Kangkok sejati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kangkok sejati
Cuculus

Male common cuckoo (Cuculus canorus) held in the hand.
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCuculiformes
FamiliCuculidae
GenusCuculus
Linnaeus, 1758

Cuculus adalah genus burung kukuk yang memiliki perwakilan di sebagian besar Dunia Lama, meskipun keanekaragaman terbesar terdapat di wilayah tropis Asia selatan dan tenggara. Di Indonesia, genus ini lebih dikenal dengan nama burung kangkok.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Kangkok adalah parasit induk, yaitu mereka bertelur di sarang berbagai inang burung pengicau . Contoh yang paling terkenal adalah Kangkok erasia Eropa. Kangkok betina dalam setiap kasus mengganti salah satu telur inangnya dengan salah satu telurnya sendiri. Telur kangkok menetas lebih awal dari telur inangnya, dan anak tumbuh lebih cepat; dalam banyak kasus, anak kangkok mengusir telur atau anak spesies inangnya.

Spesies Cuculus bertelur berwarna agar sesuai dengan inang burung pengicaunya . Kangkok etina mengkhususkan diri pada spesies inang tertentu (umumnya spesies yang membesarkannya) dan bertelur yang sangat mirip dengan telur inang tersebut.

Suatu spesies dapat terdiri dari beberapa gen, dengan masing-masing gen mengkhususkan diri pada inang tertentu. Ada beberapa bukti bahwa kangkok secara genetis berbeda satu sama lain[butuh rujukan]meskipun otoritas lain menyatakan bahwa saat burung kangkok betina kawin dengan burung kangkok jantan dari jenis kelamin apa pun, gen akan mengalir antar jenis kelamin.

Referensi[sunting | sunting sumber]