Kartik Purnima

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kartik Purnima
GenreDrama
PembuatBhupinder Singh
Sanjot Kaur
Ditulis olehPearl Gray
Raghuvir Shekhawat
Lakshmi Jaykumar
SutradaraRavidra Gautam
Devashish Dhar
Sachin Kanna
Pengarah kreatifRohit K Mukherjee
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Jmlh. episode45
Produksi
Pengaturan kameraMulti-camera
Durasi22 menit
Rilis asli
JaringanStar Bharat
Rilis3 Februari (2020-02-03) –
27 Maret 2020 (2020-3-27)

Kartik Purnima adalah serial televisi India yang tayang perdana pada 3 Februari 2020 di Star Bharat. Serial ini dibintangi oleh Poulomi Das yang berperan sebagai seorang gadis berkulit gelap yang harus melawan norma sosial untuk tidak berkulit putih di India. Serial ini adalah remake dari serial Malayalam Asianet, Karuthamuthu.[1]

Pertunjukan ini dihentikan secara tiba-tiba karena lockdown pandemi COVID-19 di India pada tanggal 27 Maret 2020. Kemudian, diumumkan bahwa acara tersebut tidak akan ditayangkan kembali setelah dikunci karena perombakan saluran Star Bharat karena jumlah penonton yang rendah yang menyebabkan acara ini berakhir secara tiba-tiba.[2]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Purnima diperlakukan tidak adil sejak kecil karena kulitnya yang gelap. Suatu hari, Purnima muda memberikan pialanya sebagai siswa terbaik tahun ini kepada saudara tirinya yang berkulit putih, Shanaya, namun kemudian tertangkap ketika seseorang datang dari sekolahnya mengungkapkan kebenaran. Ayah Purnima membela Purnima dan meminta Shanaya meminta maaf namun dia menolak. Belakangan, ibu tirinya, yang lebih memilih putrinya sendiri, meninggalkan Purnima muda di Kuil Emas. Saat mencari ibunya, Purnima muda bertemu Kartik muda yang memberinya gelang yang mengatakan gelang itu akan memberinya perlindungan. Ibu Kartik marah ketika putranya berbicara dengan seorang gadis berkulit gelap dan kelas menengah. Purnima, bagaimanapun, sampai di rumah dan disalahkan sebagai kupu-kupu. Ayahnya berbicara kepadanya tentang bagaimana cara Anda bertindak lebih penting daripada warna kulit seseorang.

16 Tahun Kemudian[sunting | sunting sumber]

Purnima dan Kartik kini sudah dewasa. Kartik adalah seorang dokter yang suka menjadi sukarelawan di penyimpanan alas kaki kuil. Saat mengambil alas kaki Purnima, dia memperhatikan gelang itu. Ibu Kartik, Soni, membenci kulit gelap karena dia adalah pemilik merek kecantikan adil dan menginginkan gadis seperti peri, kulit cerah adalah suatu keharusan. Purnima mendoakan adiknya yang mengikuti kecantikan Miss Amritsar. Purnima memanggil Shanaya dan memberinya definisi kecantikan yang diberikan oleh ayahnya. Kartik sengaja mendengar Purnima saat dia berkonsultasi dengan pasien dan terkesan dengan perhatiannya. Seperti Arora bersaudara, Mehra bersaudara memiliki definisi kecantikan yang berbeda-beda. Ketika ditanyai oleh Soni, juri di acara tersebut, Shanaya memberikan kata-kata yang sama persis dengan yang Purnima katakan padanya dan dia menang di posisi pertama. Kartik menyadari kesamaannya dan menyimpulkan bahwa Purnima mungkin ada di dekatnya. Soni memilih Shanaya sebagai calon menantunya. Beberapa waktu kemudian, Kartik melihat Purnima bersama anggota keluarganya yang lain. Soni melihat anaknya dan bertanya kepadanya apa yang dia lihat. Dia menunjuk ke mana dan Soni melihat Shanaya. Purnima juga mengajar beberapa anak Matematika dan Bahasa Inggris.

Keesokan paginya, Soni dan Sumreet (kakak Kartik) mengutarakan pilihannya yang cocok, keduanya adalah Shanaya. Soni juga sangat sadar akan pola makan. Soni juga berencana menjadikan Shanaya wajah untuk produk baru perusahaannya. Seorang anak laki-laki datang untuk melamar Purnima tetapi mereka menolaknya karena kulitnya. Shanaya butuh uang untuk kontes lainnya, Nona Punjab. Shanaya mencuri uang Purnima yang dikumpulkan Purnima sejak kecil. Shanaya tertangkap saat salah satu kukunya ditemukan di dekat barang milik Purnima namun dia sudah menggunakan barang curiannya untuk kontes berikutnya.

Purnima menemukan seorang gadis kecil terluka di jalan dan orang-orang di sekitar anak kecil itu tidak membantu, beberapa diantaranya merekam video. Purnima mengorbankan biaya sekolahnya untuk gadis itu dan menyumbangkan sebagian darahnya untuknya. Purnima menabrak Soni dan Soni merasa jijik. Soni mengirimkan lamaran pernikahan untuk Shanaya. Shanaya memberi tahu ibunya bahwa dia tidak menyukai gagasan pernikahan. Shanaya salah memahami pengantin pria karena hanya dua bersaudara yang dikirim ke sana. Pilihannya adalah Kartik dan bukan Sumreet. Beena mencoba meyakinkannya, tapi tidak sia-sia. Belakangan, Soni mempertanyakan Kartik tentang buku Purnima. Belakangan, keluarga tersebut mengunjungi kuil dan Shanaya membuat sandiwara bahwa kakinya terkilir. Shanaya menyingkirkan Purnima dan mengadakan pesta di rumahnya, acaranya adalah pernikahannya dengan Kartik. Purnima mengetahui hal ini, dia menghentikan pestanya dan saat itu, dia menampar Shanaya. Shanaya membuat sandiwara lain, membuat ibunya menampar Purnima dan melemparkannya ke luar rumah. Kuldeep kembali keesokan paginya dan menemukan Purnima sedang tidur di luar. Kuldeep mengetahui kebenarannya dan seperti biasa, Shanaya menolak meminta maaf. Kartik meyakinkan Soni untuk pergi mengunjungi Arora. Ketika Soni mengunjungi Arora, dia datang 30 menit sebelumnya dan Purnima secara keliru memberikan air untuk Soni. Soni memperlakukan Purnima sebagai pembantu (ayah Purnima tidak ada di rumah saat kejadian ini). Shanaya tidak ada di rumah saat Soni berkunjung dan pergi menemui Kartik. Shanaya mengaku pada Kartik. Beena memberi tahu Shanaya tentang keinginan Soni (Shanaya tidak boleh ikut serta dalam kontes Miss Punjab) dan Shanaya menolak untuk mematuhinya. Shanaya juga memberitahu Beena bahwa dia mengaku pada Kartik. Soni memperbaiki pertunangan Shanaya dan Sumreet. Kartik dan Purnima mengalami situasi hampir kecelakaan dimana Purnima yang terisak-isak mengatakan kepada Kartik bahwa dia adalah pembohong. Kartik memikirkan hal ini dalam semalam dan mendapatkan informasi Purnima dari formulir donasi matanya. Dia memanggil Purnima dan Shanaya memberi tahu keluarga bahwa pacarnya meneleponnya. Purnima menutup mulut Beena saat dia mulai mempertanyakan karakternya. Kartik hendak mencari rumah Purnima dan dalam perjalanan, dia menemukan Kuldeep yang terluka. Di luar rumah, Kartik dan Purnima bertemu. Kartik memperhatikan gelangnya di tangan Purnima.

Sumreet memanggil Kartik untuk membantunya memilih cincin untuk pertunangan. Kartik meminta Sumreet menelepon Shanaya untuk menanyakan apakah Shanaya senang dengan pernikahannya. Shanaya mengatakan dia senang sehingga membuat Kartik semakin bingung. Para wanita di keluarga pergi berbelanja pakaian pertunangan Shanaya. Soni lupa dompetnya dan Kartik mampir. Dia melihat Purnima di toko memilih beberapa pakaian untuk dirinya sendiri. Pakaian itu mahal dan Purnima tidak mampu membelinya. Kartik sengaja mendengar komentar penjaga toko yang menyinggung dan menegurnya. Kartik membeli pakaian itu. Purnima diberikan banyak pakaian untuk dibawa dan dia menyelipkan sebagian besar pakaian itu pada Soni. Dia terpaksa meminta maaf dan menyebut Soni sebagai "Nyonya". Purnima menerima pakaian tersebut dan pasangan ibu-anak tidak memberikan kesempatan untuk tidak mempertanyakan karakter Purnima.

Soni menyusun rencana melawan Purnima, memanggilnya ke Mehra untuk membantu pengaturan pertunangan dan kemudian mempermalukannya. Saat membersihkan beberapa kamar, Purnima masuk ke kamar Kartik, dia menyadari bahwa itu kamar Kartik setelah melihat foto Kartik dan Soni. Soni menyuruh Purnima mengganti tirai dan Purnima jatuh ke Kartik karena dia tidak bisa menyeimbangkan dirinya. Soni hendak menampar Purnima namun Kartik menghentikannya. Saat pergi ke rumah Mehra untuk bertunangan, Beena secara tidak sengaja menjatuhkan cincin yang ditemukan Purnima saat berbicara dengan anak-anak yang diajarnya. Beena menyadarinya dan Kartik mengajukan diri untuk mengambilnya. Beruntung Purnima sudah ada di sana dengan membawa cincin itu. Saat Purnima kembali ke rumah, dia melihat api di saree Beena dan berlari menyelamatkannya. Saat melakukan ini, Soni mengetahui Purnima adalah putri sulung keluarga tersebut. Di rumah, Purnima membela Beena saat Kuldeep menegurnya karena menyembunyikan kebenaran dari Mehras. Saat Soni sedang berpikir keras di kamarnya, sebuah kilas balik ditampilkan di mana seorang wanita mengajari versi mudanya bahwa orang berkulit gelap tidak bisa dipercaya. Beberapa waktu kemudian, Kartik sampai di rumah Arora dan bertemu Purnima yang sedang menuju ke Mehras. Keduanya akhirnya melakukan percakapan yang layak. Kartik menenangkan para Arora sementara Purnima berhasil mengajak Soni berdoa di rumahnya. Saat Kartik hendak pulang, Shanaya sengaja menjatuhkan jus padanya. Dia mencoba memanfaatkannya tetapi nenek menyelamatkannya.

Pada hari salat, Soni membatalkan semua janjinya dan menyuruh keluarga untuk mempersiapkan salat. Kartik curiga karena dia tahu ibunya tidak akan pernah melakukan itu. Semua Mehra sudah siap termasuk Kartik tetapi Kartik mendapat panggilan darurat dari rumah sakit. Perlengkapan sembahyang yang dibawa Soni semuanya berwarna hitam, bukan warna biasanya. Soni memutuskan pernikahan Sumreet dan Shanaya dan tidak pergi sebelum menyalahkan Purnima atas semuanya. Kuldeep menderita serangan jantung. Kartik menerima semua informasi tentang apa yang terjadi melalui Sumreet. Untungnya, Kartik ada di rumah sakit dan merawat Kuldeep.

Sumreet dan Soni bertengkar sengit sehingga memaksa Sumreet mengambil keputusan drastis dengan menikahi Shanaya dengan kawin lari. Purnima melihat keduanya dan memanggil Kartik. Purnima dan Kartik menghentikan mereka melakukan bencana. Soni menerima pernikahan tersebut tetapi dengan beberapa tuntutan yang tidak etis. Kuldeep pada awalnya menolak hal ini tetapi kemudian setuju dengan mengajukan syarat bahwa Purnima harus menikah juga. Kemudian di kuil, Kartik mengungkapkan kepada Purnima bahwa gelang itu miliknya. Selanjutnya Purnima menghadiri perayaan ulang tahun salah satu muridnya, dimana Purnima dan Kartik bersenang-senang. Purnima secara tidak sengaja menggaruk mobil Kartik dan Kartik mengatakan kepadanya bahwa dia bisa membalasnya dengan secangkir kopi. Untuk membalasnya, Purnima pergi ke rumah sakit tempat keduanya menghadapi keadaan darurat. Seorang gadis kecil memiliki tumor di perutnya tetapi anggota keluarganya yang percaya takhayul tidak membiarkan operasi tersebut terjadi. Kartik menemui para Arora untuk meminta bantuan Purnima untuk menyelamatkan gadis kecil itu. Keduanya pergi ke desa berpura-pura sebagai suami istri dan berhasil menjalankan misinya. Ini sampai ke telinga Soni. Soni dan Purnima bertemu dan Purnima mengungkapkan obsesi Soni terhadap warna.

Setelah pertemuannya dengan Soni, Purnima membantu seorang gadis di jalan. Saat dia dalam kesulitan, masukkan karakter baru, Vicky. Saat itu, Sumreet ingin merayakan satu bulan hari jadinya dan Shanaya. Alih-alih Sumreet dan Shanaya, acara tersebut menjadi kencan Kartik dan Purnima.

Vicky membawa lamaran pernikahan untuk Purnima dan gadis itu menerimanya. Tapi orang ini punya motif unggul selain ditanam oleh Beena. Dia mengalihkan harta Purnima atas namanya dan berencana membuangnya seperti korban lainnya. Kartik mengetahui hal ini dan menceritakan semuanya kepada Kuldeep saat di Aroras Vicky mencoba menganiaya Purnima.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

  • Poulomi Das sebagai Purnima Arora: putri Kuldeep; putri tiri Beena; saudara tiri Shanaya; Bunga cinta Kartik
  • Harsh Nagar sebagai Kartik Mehra: anak Soni; saudara laki-laki Sumreet; Bunga cinta Purnima
  • Kavita Ghai sebagai Soni Mehra: Ibu Kartik dan Sumreet

Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Ravi Gossain sebagai Kuldeep Arora: Ayah Purnima dan Shanaya; Suami Beena
  • Meenakshi Verma sebagai Beeji: ibu Kuldeep; Nenek Purnima dan Shanaya
  • Nidhi Shah sebagai Shanaya "Shanu" Arora: Putri Kuldeep dan Beena; saudara tiri Purnima; Tunangan Sumreet
  • Chirag Mahbubani sebagai Sumreet Mehra: anak Soni; saudara laki-laki Karthik; Tunangan Shanaya
  • Shraddha Jaiswal sebagai Babli: Bibi Kartik
  • Ahmad Harhash sebagai Kartik Singh Babli: Saudara

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Bahasa Judul Rilis asli Saluran Terakhir ditayangkan Catatan
Malayalam Karuthamuthu
കറുത്തമുത്ത്
20 Oktober 2014 Asianet 9 Agustus 2019 Asli
Telugu Karthika Deepam
కార్తీక దీపం
16 Oktober 2017 Star Maa 21 Januari 2023 Remake
Kannada Muddulakshmi
ಮುದ್ದುಲಕ್ಷ್ಮಿ
22 Januari 2018 Star Suvarna 26 Agustus 2023
Tamil Bharathi Kannamma
பாரதி கண்ணம்மா
25 Februari 2019 Star Vijay 6 Agustus 2023
Marathi Rang Maza Vegla
रंग माझा वेगळा
30 Oktober 2019 Star Pravah 3 September 2023
Hindi Kartik Purnima
कार्तिक पूर्णिमा
3 Februari 2020 Star Bharat 27 Maret 2020
Bengali Anurager Chhowa
অনুরাগের ছোঁয়া
7 Februari 2022 Star Jalsha Sedang berlangsung
Hindi Yeh Jhuki Jhuki Si Nazar
ये झुकी झुकी सी नज़र
7 Maret 2022 Star Plus 25 Juni 2022

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Akash Wadhwa, TNN (24 January 2020). "Poulomi Das: You are born with your colour and you need to love it!". Times Of India. 
  2. ^ Pooja Trivedi (May 29, 2020). "Kartik Purnima to go off air, confirms actress Poulomi Das". India Today.