Karang gigi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Karang gigi atau kalkulus gigi adalah timbunan plak gigi yang mengeras dan tumbuh sedikit demi sedikit. Awalnya, plak gigi terbentuk ketika bakteri dalam mulut bercampur dengan protein dan sisa-sisa makanan. Biasanya karang gigi timbul karena sikat gigi yang kurang bersih. Jika tidak dibersihkan, maka plak tersebut dapat menyebabkan karang gigi.[1]

Pada dasarnya gigi mempunyai kemampuan untuk membersihkan melalui air liur, tetapi pada gigi yang sudah banyak sekali karang giginya kemampuan ini akan menurun. Karena kemampuan tersebut menurun, maka bakteri akan lebih mudah menempel pada gigi dan pada akhirnya akan menyebabkan karies gigi (gigi berlubang) yang berujung pada kerusakan gigi.

Untuk membersihkan karang gigi hanya bisa dilakukan dengan alat yang disebut skeler periodontal. Proses membersihkan dengan skeler ini dinamakan penskeleran gigi yang biasanya hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi.

Karang gigi dapat menyebabkan gigi goyang dan mudah tanggal karena penurunan gusi, gusi bengkak, gusi berdarah terutama saat menyikat gigi, dan halitosis (bau mulut), serta karang gigi dapat menyebabkan gigi berlubang.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Apa Saja Efek Karang Gigi dan Cara Mencegahnya?". Alodokter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-30.