Kasikus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kasikus
Cacicus
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliIcteridae
GenusCacicus
Lacépède, 1799
Tata nama
Dinamakan berdasarkanOriolidae
Species
See text.

Kasikus adalah burung pengicau dalam keluarga sikatan hitam Dunia Baru yang merupakan pembiak yang tinggal di daerah tropis Amerika Selatan di utara hingga Meksiko . Semua kelompok tersebut saat ini ditempatkan dalam genus Cacicus, kecuali kasikus paruh-kuning yang menyimpang ( Amblycercus holosericeus ), dan kasikus Meksiko ( Caciculus melanicterus ) yang masing-masing merupakan genera monotipe .

Kasikus adalah burung yang berasosiasi dengan hutan atau rimba. Sebagian besar adalah pembiak kolonial, dengan beberapa sarang panjang berbentuk pundi yang digantung di pohon, masing-masing digantung di ujung dahan. Beberapa spesies memilih pohon yang juga memiliki sarang tawon aktif (seperti Polybia rejecta ) sebagai pencegah predator (misalnya burung tukan ), dan betina bersaing untuk mendapatkan lokasi terbaik di dekat perlindungan sarang tawon.[ kutipan diperlukan ] Telur dierami oleh betina sendiri.

Ini adalah burung ramping dengan ekor panjang dan bulu yang didominasi warna hitam. Paruh runcing yang relatif panjang berwarna kehijauan pucat, kekuningan atau kebiruan, tergantung spesiesnya, dan sebagian besar kasikus memiliki mata biru (setidaknya saat dewasa). Betina biasanya lebih kecil dari jantan.

Dua spesies memiliki bulu hitam yang dimeriahkan oleh pantat merah, lima spesies memiliki pantat kuning dan dalam beberapa kasus kuning di bahu atau crissum ( bulu ekor yang mengelilingi kloaka ). Dua spesies yang tersisa semuanya berwarna hitam tanpa bercak warna cerah. Satu spesies, kasikus meksiko, memiliki warna kuning yang luas di bagian ekor, tetapi sebaliknya semua kasikus memiliki sebagian besar ekor berwarna hitam (sesuatu yang membedakan mereka dari oropendola besar).

Kasikus memakan serangga besar dan buah . Sebagian besar suka berteman dan biasanya terlihat dalam kelompok kecil. Mereka sangat vokal, menghasilkan berbagai macam lagu, terkadang termasuk mimikri.

Sebagian besar masih cukup umum dan mampu bertahan terhadap beberapa modifikasi habitat, namun dua spesies Amazon barat, caciques Ekuador dan Selva, merupakan spesies lokal dan langka.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama ilmiah Nama yang umum Distribusi
</img> Cacicus solitarius Kasikus penyendiri Argentina, Bolivia, Brasil, Kolombia, Ekuador, Paraguay, Peru, Uruguay, dan Venezuela
</img> Cacicus chrysopterus Kasikus sayap-emas Argentina, Bolivia, Brasil, Paraguay, dan Uruguay
Cacicus koepckeae Kasikus selva Peru
Cacicus sclateri Kasikus Ekuador Kolombia, Ekuador bagian timur, dan Peru bagian timur laut
</img> Cacicus cela Kasikus tunggir-kuning Amerika Selatan dari Panama dan Trinidad di selatan hingga Peru, Bolivia, dan Brasil tengah
</img> Cacicus microrhynchus Kasikus tunggir-merah Kolombia barat ke selatan ke Ekuador
Cacicus uropygialis Kasikus subtropis Venezuela melalui Andes ke Peru
</img> Cacicus chrysonotus Kasikus gunung Bolivia, Kolombia, Ekuador, Peru dan Venezuela
Cacicus latirostris Kasikus ekor-pita Amazon bagian barat di Brasil, Ekuador, Peru, dan Kolombia bagian selatan
Cacicus oseryi Kasikus lapis Bolivia, Brasil, Ekuador, dan Peru
</img> Cacicus hemorrhous Kasikus tunggir-darah Brazil tenggara dan pesisir, termasuk Paraguay, dan sebagian Argentina timur laut

Referensi[sunting | sunting sumber]