Kanrikan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Kanrikan (bahasa Jepang: 管理官; bahasa Indonesia: Petugas manajemen) adalah salah satu posisi pemerintah di kementerian pemerintah pusat dan lembaga di Kepolisian Jepang.

Kanrikan di Kepolisian Jepang[sunting | sunting sumber]

Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo[sunting | sunting sumber]

Seorang kanrikan di Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo biasanya menjabat sebagai pengelola di setiap unit, dan sejumlah catatan menjelaskan bahwa ini adalah posisi nomor 3 di samping petugas manajer direktur.[1] Tugas seorang Kanrikan pada umumnya adalah dalam posisi untuk melayani peran keseluruhan dari beberapa tindak kejahatan, melaksanakan penyelidikan insiden yang serius sebagai pemimpin, seperti memberikan perintah untuk melakukan penyelidikan dan kemampuan manajemen petugas, untuk langsung terhubung ke penyelesaian masalah dari insiden tersebut. Posisi ini dapat dikatakan bahwa posisi yang sangat penting.

Dalam kasus penyelidikan tindak pidana dari Divisi Kriminal, pejabat manajemen yang menjabat sebagai penyidik kepala (2 orang) menempatkan 13 orang petugas. Jika insiden serius secara terpaksa terjadi di tempat kejadian, petugas Kanrikan dari Divisi investigasi pertama, saat itu, menjadi ujung tombak dalam markas penyelidikan dan diarahkan ke departemen yang kompeten. Dalam rangka untuk mengawasi 3-4 orang pelaku kriminal dan hanya melibatkan beberapa petugas manajemen saja, ada kemungkinan untuk memimpin penyelidikan dari beberapa unit pada saat yang sama.

Seorang Kanrikan dari Divisi pertama penyelidikan tersebut pada umumnya diberikan mobil dinas. Dalam hal ini, biasanya digunakan sebagai kendaraan resmi sebagai mobil polisi bergerak yang juga baik dalam penyamaran. Karena ini juga merupakan kebutuhan yang realistis, jika insiden terjadi sewaktu-waktu, semakin baik juga untuk kenyamanan petugas yang memakainya.

Kepolisian Prefektur[sunting | sunting sumber]

Kanrikan dari markas kepolisian prefektur, adalah peringkat nomor dua, berada di bawah posisi kepala bagian. Di masa lalu, posisi kedua setelah kepala bagian (Pengawas) dari markas polisi prefektur adalah wakil (Inspektur). Namun, karena meningkatnya jabatan Inspektur di setiap departemen yang memiliki posisi Kanrikan, membuat posisi itu menjadi lebih tinggi dari sekadar jabatan wakil. Oleh karena itu judul resmi telah diubah menjadi "Kanrikan Wakil Sekretaris penanganan". Begitu juga dengan markas polisi prefektur, namanya diubah menjadi wakil direktur. Penyidik dan petugas bimbingan, tidak begitu diperhatikan dan hanya memiliki nama yang bervariasi.

Pangkat[sunting | sunting sumber]

Kanrikan di Departemen Kepolisian Metropolitan pada umumnya dikhususkan dengan jabatan Inspektur. Kanrikan di Kepolisian Prefektur juga pada umumnya dijabat oleh seorang inspektur.

Kanrikan di Kementerian Dalam Negeri Jepang[sunting | sunting sumber]

Posisi Kanrikan di Biro Pengelolaan Administrasi Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang adalah salah satu dari petugas kepala bagian segregasi. Undang-Undang Organisasi Nasional Pemerintah, melakukan manajemen kapasitas yang diselenggarakan oleh organisasi administrasi berdasarkan undang-undang untuk total jumlah Pegawai Negeri Sipil dan sejenisnya.

Setiap pelayanan dilakukan dengan metode instalasi dan organisasi ordonansi (tata cara). Jika seseorang ingin mengubah aturan organisasi (Ordonansi), pastikan untuk berkonsultasi dengan petugas manajemen ini, anggota dewan Biro Legislasi Kabinet, petugas Biro Anggaran Kementerian Keuangan dalam organisasi birokrasi yang diasumsikan memiliki otoritas besar, ketika melaksanakan kenaikan atau penurunan kapasitas.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 警視庁本部処務規程(昭和47年警視庁訓令甲第5号)。「警視庁組織規則等の運用について」(昭和48年8月30日付け副総監名通達甲(副監.総.企.組)第13号)