Kartografi Tiongkok awal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Yu Ji Tu, atau Peta Trek-trek Yu Gong, yang diukir di sebuah batu pada 1137,[1] terletak di Hutan Prasasti, Xi'an, Shaanxi, Tiongkok. Peta berukuran 3 ft (0,91 m) tersebut menampilkan sebuah skala dari 100 li untuk setiap grid. Sistem sungai dan garis pesisir Tiongkok didefinisikan secara jelas dan ditekankan pada peta tersebut.

Kartografi Tiongkok awal dimulai pada abad ke-5 SM pada zaman Negara-Negara Berperang saat para kartogrefer mulai membuat peta permukaan Bumi. Cangkupannya meliputi batas-batas Tiongkok dengan perluasan Kekaisaran Tiongkok di bawah dinasti Han. Kartografi memasuki zaman keemasannya dengan penemuan kompas pada abad ke-11 pada zaman dinasti Song, dan mencapai puncaknya pada abad ke-15 saat laksamana dinasti Ming Cheng Ho melakukan serangkaian perjalanan ke Laut Tiongkok Selatan, Samudera Hindia, dan wilayah-wilayah yang lebih jauh lagi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jacques Gernet (31 May 1996). A History of Chinese Civilization. Cambridge University Press. hlm. 339–. ISBN 978-0-521-49781-7. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]