Kapal pemadam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
London Fire Brigade fireboat, River Thames, London
Italian fireboat CLASS M

Fireboat atau kapal pemadam atau kapal pemadam kebakaran adalah perahu khusus yang dilengkapi dengan pompa dan nozel yang dirancang untuk memadamkan api kebakaran di garis pantai dan kebakaran kapal. Kapal pemadam pertama, yang berasal dari abad ke-18, adalah kapal tunda, dipasang dengan peralatan pemadam kebakaran.[1]

Mereka sering digunakan untuk memadamkan kebakaran di dermaga dan gudang sisi pantai karena mereka dapat langsung memadamkan api di dasar struktur ini. Mereka juga memiliki pasokan air yang tidak terbatas secara efektif, memompa langsung dari bawah lambung kapal. Fireboats dapat digunakan untuk membantu petugas pemadam kebakaran berbasis pantai bila air lain dalam pasokan rendah atau tidak tersedia, misalnya, karena kerusakan sumber air limbah.

Beberapa fireboats modern mampu memompa puluhan ribu galon air per menit. Contohnya adalah Fire Boat # 2 dari Los Angeles Fire Department, Warner Lawrence, dengan kemampuan memompa hingga 38.000 galon AS per menit (2,4 m3/s; 32.000 imp gal/min) dan sampai 400 kaki (122 m) di udara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ James Delgado (1988). "Duwamish Fireboat: National Historic Landmark Study". National Park Service. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-12-29. Diakses tanggal 2017-06-04.