Katedral Arras

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Arras
Katedral Santa Perawan Maria dan Santo Wedastus
Prancis: Cathédrale Notre-Dame-et-Saint-Vaast d'Arras
Katedral Arras
LokasiArras
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Arras

Katedral Arras yang bernama resmi Katedral Santa Perawan Maria dan Santo Wedastus (Perancis: Cathédrale Notre-Dame-et-Saint-Vaast d'Arras) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Arras, Prancis. Katedral ini adalah tempat kedudukan Keuskupan Arras.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral asli Arras, yang dibangun antara tahun 1030 dan 1396, adalah salah satu bangunan Gotik yang paling indah di Prancis utara, hingga hancur pada Revolusi Prancis.[1] Katedral ini merupakan tempat peristirahatan Louis de Bourbon, Légitimé de France, putra sah Louis XIV dan Louise de La Vallière.

Gereja Biara Saint-Vaast[sunting | sunting sumber]

Gereja bekas Biara Santo Wedastus dibangun kembali mulai tahun 1750 dengan gaya neoklasik. Desainnya dipilih oleh mantan kepala biara St. Vaast, Kardinal de Rohan, dan memiliki kesederhanaan yang luar biasa. Ini adalah 'bangunan yang sangat besar, pendiriannya dimulai pada tahun 1755 berdasarkan rencana Pierre Contant d'Ivry, arsitek yang kemudian membuat desain untuk Gereja La Madeleine di Paris. Pekerjaan ini terhenti selama Revolusi.[2]

Setelah Revolusi, Gereja Abbey ditunjuk untuk menggantikan katedral yang hancur. Pekerjaan dilanjutkan berdasarkan keputusan kota tertanggal “Nivôse 27, Tahun XII”, yang berbunyi: “... untuk mendirikan bangunan, meninggalkan segala sesuatu dalam rencana awal yang berhubungan dengan dekorasi dan keindahan arsitektur, membatasi pekerjaan pada persyaratan soliditas dan kesopanan.”

Gereja ini selesai dibangun sesuai dengan resep ini, dan selesai pada tahun 1834. Bagian dalamnya terbuat dari batu bata berlapis plester, sedangkan tiang-tiangnya terbuat dari batu yang tidak dilapisi, dilapisi dengan mortar berwarna batu. Ibukotanya terbuat dari plesteran.'[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Seperti apa Katedral sebelum Revolusi?". Diakses tanggal 21 Januari 2015. 
  2. ^ "Notre-Dame de l 'Assomption et Saint-Vaast", Gereja Terbuka
  3. ^ "Katedral St. Vaast".