Katedral Angoulême

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Angoulême
Katedral Santo Petrus
Prancis: Cathédrale Saint-Pierre d'Angoulême
Katedral Angoulême
LokasiAngoulême
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Angoulême

Katedral Angoulême yang bernama resmi Katedral Santo Petrus (Prancis: Cathédrale Saint-Pierre d'Angoulême) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Angoulême, Charente, Perancis. Katedral berada dalam tradisi arsitektur dan pahatan Romawi, dan merupakan tempat kedudukan Keuskupan Angoulême.

Arsitektur dan seni[sunting | sunting sumber]

Fasadnya dihiasi oleh lebih dari 70 patung, disusun dalam dua tema dekoratif, Kenaikan dan Pengadilan Terakhir, yang dipadukan secara cerdik. Kristus digambarkan di dalam mandorla, sementara dua malaikat tinggi berbicara kepada para rasul untuk menunjukkan kepada mereka penglihatan selestial. Semua wajah mereka, serta wajah umat beriman lainnya di bawah lengkungan, memandang ke arah Penebus; sebaliknya, yang terkutuk, didorong kembali ke lengkungan samping dan berubah menjadi korban Setan, menderita hukumannya.

Terlepas dari dua subjek utama ini, para pematung menggambarkan pemandangan kehidupan sehari-hari, seperti berburu, tidak menghindari untuk menggarisbawahi kesulitan dan kerja keras.

Bagian dalam bagian tengah ditutupi dengan tiga kubah, sebuah transept yang sangat panjang dengan menara tinggi di ujung utara dan selatan, dan paduan suara apsidal dengan empat kapel chevet. Di persimpangan dengan transept, terdapat kubah yang lebih besar di atas pendentives, yang menggantikan kubah asli yang dihancurkan dalam pengepungan Protestan tahun 1568. Setelah diterangi oleh dua menara lentera, transept hanya mempertahankan menara utara (Abadie juga memodifikasinya, dan memindahkan patung abad pertengahan ke lokasi lain), yang ditandai dengan beberapa tatanan jendela mullion.

Paduan suara berbentuk setengah lingkaran diapit oleh apse kecil dan ditutupi setengah kubah.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]