Kano polo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kano polo
European Canoe Polo Championship 2013, Poznan (7).JPG
Suasana pertandingan pada kompetisi tingkat Eropa tahun 2013
Induk organisasiFederasi Kano Internasional
Nama lainPolo kano
Keberadaan
OlimpiadeNo
Pekan Olahraga Dunia2005 – kini

Kano polo (disebut juga sebagai kayak polo) adalah salah satu disiplin dari kayak. Beberapa penggemar olahraga ini menyebutnya sebagai "polo". Setiap tim yang bertanding terdiri atas lima orang pemain di lapangan (dan hingga tiga pemain pengganti), yang bersaing untuk mencetak gol ke gawang lawan mereka, di mana bola digantung dua meter di atas air. Bola dapat dilemparkan dengan tangan, atau disentuh dengan dayung untuk melewati antara pemain dan menembak ke gawang. Lapangan dapat dibentuk di kolam renang atau hamparan air datar.

Kano polo menggabungkan keterampilan berperahu dan penguasaan bola dalam kontak saat pertandingan, di mana taktik dan pengaturan posisi sama-sama diperlukan bersama dengan kecepatan dan kebugaran individu atlet. Permainan ini membutuhkan kerja sama tim, dan dapat mempromosikan keterampilan kano secara umum, juga berbagai teknik lain yang unik dalam olahraga. Dalam nomenklatur Federasi Kano Internasional yang digunakan di beberapa negara Eropa, terutama Inggris, istilah kano juga dapat merujuk pada kayak.[1]

Kejuaraan tingkat dunia untuk kano polo ialah Kejuaraan Dunia Kano Polo ICF.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wikisource-logo.svg Chisholm, Hugh, ed. (1911). "Canoe". Encyclopædia Britannica (edisi ke-11). Cambridge University Press.