Katedral Abaetetuba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Abaetetuba
Katedral Santa Maria Dikandung Tanpa Noda
Portugis: Catedral Nossa Senhora da Conceição
Katedral Abaetetuba
LokasiAbaetetuba
NegaraBrasil
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Abaetetuba

Katedral Abaetetuba yang bernama resmi Katedral Santa Maria Dikandung Tanpa Noda' [1] (Portugis: Catedral Nossa Senhora da Conceição ) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Abaetetuba, sebuah kota di negara bagian Pará,[2] yang berada di tepi selatan sungai Maratauíra di negara Amerika Selatan Brasil.[3]

Gereja ini merupakan pusat keuskupan di keuskupan Abaetetuba. Gereja yang didedikasikan untuk Dikandung Tanpa Noda diprakarsai atas kehendak Pastor Luiz Varella pada tahun dua puluhan dan hampir selesai di bawah pengawasan Pastor Ignacio de Magalhães pada tahun 1936, setelah serangkaian penggalangan dana untuk mempromosikan pembangunan tersebut, Siapa yang bendahara pertama Francisco de Asunción dos Santos Rosado dan Antonio de Castro. Sutradara karya tersebut adalah orang Spanyol Antonio Barbado dan Galo Mouro.

Gereja ini diresmikan pada tahun 1939, tetapi pada tahun 1940 gambar Yang Dikandung Tanpa Noda dipindahkan. Romo Kapusin memperbesar gereja, dan pada tahun 1942 menara jam dan loncengnya dimodifikasi. Pada tahun enam puluhan, para Romo Xaverian mengubah gereja menjadi katedral yang berpusat pada devosi kepada Yesus Kristus dan karena alasan ini banyak gambar yang dulunya merupakan devosi populer dihilangkan dari interiornya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Bunda Maria Dikandung di Abaetetuba
  2. ^ Pará: kalender acara. A Secretaria. 1995-01-01. 
  3. ^ "Horário de Missa - Catedral Nossa Senhora da Conceição - Abaetetuba - Centro - PA". www.horariodemissa.com.br. Diakses tanggal 24 November 2016.