Kangkok pelari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kangkok pelari
Geococcyx

Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCuculiformes
FamiliCuculidae
GenusGeococcyx
Wagler, 1831

Kangkok pelari (genus Geococcyx ), juga dikenal sebagai burung chaparral atau ayam chaparral, adalah dua spesies burung kangkok tanah yang berlari cepat dengan ekor dan jambul yang panjang. Mereka ditemukan di Amerika Serikat bagian barat daya dan tengah-selatan, Meksiko dan Amerika Tengah, [1] [2] biasanya di gurun. Meski mampu terbang, Kangkok pelari umumnya lari dari predator. Di lapangan, beberapa telah mencatat angka 32 km/h (20 mph) .

Jenis[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama ilmiah Nama yang umum Distribusi
</img> G. californianus Kangkok pelari besar Meksiko dan Amerika Serikat bagian barat daya dan tengah-selatan [3]
</img> G.velox Kangkok pelari kecil Meksiko dan Amerika Tengah [4]

Morfologi[sunting | sunting sumber]

Kangkok pelari umumnya berukuran antara 56 hingga 61 cm (22 hingga 24 in) dari ekor ke paruh . Berat rata-rata adalah sekitar 230–430 g (8–15 oz) .[5] Kangkok pelari adalah burung tanah yang besar, ramping, berwarna hitam kecoklatan dan bergaris putih dengan jambul kepala yang khas. Ia memiliki kaki yang panjang, kaki yang kuat, dan paruh berwarna gelap yang besar. Ekornya lebar dengan ujung berwarna putih pada ketiga bulu ekor luarnya. Burung itu memiliki sepetak kulit di belakang setiap matanya; tambalan ini diberi warna biru di bagian depan hingga merah di bagian belakang. Kangkok pelari kecil berukuran sedikit lebih kecil, tidak bergaris-garis, dan memiliki paruh yang lebih kecil. Baik Kangkok pelari kecil maupun kangkok pelari besar meninggalkan tanda lintasan "X" yang sangat berbeda yang tampak seolah-olah mereka sedang berjalan di kedua arah.[6]

Kangkok pelari dan anggota keluarga burung Kangkok lainnya memiliki kaki zigodaktil . Kangkok pelari dapat berlari dengan kecepatan hingga 32 km/h (20 mph) [7] dan umumnya lebih suka berlari cepat daripada terbang, meskipun ia akan terbang untuk menghindari predator .[8] Selama penerbangan, sayap pendek dan bulat memperlihatkan bulan sabit putih di bulu utama .

Sebaran[sunting | sunting sumber]

Kangkok pelari mendiami Amerika Serikat Bagian Barat Daya , hingga sebagian Missouri, Arkansas, dan Louisiana, serta Meksiko dan Amerika Tengah . Mereka tinggal di dataran rendah atau pegunungan yang gersang, semak atau hutan . Mereka tidak bermigrasi, tinggal di daerah perkembangbiakannya sepanjang tahun. Kangkok pelari besar saat ini tidak dianggap terancam di AS , namun habitatnya terbatas.

Pola makan[sunting | sunting sumber]

Kangkok pelari adalah omnivora oportunistik . Makanannya biasanya terdiri dari serangga (seperti belalang , jangkrik , ulat , dan kumbang ), reptil kecil (seperti kadal dan ular , termasuk ular derik ), hewan pengerat dan mamalia kecil lainnya , laba-laba (termasuk tarantula ), kalajengking , kelabang , siput , burung kecil (dan anakan burung ), telur, serta buah-buahan dan biji-bijian seperti yang berasal dari kaktus pir berduri dan sumac . Kangkok pelari kecil kebanyakan memakan serangga. Kangkok pelari mencari makan di tanah dan, saat berburu, biasanya mengejar mangsa dari bawah perlindungan. Ia mungkin melompat untuk menangkap serangga, dan biasanya memukul mangsa tertentu ke tanah. Kangkok pelari adalah salah satu dari banyak hewan yang memangsa ular derik; ia juga merupakan satu-satunya predator nyata tawon elang tarantula .

Perilaku dan perkembangbiakan[sunting | sunting sumber]

Kangkok pelari biasanya hidup sendiri atau berpasangan. Pasangan yang berkembang biak bersifat monogami dan kawin seumur hidup, dan pasangan dapat menguasai suatu wilayah sepanjang tahun. Selama pertunjukan pacaran , sang jantan membungkuk, bergantian mengangkat dan menjatuhkan sayapnya serta melebarkan ekornya. Ia berparade di depan betina dengan kepala tegak dan ekor serta sayap terkulai, dan mungkin membawa persembahan makanan. Musim reproduksi adalah musim semi hingga pertengahan musim panas (tergantung lokasi geografis dan spesies).

Sarang Kangkok pelari sering kali terdiri dari batang kayu, dan terkadang berisi dedaunan, bulu, kulit ular, atau kotoran. Biasanya sarang tersebut dibuat 1 hingga 3 meter (3 hingga 10 kaki) di atas permukaan tanah di pohon rendah, semak, atau kaktus . Telur Kangkok pelari umumnya berwarna putih. Kangkok pelari besar biasanya bertelur 2–6 butir per sarang , tetapi telur Kangkok pelari kecil biasanya lebih kecil. Penetasan tidak sinkron. Kedua jenis kelamin mengerami sarangnya (dengan pejantan mengerami sarang di malam hari) dan memberi makan anakan. Selama satu hingga dua minggu pertama setelah anakan menetas, satu induk tetap berada di sarang. Anak-anaknya meninggalkan sarang pada usia dua hingga tiga minggu, mencari makan bersama induknya selama beberapa hari setelahnya.

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Free Dictionary. Farlex. 
  2. ^ Merriam Webster. 
  3. ^ "Greater Roadrunners". Avian Web. Diakses tanggal 3 May 2012. 
  4. ^ "Lesser Roadrunners". Avian Web. Diakses tanggal 3 May 2012. 
  5. ^ "Roadrunner". Desert Animals. The Animal Spot. Diakses tanggal 3 May 2012. 
  6. ^ Elbroch, M.; Marks, E.; Boretos, D.C. (2001). Bird Tracks & Sign: A Guide to North American Species. Stackpole Books. hlm. 160. ISBN 978-0-8117-4253-5. Diakses tanggal 2019-09-04. 
  7. ^ Lockwood, Mark (January 2010). Basic Texas birds: a field guide. Austin: University of Texas Press. hlm. 168–169. ISBN 978-0-292-71349-9. 
  8. ^ "Greater Roadrunner Life History, All About Birds, Cornell Lab of Ornithology". Online bird guide, bird ID help, life history, bird sounds from Cornell. Diakses tanggal 2019-09-02.