Katedral Ávila

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Ávila
Katedral Juruselamat
Spanyol: Catedral del Salvador de Ávila
Katedral Ávila
LokasiÁvila
NegaraSpanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Ávila

Detail gerbang Utara Katedral Ávila

Katedral Ávila yang bernama resmi Katedral Juruselamat (Spanyol: Catedral de Cristo Salvador) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Ávila di selatan Kastilia Lama, Spanyol. Dibangun pada tradisi arsitektur akhir Romawi dan Gotik.

Direncanakan sebagai benteng katedral, puncaknya menjadi salah satu menara tembok kota. Dikelilingi oleh sejumlah rumah atau istana, yang paling penting adalah: Istana Veladas, Istana Raja Bayi (Rey Niño), dan Istana Valderrábanos, yang bertanggung jawab untuk pertahanan Puerta de los Leales ("Gerbang Orang-Orang Setia") yang juga dikenal sebagai La Puerta del Peso de la Harina.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tidak diketahui secara pasti kapan pembangunan katedral ini dimulai. Ada dua teori. Ada yang menyatakan bahwa Alvar García memulai pembangunannya pada tahun 1091 di dalam sisa-sisa Gereja Penyelamat bergaya Romawi sebelumnya, yang menjadi reruntuhan akibat serangan Muslim berturut-turut, dan bahwa Alfonso VII dari Kastilia membangun uang yang diperlukan untuk membangunnya. Sejarawan lain percaya bahwa katedral tersebut merupakan karya maestro Fruchel pada abad ke-12 bertepatan dengan repopulasi Castilla yang dipimpin oleh Raymond dari Burgundy.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Apse Katedral Ávila

Katedral Ávila dianggap berdasarkan usianya (abad ke-12), bersama dengan Katedral Cuenca, sebagai dua katedral Gotik pertama di Spanyol. Katedral ini sudah ada sebelum katedral Gotik Spanyol penting lainnya, seperti Katedral Burgos (1222–1260) dan Katedral León (dimulai sekitar tahun 1255).[1]

Katedral ini menunjukkan pengaruh Prancis dan sangat mirip dengan Gereja Biara Santo Denis, gereja Gotik Eropa pertama. Pembangunannya dimulai oleh Girald Fruchel pada abad ke-12. Konstruksi ini dilanjutkan dan dimodifikasi hingga abad ke-17, mulai dari arsitektur Gotik hingga Klasisisme (kapel Saint Secundus) dan akhirnya arsitektur Barok (Kapel Velada).

Tahap pertama menara dan lorong berasal dari abad ke-13, di samping menara tahap kedua (yang masih belum selesai), biara, kubah, dan penopang terbang berasal dari abad berikutnya. Pada abad kelima belas semua pekerjaan di katedral telah selesai dan, pada tahun 1475, Juan Guas membangun jam mekanis, selain memindahkan portal barat ke sisi utara.

Menara tempat lonceng bergantung termasuk tempat tinggal keluarga pembunyi lonceng. Itu digunakan sampai tahun 1950-an. Katrol dan tali memudahkan pengangkatan perbekalan dan pengunduhan sampah.[2]

Bagian Dalam[sunting | sunting sumber]

Katedral ini terdiri dari bagian tengah tengah dan dua lorong dengan transept yang lebar. Lebarnya sama tetapi bagian tengahnya lebih tinggi dan terbuka dengan jendela besar ke luar. Mereka dipisahkan oleh kolom-kolom halus dan lengkungan runcing, yang memberikan kesan terang dan jernih pada ruangan ini. Kubahnya sebagian besar terbuat dari ribbing segi empat sederhana.

Pualam baptsiterium (1514–1516) adalah karya Vasco de la Zarza.

Tembok tebal ambulatorium dari apse tertanam di tembok kokoh dan berbenteng yang mengelilingi kota. Sebuah retrochoir membagi bagian tengah tengah dari transep, panti paduan suara dan apse.

Paduan suara retro plateresque didekorasi secara rumit dengan relief tinggi oleh Lucas Giraldo dan Juan Rodríguez [es]. Mereka menampilkan dengan sangat detail dan naturalisme lima adegan dari masa kecil Yesus. Dalam Epiphany, Balthasar disorot dengan warna hitam.

Kios paduan suara kenari (dengan misericord), di belakang retrochoir, sejajar dengan sisi gereja. Mereka berasal dari paruh pertama abad ke-16. Pekerjaan ini dilakukan oleh pematung Flemish Cornielles de Holanda dengan partisipasi Lucas Giraldo, Juan Rodríguez dan Isidro Villoldo.

Transept berisi altar pualam Saint Secundus (santo pelindung dari Ávila) dan Saint Catherine, keduanya dibuat oleh Vasco de la Zarza di paruh pertama abad ke-16. Altar Santo Secundus diselesaikan oleh Isidro Villoldo, sedangkan altar Santo Katarina diselesaikan oleh Lucas Giraldo dan Juan Rodríguez.

altarpiece besar dari altar utama dimulai oleh Pedro Berruguete dalam transisi dari abad ke-15 ke abad ke-16. Dia melakukan delapan penggambaran predella secara detail dan gambar naturalisme dari Para Pengjil dan Pujangga Gereja, serta dua papan bergambar "Doa di Taman" dan "Pencambukan". Lukisan-lukisan ini, mungkin mencerminkan gaya yang berlaku di Kastilia pada saat itu, menggunakan latar belakang emas dan komposisi yang agak kaku. Setelah kematiannya, asistennya, Bartolomé de Santa Cruz, melanjutkan pekerjaan dengan "Penyaliban", "Kebangkitan" dan "Epiphany". Adegan selanjutnya dibawakan oleh Juan de Borgoña.

Rawat jalan dikelilingi dengan triforium. Ini berisi sembilan kapel samping dan lima panel besar yang dihiasi dengan relief (dikaitkan dengan Lucas Giraldo dan Vasco de la Zarza). Panel tengah adalah potongan pualam, dengan banyak detail dan terstruktur seperti meja ulang, karya Vasco de la Zarza dan menampung makam Alonso de Madrigal, juga bernama "El Tostado", seorang uskup Ávila.

Museum katedral, yang terletak di sakristi, menyimpan sejumlah besar karya seni, di antaranya potret ksatria Don Garci Báñez de Muxica karya El Greco dan piala dan paten dari Santo Sekundus. Namun, karyanya yang paling menonjol adalah prosesi besar-besaran monstrance (1571), sebuah kuil dalam enam tubuh oleh tukang emas Juan de Arphe y Villafañe. Tema utamanya adalah "Pengorbanan Ishak".

Pada tahun 2014, mantan perdana menteri Adolfo Suárez Spanyol dan istrinya dimakamkan di dalam.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lapunzina, Alejandro. Arsitektur Spanyol. Grup Penerbitan Greenwood, 2005.
  2. ^ "Visita a la Torre del Campanario".