Kanemura Miku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Miku Kanemura (金村 美玖, Kanemura Miku, lahir 10 September 2002 di Prefektur Saitama) adalah penyanyi dan model Jepang. Dia adalah anggota grup gadis idola Jepang Hinatazaka46 dan model eksklusif untuk majalah wanita Bis.

Karier[sunting | sunting sumber]

Musik[sunting | sunting sumber]

Pada 13 Agustus 2017, Kanemura lulus audisi untuk anggota baru subgrup Keyakizaka46, Hiragana Keyakizaka46 (sekarang Hinatazaka46) dan menjadi salah satu anggota generasi kedua grup tersebut. Sebagai pencinta sushi, dia menggunakan julukan "Osushi" dan slogannya, "Setiap orang harus mendukung Miku" (皆さん美玖をおすしかない, minasan Miku o osushikanai), berisi plesetan dari "mendukung" (推す, osu) dan "sushi" (お寿司, osushi).

Kanemura menjadi title song center (lead artist) untuk pertama kalinya untuk single keenam Hinatazaka46 "Tteka" yang dirilis pada 27 Oktober 2021.

Selain menyanyi, Kanemura juga memainkan saksofon dan drum serta pernah memainkan keduanya di acara televisi Hinatazaka46.

Kanemura meluncurkan akun Instagram resminya pada hari ulang tahunnya yang kedua puluh.

Pemodelan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 1 Oktober 2020, Kanemura menjadi model eksklusif untuk majalah mode Jepang Bis. Sejak saat itu, ia telah tampil di peragaan busana Tokyo Girls Collection (Musim Gugur/Musim Dingin 2021, Musim Semi/Musim Panas 2022) dan GirlsAward (Musim Semi/Musim Panas 2022).

Photobook pertama Kanemura berjudul Rashinban (羅針盤, lit. 'Compass'), dirilis pada 20 Desember 2022, diterbitkan oleh Kobunsha (penerbit Bis). Pengambilan gambar berlangsung dari musim gugur 2021 hingga musim panas 2022 di prefektur Hokkaido, Kyoto, Wakayama, dan Kagoshima. Buku tersebut terjual 73.000 eksemplar di minggu pertama dan menempati posisi pertama di Oricon Weekly Book Ranking.

Kegiatan lainnya[sunting | sunting sumber]

Kanemura memerankan karakter utama dalam video musik "Natsu Arashi" (夏嵐) oleh band Genie High, yang dirilis pada Agustus 2021. Drummer band, komedian Kazutoyo Koyabu, adalah pembawa acara acara televisi Hinatazaka46, Hinabingo!.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Pada Januari 2024, Kanemura mengungkapkan bahwa dia berada di tahun ketiga belajar fotografi di College of Art, Universitas Nihon.