Katedral Assisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Assisi
Katedral Santo Rufinus
bahasa Italia: Cattedrale di S. Rufino
Katedral Assisi
LokasiAssisi
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Assisi-Nocera Umbra-Gualdo Tadino

Katedral Assisi (bahasa Italia: Cattedrale di Assisi atau Cattedrale di San Rufino di Assisi) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Assisi, Italia. Katedral ini didedikasikan untuk San Rufino (Rufinus dari Assisi). Gereja megah dengan gaya Umbria-Romawi ini adalah gereja ketiga yang dibangun di situs yang sama untuk menampung sisa-sisa uskup Rufinus dari Assisi, yang menjadi martir pada abad ke-3. Konstruksinya dimulai pada tahun 1140 sesuai desain Giovanni da Gubbio, sebagaimana dibuktikan dengan prasasti dinding yang terlihat di dalam apse. Dia mungkin adalah Giovanni yang sama yang merancang jendela mawar di bagian depan Santa Maria Maggiore pada tahun 1163.

Katedral ini penting dalam sejarah Ordo Fransiskan. Di gereja ini Santo Fransiskus dari Assisi (1182), Santa Klara (1193), dan banyak murid asli mereka dibaptis. Mendengar Fransiskus berkhotbah di gereja ini pada tahun 1209, Clare menjadi sangat tersentuh oleh pesannya dan menyadari panggilannya. Tommaso da Celano terkait[1] bahwa suatu ketika Santo Fransiskus terlihat berdoa di gereja ini, dan pada saat yang sama, ia terlihat melompat ke atas kereta api di Porziuncola. Pada tahun 1228, ketika dia berada di Assisi untuk kanonisasi Santo Fransiskus, Paus Gregorius IX menahbiskan altar tinggi. Paus Innosensius IV meresmikan gereja yang telah selesai dibangun pada tahun 1253.

Pada tahun 1986, katedral ini menjadi salah satu katedral Keuskupan Katolik Roma Assisi-Nocera Umbra-Gualdo Tadino.

Fasad[sunting | sunting sumber]

Fasad Romawi dibangun dengan batu dari Monte Subasio. Ini adalah contoh khas gaya yang ditemukan di gereja-gereja Umbria abad ke-12. Fasad ini dibagi menjadi tiga bagian. Tingkat atas yang agak gundul berbentuk segitiga dengan lengkungan setengah lingkaran kosong di tengahnya, mungkin dimaksudkan untuk menampung dekorasi atau mosaik.

Portal pusat

Tingkat tengah dipisahkan oleh dua buah pilaster, sejajar dengan lengkungan di tingkat atas. Masing-masing teluk yang digambarkan dengan demikian berisi jendela mawar, yang di tengah adalah yang terbesar dan paling banyak hiasannya. Rangkanya ditopang oleh tiga buah telamon, masing-masing berdiri di atas seekor binatang. Dalam empat spandrel di sekitar jendela mawar terdapat empat simbol binatang dari empat penginjil.

Tingkat bawah terdiri dari sejumlah kotak dan tiga portal batu berhias dengan griffin di dasar portal samping. Terutama portal tengah yang didekorasi secara luas. Di lunette lengkungan setengah lingkaran di atas portal pusat terdapat relief dengan Kristus bertahta di antara matahari dan bulan dan diapit oleh Perawan, juga bertahta dan menyusui Yesus, dan St. . Portal ini dikelilingi oleh tiga lengkungan yang dihiasi dengan gambar suci, motif bunga dan geometris, serta angsa yang saling terkait. Di dasar lengkungan tengah, di setiap sisi, ada seekor singa. Patung singa dan griffin ini memiliki kepentingan ikonografis yang besar.

Bagian bawah dan tengah alun-alun menara lonceng, di sisi kiri fasad, dibangun pada abad ke-11. Ia kemudian terletak di belakang apse gereja sebelumnya yang dibina oleh uskup Ugone pada tahun 1029. Tingkat teratas bermula dari abad ke-13. Di menara lonceng, orang dapat melihat jam liturgi satu tangan raksasa yang menunjukkan 24 jam hora italica (waktu Italia), periode waktu yang berakhir dengan matahari terbenam pada 24 jam. Fondasi menara lonceng bertumpu pada tangki Romawi. Struktur di sisi menara lonceng telah diidentifikasi sebagai rumah St. Clare.

Bagian Dalam[sunting | sunting sumber]

Interior

Pada tahun 1571 interior katedral, yang awalnya bergaya Romawi, telah sepenuhnya dimodifikasi dalam gaya Renaisans akhir oleh arsitek Gian Galeazzo Alessi dari Perugia.[2] Terdiri dari nave tengah, dua lorong, dipisahkan oleh pilar besar, apse dan dome.

Di bagian dalam, di font pembaptisan di awal lorong kanan, Santo Fransiskus dibaptis pada tahun 1182 dan Santo Klara pada tahun 1193, begitu pula banyak pengikut aslinya, dan pada tahun 1838 Santo Gabriel Bunda Maria Kesedihan. Fontnya dibuat dari kolom granit kuno dan diikat dengan jeruji besi. terakota tabernakel adalah hadiah pada tahun 1882 dalam rangka peringatan 700 tahun kelahiran Santo Fransiskus.

Di lorong kanan terdapat Kapel Sakramen Mahakudus dalam gaya Barok (dimulai pada tahun 1541 dan diperbesar pada tahun 1663), sebagian diberi lukisan dinding pada tahun 1663 oleh pelukis lokal Giacomo Giorgetti, seorang murid Giovanni Lanfranco. Kesembilan lukisan dinding tersebut merupakan karya pelukis abad ke-17 Andrea Carlone.

Kapel Bunda Penghiburan dibangun pada tahun 1496 sebagai hasil keajaiban. Pada tahun 1494 orang telah melihat gambar Bunda Maria yang Berdukacita menangisi Kristus dalam pelukannya. Patung terakota Jerman dari awal abad ke-15 ini baru-baru ini dicuri. Salinan kayu yang identik kini berdiri di tempat yang sama.

Altar utama abad ke-19 berdiri di bawah kubah penyeberangan Renaisans segi delapan di atas sisa-sisa Saint Rufinus. Di kedua sisinya berdiri patung marmer Santo Fransiskus dan Santo Clare karya Giovanni Duprè. Di apse berdiri paduan suara megah, dengan 22 kios, dihiasi ukiran kayu karya Giovanni di Pier Jacopo da San Severino (1520). Patung Santo Rufinus karya Lemoyne[3] berdiri di tengah paduan suara .

Ada beberapa lukisan karya Dono Doni: Kristus dipuja oleh Orang Suci (1555); pada dua altar di kedua sisi altar utama, terdapat dua karya lagi: Deposisi (1562) dan Penyaliban (1563).

Di bawah katedral terdapat ruang bawah tanah dengan sarkofagus Romawi pagan dari abad ke-3, yang konon pernah berisi sisa-sisa Santo Rufinus. Di depannya, seperti banyak sarkofagus, terdapat bas-relief dengan mitos Diana dan Endymion, menawarkan visi pagan tentang [[akhirat] yang tenang]. Di sini juga terdapat Pozzo della Mensa, sumur abad pertengahan, dan reruntuhan biara Carolingian dari abad ke-10.

Museo del Duomo[sunting | sunting sumber]

Museo Diocesano e Cripta di San Rufino' (Museum Katedral dan Ruang Bawah Tanah San Rufino) dibuka pada tahun 1941. Berisi karya-karya berikut yang terkait dengan katedral:

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tommaso, Vita I, chap. XVIII.
  2. ^ "Gli interventi di Galeazzo Alessi dan la Cattedrale attuale". Museo diocesano dan cripta di San Rufino. Diakses tanggal 3 Desember 2016. 
  3. ^ Tidak jelas apakah dimaksudkan untuk Jean-Louis Lemoyne atau putranya, Jean-Baptiste Lemoyne.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 43°04′13″N 12°37′03″E / 43.07028°N 12.61750°E / 43.07028; 12.61750