Kasus pelecehan seksual Gereja Katolik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jumlah populasi penganut Katolik berdasarkan negara.

Kasus pelecehan seksual Gereja Katolik adalah sebuah kasus pelecehan seksual terhadap anak yang dilakukan oleh sejumlah pastor Katolik yang menjalar di beberapa negara Eropa, Amerika, dan Australia. Skandal seksual itu merugikan gereja hingga lebih dari US$ 2 miliar untuk biaya kompensasi korban atas kasus-kasus pelecehan itu. Dalam beberapa pekan, sekurangnya diketahui ada sekitar 350 korban pelecehan di Belanda, lebih dari 300 di Jerman dan Austria.

Sebagian besar kasus datang dari masa lalu ketika gereja kurang menyadari bahaya mengerikan yang diakibatkan oleh pelecehan seksual dan masa sebelum pengawasan melekat yang ketat diberlakukan gereja.

Dari beberapa kasus pada masa silam itu malah menyentuh sejumlah rohaniwan yang masih hidup dan memangku jabatan penting. Salah satunya adalah Uskup Agung Irlandia Kardinal Seán Brady, yang mengaku terlibat dalam sebuah penyelidikan pada 1975 ketika dua bocah berusia 10 dan 14 tahun dipaksa bersumpah untuk tidak bercerita tentang penderitaan mereka.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]