Kane Kosugi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Kane Kosugi (ケイン・コスギ, Kein Kosugi) lahir di Los Angeles, 11 Oktober 1974; umur 44 tahun) adalah seorang aktor asal Jepang. dengan nama asli Takeshi Kosugi, dan merupakan putra dari aktor kawakan Jepang, Sho Kosugi. Sebagai seorang Jepang yang besar di Amerika, Kane mempunyai kemampuan berbahasa inggris yang lancar di samping bahasa Jepangnya. Dia mulai berkarier di dunia film sejak tahun 1983, dan dia dikenal dengan peran-perannya dalam serial tokusatsu dan seni bela diri : sebagai " Ken'ichi Kai / Ultraman (Powered) Ultraman: The Ultimate Hero dan "Jiraiya / Ninja Black" dalam serial Super Sentai Ninja Sentai Kakuranger.

Karir Film[sunting | sunting sumber]

Dia memulai debutnya di dunia entertainment sejak tahun 1983, menjadi voice actor untuk beberapa film dan video game. Film pertama yang ia mainkan adalah Revenge Of The Ninja (1983), yang merupakan film Amerika, dan kane bermain dengan ayahnya sendiri di film tersebut. Ia bahkan tetap memakai nama aslinya dalam film, dan juga telah bermain di film-film lain yang dibintangi ayahnya. Dengan tujuan untuk mengikuti jejak ayahnya, Kane dilatih untuk menjadi aktor seni bela diri. Kane memiliki latar belakang seni bela diri yang luas, seperti wushu, ninjutsu, taekwondo, karate, judo dan kendo.

Dia membuat debut Jepang aktingnya di televisi seri 1993 Ryukyu no Kaze (Dragon Spirit), pada episode ke 31 dari NHK Taiga Drama Series. Kane kemudian bermain menjadi peran protagonist pertamanya di V-Cinema Toei, Za Kakuto Oh (The King Fighting) dan Za Kakuto Oh 2 (The Fighting King 2) dan diarahkan oleh ayahnya.

Kane kemudian memulai debut awalnya di dunia Tokusatsu dalam serial Ultraman: The Ultimate Hero (1993), sebagai peran Ultraman. Kemudian ia juga bermain dalam Serial Super Sentai, Ninja Sentai Kakuranger, sebagai Jiraiya si Ninja Black. Ia muncul di episode 3, American Ninja. Dalam Kakuranger, Kane sebagai Jiraiya berperan sebagai Ninja yang berasal dari Amerika dan beraksen inggris yang kental. Ia beranggapan bahwa peran tersebut sangat dekat sekali dengan kehidupan nyatanya, sehingga tidak banyak kesulitan yang ia dapat dalam memerankan Jiraiya.

Setelah puas bermain di Kakuranger, Kane kembali lagi menjadi aktor yang sukses di Jepang maupun di dunia internasional. Salah satunya ia pernah muncul di film Hongkong, Who I Am?, yaitu film yang disutradarai sekaligus dibintangi oleh Jackie Chan.

Pada tahun 2006, Kane juga pernah membintangi film hollywood, D.O.A: Dead Or Alive, yang merupakan film adaptasi dari video game yang berjudul sama. Dalam film tersebut, Kane berperan sebagai Ryu Hayabusa, yaitu seorang prajurit ninja yang muncul di Kompetisi D.O.A untuk membawa pulang Kasumi (Devon Aoki) kembali ke kuilnya.

Sasuke[sunting | sunting sumber]

Kane pernah berkompetisi di acara Sasuke (Ninja Warrior). Di kompetisi tersebut Kane hanya mampu di Final Rope, berikut hasil kompetisi Kane:

Musim # Nomer Kompetisi Stage Rintangan
1 89 Tiga Gagal di Pole Bridge
4 97 Tiga Gagal di Cliff Hanger
6 98 Tiga Gagal di Body Prop
7 98 Dua Gagal di Spider Walk
8 91 Final Gagal di Final Rope

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tekken 2: Kazuya's Revenge Blu-ray". blu-ray.com. Diakses tanggal 2014-08-11.