Katedral Aleth

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Aleth
Katedral Santo Petrus
Prancis: Cathédrale Saint-Pierre d'Aleth
Katedral Aleth
LokasiAleth
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalInaktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Rennes

Katedral Aleth yang bernama resmi Katedral Santo Petrus (Prancis: Cathédrale Saint-Pierre d'Aleth) adalah bekas sebuah gereja katedral Katolik yang berlokasi di Saint-Servan di Saint-Malo, Brittany, Prancis. Itu adalah katedral dari keuskupan Aleth.

Aleth adalah pemukiman Gallo-Romawi di semenanjung di salah satu sisi muara Rance. Keuskupan ini didirikan pada abad ke-9. Katedral ini dihancurkan oleh penjajah Norman pada abad ke-10 tetapi kemudian dibangun kembali.

Namun lokasi Aleth bukanlah lokasi yang aman dan kota Saint-Malo mulai berkembang menjadi lokasi yang jauh lebih dapat dipertahankan di sebuah pulau kecil berbatu di muara. Pada tahun 1146 kedudukan keuskupan Aleth dipindahkan ke Saint-Malo oleh uskup saat itu, Jean de Châtillon, dan didirikan di biara yang didirikan pada tahun 1108. Keuskupan tersebut kemudian menjadi Keuskupan Saint-Malo dan gereja biara Katedral Saint-Malo, menggantikan katedral di Aleth.

Persaingan dengan kota baru memuncak pada tahun 1255, ketika kebencian di Aleth terhadap tuntutan pajak Saint-Malo mengakibatkan konflik bersenjata. Aleth kalah, dan tembok, benteng, dan gereja dibongkar sebagai hukuman. Bekas reruntuhan katedral masih dapat dilihat di komune Saint-Servan yang menempati kawasan bekas Aleth.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]