Kaseifu no Mita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Kaseifu no Mita
Kaseifu no Mita poster.jpg
Poster Kaseifu no Mita
Judul lain I am Mita, Your Housekeeper[1]
Genre Drama keluarga
Pengarang Kazuhiko Yukawa
Sutradara Ryuichi Inomata,
Toya Sato,
Jun Ishio,
Ken Higurashi
Pemeran
  • * Nanako Matsushima
    • Yumi Shirakawa
    • Hiroki Hasegawa
    • Shiori Kutsuna
    • Taishi Nakagawa
    • Shūto Ayabe
    • Miyu Honda
    • Saki Aibu
Penggubah lagu tema Yoshihiro Ike,
Kazuyoshi Saito
Lagu pembuka Main Thema of Mita
Lagu penutup Yasashiku Naritai
Penggubah Yoshihiro Ike
Negara  Jepang
Bahasa Jepang
Jumlah musim 1
Jumlah episode 11
Produksi
Produser eksekutif Yoshiki Tanaka
Produser Futoshi Ohira, Masaharu Ota
Lokasi Aka Rengasoko (Yokohama),
Chiba Zoological Park
Durasi 54:00
Rilis
Jaringan penyiar NTV
Format visual HDTV 1080i
Format audio Stereofonik
Tanggal rilis 12 Oktober (2011-10-12) – 21 Desember 2011 (2011-12-21)
Kronologi
Acara terkait
Pranala luar
[Situs web resmi Situs web]

Kaseifu no Mita (家政婦のミタ, makna harfiah: "Saya Mita, Pengurus Rumah Anda") merupakan serial drama Jepang tahun 2011. Serial ini menceritakan tentang keadaan sebuah keluarga yang sedang meratapi kematian ibunya yang baru saja bunuh diri. Mereka mempekerjakan Mita sebagai pengurus rumah mereka yang kacau balau. Mita, yang diperankan oleh Nanako Matsushima, bersedia melakukan apa saja yang diperintahkan oleh tuan rumah, kecuali memintanya senyum atau menceritakan masa lalunya.[1]

Serial televisi ini disiarkan pada tanggal 12 Oktober21 Desember 2011 oleh Nippon Television.[2] Rata-rata serial televisi ini meraih rating 25,2%,[3] dan episode terakhirnya berhasil menjaring rating sampai dengan 40%, dan dianggap sebagai rating tertinggi dalam serial televisi sepanjang tahun 2011.[4] Kaseifu no Mita memenangkan beberapa penghargaan, seperti penghargaan "Drama Terbaik" pada 71st Television Drama Academy Awards.[5] Walaupun serial televisi ini terkenal, penulis naskahnya telah menyebutkan bahwa tidak ada kelanjutan dari serial ini.[6]

Ringkasan cerita[sunting | sunting sumber]

Keluarga Asuda, yang baru saja kehilangan ibunya, mempekerjakan seorang pembantu rumah tangga untuk mengurusi pekerjaan rumah tangga. Mereka mendapatkan Mita, seorang pembantu rumah tangga berwajah datar, yang mau mengerjakan semua pekerjaan yang disuruh oleh keluarga Asuda. Namun, ia menolak untuk tersenyum atau menceritakan masa lalunya. Saat itu, keluarga tersebut saling menyalahkan kematian ibu mereka. Mita membantu mereka menyelesaikan masalah tersebut, namun ia membantunya secara diam-diam.

Kadang kala, anggota keluarga tersebut membantu Mita mengatasi trauma masa lalunya, agar dapat membuatnya tersenyum. Berkat bantuan mereka, Mita dapat kembali merasakan kasih sayang dan cinta. Namun, ia mengetahui bahwa ia tidak dapat menjadi ibu angkat dari anak-anak tersebut. Pada akhirnya, Urara, bibi anak-anak itu, menjadi ibu angkat mereka. Pada saat itu pula, Mita merasa bahwa ia tidak perlu bekerja pada mereka lagi, dan ia juga mendapat pekerjaan lainnya. Saat malam Natal, keluarga itu berhasil membuat Mita tersenyum pada detik-detik terakhir sebelum berpisah. Mita meninggalkan keluarga tersebut pada hari Natal untuk bekerja di rumah-rumah lainnya.

Daftar pemeran[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah daftar pemeran dalam serial televisi ini menurut urutan penampilannya:[7]

Agensi Pengurus Rumah Tangga Harumi[sunting | sunting sumber]

Pengurus rumah tangga keluarga Asuda. Ia tidak pernah tersenyum, dan sangat efisien dalam mengerjakan tugasnya. Di balik wajah pendiamnya, ia menyimpan kenangan masa lalu di mana ia kehilangan orang-orang yang dicintainya. Mereka adalah ayahnya, suaminya, dan anak laki-lakinya, yang meninggal secara tragis. Oleh karena itu, ia takut untuk memberikan rasa sayangnya kepada orang lain karena takut akan membawa nasib sial kepada mereka. Namun, ia dapat tersenyum lagi sedikit demi sedikit berkat perhatian baik dari keluarga Asuda.
Ia adalah kepala agensi, di mana Mita berasal. Sebelumnya, Harumi adalah seorang pengurus rumah tangga keluarga Mita, maka ia mengenal Mita dengan baik. Ia berharap Mita dapat tersenyum kembali. Saat Harumi pindah ke agensi di Okinawa, dan membawa Mita bersamanya.

Keluarga Asuda[sunting | sunting sumber]

Keiichi adalah kepala keluarga Asuda. Ia ingin menceraikan istrinya dan menikah dengan Kazama. Hal ini yang membuat istrinya bunuh diri. Saat anak-anaknya mengetahui hal ini, mereka saling tercerai-berai, dan menyatu kembali dengan bantuan Mita. Hal ini pula yang membuat ia dikucilkan dalam lingkungan pekerjaannya. Setelah kasus ini, ia menyadari bahwa anak-anaknya merupakan harta yang berharga baginya.
Ia adalah anak perempuan sulung dalam keluarga Asuda. Yui adalah siswa kelas dua sekolah menengah atas, dan juga anggota klub fotografi. Ia pada awalnya dituduh sebagai penyebab kematian ibunya. Ia bahkan meminta Mita untuk membunuhnya, dan Mita berhasil mencegahnya tepat waktu. Yui kemudian sedikit demi sedikit berlaku seperti ibunya dan membantu mengurus rumah.
Ia adalah anak laki-laki sulung dalam keluarganya. Ia bersekolah di sebuah sekolah menengah pertama, dan menjabat sebagai kapten tim bola basket di sekolahnya. Kakeru adalah anak yang mudah marah sehingga sering kali membuat keputusan yang tergesa-gesa. Namun, ia sangat serius menjaga keluarganya.
Ia adalah anak laki-laki bungsu dalam keluarganya. Ia duduk di kelas 6 sekolah dasar, dan juga sebagai ketua kelas. Kaito berusaha mendapatkan nilai tertinggi supaya dapat melamar sekolah menengah pertama privat yang terkenal. Ia memiliki pribadi yang lembut, dan kadang-kadang memberikan solusi atas masalah-masalah dalam keluarganya.
Ia adalah anak perempuan bungsu dalam keluarganya. Ia merupakan anak yang sangat ingin tahu, dan selalu bertanya tentang makna dari kata-kata yang baru ia dengar. Keluarganya menjadi utuh kembali karena ancamannya yang akan bunuh diri jika keluarganya tidak rukun kembali.
Istri Keiichi yang meninggal. Ia bunuh diri saat Keiichi menyodorkan dokumen perceraian untuk ditandatangani. Kematiannya menyebabkan keluarga Asuda berubah drastis.

Keluarga Yūki[sunting | sunting sumber]

  • Saki Aibu sebagai Urara Yūki (結城 うらら, 28 tahun)
Ia adalah saudari Nagiko dan seorang guru di sekolah Yui. Urara selalu bernasib sial, dan setiap ia melakukan sesuatu yang baik, selalu berakhir dengan hal yang buruk. Walaupun demikian, ia memiliki pribadi yang riang dan selalu tersenyum. Ia pernah mencintai Keiichi, walaupun hal tersebut tidak dibenarkan. Ia lalu menikah dengan seseorang yang dijumpainya di sebuah pesta pernikahan. Namun, berkat Mita, keluarga Asuda menyadari bahwa ia adalah anggota keluarga yang penting bagi mereka. Pada akhir cerita, Urara menjadi ibu angkat bagi anak-anak dalam keluarga Asuda, walaupun ia tidak pernah menikah dengan Keiichi.
Ia adalah bapak mertua Keiichi dan seorang kepala sekolah. Ia pada awalnya menolak pernikahan Keiichi dengan Nagiko karena berpikir anak perempuannya digoda oleh Keiichi. Ia hampir saja mengadopsi anak-anak keluarga Asuda karena menganggap ia dapat membesarkan mereka dengan baik dibandingkan dengan Keiichi. Berkat Mita yang menyamar sebagai arwah Nagiko, lambat laun sikapnya menjadi lembut. Pada akhir cerita, Yoshiyuki menjadi bapak asuh bagi anak-anak Asuda.

Sambutan pemirsa[sunting | sunting sumber]

Kaseifu no Mita adalah serial televisi yang berhasil meraup rating sebesar 19,5% pada episode pertama.[9] Lambat laun, rating tersebut semakin meningkat sejalan dengan jalannya cerita.

Episode terakhir serial ini mendapat peringkat tertinggi dari pemirsa. Di wilayah Kanto, rating serial ini sebesar 42,8%; 39,0% di wilayah Kansai; dan 36,7% di wilayah Nagoya.[9] Secara umum, serial ini memperoleh rating sebesar 25,17%.[9]

Rating ini dikategorikan sebagai rating yang sangat baik, sebab sekarang adalah masa di mana sedikit orang yang menonton televisi, namun tayangan serial televisi itu berhasil memperoleh rating jauh di atas 20%.[9]

Episode[sunting | sunting sumber]

Episode Judul Rating
(Kanto)
Rating
(Kansai)
Rating
(Sapporo)
01 An ice-like woman who's lost her smile arrives at a household on the verge of shattering... 19,5 17,8 17,2
02 Kill the double-crosser for me 18,7 18,7 17,7
03 Exposing the truth of the father who drove the mother to suicide 19,8 19,8 19,9
04 I've kidnapped your beloved younger daughter 19,5 20,1
05 Take it all off! ... Very well 22,5
06 Kill me! ... Very well 23,4
07 Even until death I won't smile again... 23,5
08 My secret past, all is revealed 29,6
09 The beginning of the final chapter! A stream of tears...let me die in the flames 27,6
10 [My] son, [My] husband, please! Bring me to heaven with you 28,6
11 A true mother...that's for you all to decide 40,0
Rata-rata 24,8

Produksi[sunting | sunting sumber]

Serial televisi Kaseifu no Mita juga telah diproduksi dalam bentuk DVD, yang dirilis pada tanggal 18 April 2012, dengan kode katalog VPBX-14968 dan kode ISBN 4-9880211-4968-6.[9][10] Serial televisi dalam bentuk DVD hanya menyediakan teks dalam bahasa Jepang, dan hanya dapat dimainkan pada pemutar DVD di wilayah 2.[11]

Selain dalam bentuk DVD, serial ini juga dapat ditemui dalam bentuk Blu-ray, dengan kode produksi VPXX-71930 dan kode ISBN 4-9880217-1930-8, yang dirilis pada tanggal yang sama.[9][12][13]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "I'm Mita, Your Housekeeper". Nippon Television. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Februari 2013. Diakses tanggal 1 September 2012. 
  2. ^ "TV 家政婦のミタ". allcinema.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Juli 2012. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 
  3. ^ ""Housekeeper Mita." won the highest viewer ratings in the 21st century in Japan!". Nippon Television. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Januari 2013. Diakses tanggal 11 Maret 2012. 
  4. ^ 紅白歌合戦 :後半41.6%で11年視聴率1位達成 「ミタ」超え. Mainichi Shimbun Digital Co. Ltd (dalam bahasa bahasa Jepang). 2 Januari 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Februari 2013. Diakses tanggal 13 Maret 2012. 
  5. ^ "Drama Academy Awards". Kadokawa Magazines Inc. (dalam bahasa bahasa Jepang). 8 Februari 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 Juli 2012. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 
  6. ^ "「家政婦のミタ」続編も映画化もナシ! - 芸能ニュース : nikkansports.com" [Tidak ada sekuel dari film "Kaseifu no Mita"]. nikkansports.com. 7 Desember 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 Januari 2013. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 
  7. ^ ""Kaseifu no mita" (2011) - Episodes cast". imdb.com (dalam bahasa bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Oktober 2015. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 
  8. ^ a b c "Cast of 'Kaseifu no Mita' reunites for DVD & Blu-ray release event". tokyohive.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Oktober 2015. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 
  9. ^ a b c d e f "Final episode of "Kaseifu no Mita" reaches average rating of 40%!". tokyohive.com (dalam bahasa bahasa Inggris). 22 Desember 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Oktober 2015. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 
  10. ^ "YESASIA: Kaseifu no Mita DVD Box (DVD) (Japan Version) DVD". yesasia.com (dalam bahasa bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Oktober 2015. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 
  11. ^ "CDJapan : Kaseifu no Mita DVD Box Japanese TV Series DVD". cdjapan.co.jp (dalam bahasa bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Oktober 2015. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 
  12. ^ "CDJapan : Kaseifu no Mita Blu-ray Box [Blu-ray] Japanese TV Series Blu-ray". cdjapan.co.jp (dalam bahasa bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Oktober 2015. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 
  13. ^ "Kaseifu No Mita DVD-BOX". hmv.co.jp (dalam bahasa bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Oktober 2015. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]