Kantata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kantata adalah komposisi vokal dengan iringan instrumental, biasanya dalam beberapa gerakan, sering melibatkan paduan suara.

Arti istilah berubah dari waktu ke waktu, dari satu suara sederhana madrigal dari awal abad ke-17, ke multi-suara "kantata da kamera" dan "kantata da chiesa" pada bagian akhir abad itu, dari yang lebih substansial bentuk dramatis dari abad ke-18 hingga cantata abad ke-19 yang biasanya bertuliskan teks suci, yang secara efektif merupakan jenis oratorio pendek.[1] Kantata untuk digunakan dalam liturgi kebaktian gereja disebut cantata gereja atau cantata sakral; cantatas lain dapat diindikasikan sebagai cantata sekuler. Beberapa kantata telah, dan masih, ditulis untuk acara-acara khusus, seperti kantata Natal. Christoph Graupner, Georg Philipp Telemann dan Johann Sebastian Bach menyusun siklus kantata gereja untuk acara-acara tahun liturgi.

Istilah ini berasal pada awal abad ke-17 bersamaan dengan opera dan oratorio. Sebelum itu, semua musik "berbudaya" adalah vokal. Dengan munculnya musik instrumental istilah muncul, sedangkan seni instrumental menjadi cukup berkembang untuk diwujudkan dalam sonata.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kennedy, Michael "Cantata", The Oxford Dictionary of Music, second edition, revised (Oxford and New York: Oxford University Press, 2006) ISBN 0-19-861459-4.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]