athena, ibu kota Yunani. Katedral ini menjadi pusat kedudukan bagi takhta bagi Uskup Agung Athena. Katedral Athena terletak di pusat Athena, di persimpangan Panepistimiou Avenue dengan Jalan Omirou dan didedikasikan untuk Santo Dionisius orang Areopagus, murid Rasul Santo Paulus dan yang menjadi uskup Athena pertama.

Sejarah dan konstruksi[sunting | sunting sumber]

Bagian dalam gereja

Gereja Katedral Athena merupakan basilika tiga lorong dengan gaya neo-Renaissance. Arsitek Jerman Leo von Klenze menyusun rencana katedral atas perintah Raja Otto dari Yunani. Arsitekturnya dipengaruhi oleh Biara Santo Bonifasius di Munich. Selama proyek berlangsung, rencananya diubah oleh arsitek Yunani Lysandros Kaftanzoglou, yang menawarkan untuk mengarahkan pekerjaan gereja, hingga selesai, tanpa imbalan apa pun. Tanah untuk pembangunan gereja dibeli pada tahun 1847 dengan uang yang terkumpul di antara umat Katolik Yunani, sedangkan bangunannya dibangun oleh penggalangan dana di kalangan umat Katolik baik di dalam maupun di luar negeri. Nave dibangun pada tahun 1853 dan peresmiannya dilakukan pada tanggal 4 Agustus 1865.

Gereja ini memiliki panjang 38 meter, tinggi 15 meter, dan lebar 24 meter. Interior gereja dihiasi dengan lukisan dinding yang indah. Yang paling indah adalah fresco semi-kubah gapura kemenangan, yang mewakili "Apotheosis of Saint Dionysius the Areopagite" (1890) dan merupakan karya pelukis Italia dari Rimini Guglielmo Bilancioni (1836-1907). Pilar-pilar, yang menopang gapura kemenangan, melambangkan empat Penginjil seukuran aslinya. Di depan gapura kemenangan digambarkan Christ Pantocrator dengan Injil di tangan. Di sudut sebelah kanan adalah Musa memegang perkamen, dan di sebelah kiri Nabi Daud sedang memainkan harpa. Di bawah ini adalah Santo Gregorius Agung dan Santo Agustinus. Lantai gereja diaspal dengan Marmer Pentelic. Nave didukung oleh 12 kolom marmer hijau sepanjang 5 meter dari Tinos. Panggung tari di atas pintu masuk utama candi, yang juga merupakan Organ Pipa, dibangun pada tahun 1888 oleh arsitek Paul Sambi (Paul Chambaut). Kanan dan kiri pintu masuk utama terdapat dua prasasti, satu dalam bahasa Latin, yang lainnya dalam bahasa Yunani modern, memperingati kunjungan Paus Yohanes Paulus II Athena pada tahun 2001. Terakhir, kanan dan kiri tempat kudus adalah dua mimbar marmer, disumbangkan oleh Franz Joseph I dari Austria ketika dia mengunjungi Athena pada tahun 1869.

Pada tahun 1962, pernikahan Katolik Putri Sophia dari Yunani dan Denmark dan Infante Juan Carlos dari Spanyol berlangsung di gereja, yang mendahului ritus pernikahan Ortodoks.

Jendela kaca patri gereja[sunting | sunting sumber]

Penggambaran kaca patri Otto dari Bamberg

Delapan jendela kaca patri di kedua sisi bagian bawah gereja dilukis oleh direktur bengkel kerajaan Munich Carl de Boucher (Karl de Bouchet) dan disumbangkan oleh Raja Ludwig dari Bavaria .

Keempat jendela lorong kanan gereja masing-masing menghiasi kaca patri Santo Amalia, Paus Sistus II, Paus Telesphorus, Santo Athanasius dari Aleksandria, dan jendela kaca patri kiri lorong yang menggambarkan Santo Otto, Paus Anterus, Paus Anakletus dan Santo Yohanes Krisostomus, Patriark Konstantinopel.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 37°58′45″N 23°44′04″E / 37.97917°N 23.73444°E / 37.97917; 23.73444