Kartu ucapan elektronik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kartu ucapan elektronik (atau e-cards) serupa dengan kartu pos atau kartu ucapan, hanya saja dibuat dengan media digital bukan dengan kertas atau bahan tradisional lainnya. Kartu ucapan elektronik biasanya tersedia dalam berbagai situs Internet, yang mana dengan mudah bisa dikirim ke penerima, lazimnya melalui e-mail.

Kartu ucapan elektronik yang berisi konten digital membuat mereka lebih serba guna daripada kartu ucapan tradisional. Sebagai contoh, tak seperti kartu ucapan tradisional, kartu ucapan elektronik dengan mudah dapat dikirim ke banyak orang pada saat yang sama atau dapat dibuat lebih personal oleh pengirim. Bahkan kartu ucapan elektronik dimungkinkan untuk disimpan pada komputer atau perlengkapan elektronik lain atau dilihat pada perangkat televisi. Bagaimanapun, konten digital dari kartu ucapan elektronik belum berkembang sebagaimana video digital atau audio digital dalam penggunaan yang lebih luas.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Umumnya pengirim kartu ucapan elektronik memilih dari sebuah katalog kartu ucapan elektronik online yang ada pada web site yang menyediakannya. Setelah memilih sebuah kartu ucapan elektronik, pengirim dapat mengubahnya lebih personal dengan menambahkan pesan, foto, atau video. Terakhir, pengirim menentukan alamat e-mail penerima dan web site meneruskan sebuah surat elektronik (e-mail) pengirim ke penerima.

Kartu ucapan elektronik yang dicetak[sunting | sunting sumber]

Beberapa kartu ucapan elektronik bakal dicetak daripada dikirim via e-mail, yang mana bagi sebagian orang bukan dijadikan kartu ucapan elektronik dan hanya menjadi kartu ucapan buatan sendiri. Keuntungannya dibanding kartu ucapan tradisional antara lain dapat menghemat biaya, atau seringkali hanya untuk 'menciptakan' sesuatu untuk penerima daripada memilih kartu ucapan yang telah jadi.

Evolusi teknologi[sunting | sunting sumber]

Teknologi kartu ucapan elektronik telah berkembang pesat sejak kemunculannya sekitar tahun 1996. Satu aspek teknis yang tetap konstan adalah mekanisme pengiriman, yaitu e-mail yang didapat oleh penerima bukan berisi kartu ucapan elektronik itu sendiri, namun sebuah kode individual yang mengarahkan pada web site yang menyediakan kartu ucapan elektronik tersebut yang menampilkan kartu pengirim sama seperti bentuk aslinya.

Kartu pos[sunting | sunting sumber]

Kartu pos menggunakan gambar statis (tidak bergerak). Inilah tipe pertama kartu ucapan elektronik yang digunakan. Penerima melihat sebuah gambar artistik yang disertai sebuah pesan ucapan personal.

Animasi Flash[sunting | sunting sumber]

Type kartu ucapan elektronik seperti ini adalah berdasarkan pada animasi 2 dimensi yang dibatasi dengan sebuah tulisan. Format ini dimiliki oleh Adobe, meski demikian, software Adobe yang telah tersebar penggunaannya memungkinkan tipe kartu seperti ini dapat dilihat dengan mudah oleh kebanyakan komputer saat ini. Penerima melihat sebuah animasi pendek, biasanya selama 15-30 detik. Animasi seringkali muncul dengan gaya kartun sebagai gaya dasarnya. Walau begitu, kadang kreasi Flash dapat sangat terlihat cerdas dan realistis. Sebuah soundtrack biasanya mengiringi animasi tersebut yang mana berisi kata-kata atau musik.

Kartu ucapan dengan animasi Flash dapat berisi kemudahan untuk berinteraksi, misalnya menanyakan kepada yang melihat untuk memilih sebuah gambar untuk dianimasi. Bagaimanapun, kartu ucapan elektronik Flash didesain untuk menyampaikan perasaan pengirim melalui penjelajahan sederhana.

Kartu animasi Flash sekarang ini banyak ditawarkan oleh hampir semua web site yang menyediakan kartu ucapan elektronik dan menjadi format yang paling sering digunakan.

Mobile Devices[sunting | sunting sumber]

Kartu ucapan elektronik sekarang juga bisa dikirimkan ke mobile devices dan telepon. Mobile e-cards atau lebih dikenal sebagai 'Mcards' awalnya dibuat oleh perusahaan asal UK, Sharpcards Ltd. Pada tahun 2004. Kartu ucapan elektronik untuk mobile devices dapat dikirim via telepon genggam menggunakan jaringan WAP situs tersebut dan di-download ke mobile kemudian dikirim via MMS langsung ke telepon genggam penerima.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kartu ucapan mulai digunakan pada awal terbentuknya World Wide Web, dan menjadi populer digunakan sejak hari Valentine tahun 1996. Pada tahun itu, kartu valentine ditawarkan antara lain oleh, Infobahn.com dan Sony Entertainment.[1]

Semula kebanyakan kartu ucapan elektronik ditawarkan gratis. Meski kartu ucapan yang gratis masih lazim dan tetap populer, beberapa situs telah mengutip biaya untuk layanan kartu ucapan elektronik yang mereka berikan.

Keamanan[sunting | sunting sumber]

Meski penyedia layanan kartu ucapan elektronik telah menyembunyikan alamat e-mail penerima bahkan kadang pengirim dan tak peduli apakah penerima telah membuka kartu ucapan elektronik-nya, spammers tetap dapat menggunakan kartu ucapan elektronik untuk mencari alamat e-mail yang aktif.

Mengirim kartu ucapan elektronik pada penerima tertentu, sama artinya dengan memberikan alamat e-mail pada penyedia kartu ucapan elektronik sebagai pihak ketiga. Sebagaimana penyedia jasa e-mail, sebagai pihak ketiga, operator memiliki kesempatan untuk menyalahgunakan alamat e-mail tersebut. Salah satu contoh penyalahgunaannya adalah jika penyedia jasa kartu ucapan elektronik mengirimkan iklan pada alamat e-mail penerima. Di bawah peraturan anti-spam yang digunakan ISP utama, iklan akan menjadi spam, jika penerima memilih unutk tidak menerimanya..[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]