Kampanye militer Pescadores (1895)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kampanye militer Pescadores
Bagian dari Invasi Jepang ke Taiwan (1895)

Peta Pescadores di bawah pendudukan Jepang
Tanggal23–26 Maret 1895
LokasiPescadores, Taiwan
Hasil Kemenangan Jepang
Pihak terlibat
Kekaisaran Jepang Jepang Dinasti Qing Kekaisaran Qing
Tokoh dan pemimpin
Kekaisaran Jepang Kolonel Hishijima Dinasti Qing Zhu Shangpan
Kekuatan
5.500 personel dan beberapa kapal perang 5.000 personel dan beberapa benteng pantai
Korban
Minimal
1.500 meninggal karena penyakit
Parah

Kampanye militer Pescadores (23–26 Maret 1895) adalah operasi militer terakhir dalam Perang Tiongkok-Jepang Pertama dan pendahuluan yang penting bagi penaklukan Taiwan oleh Jepang.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Ketika Perang Tiongkok-Jepang pertama mendekati akhir, Jepang mengambil langkah untuk memastikan bahwa Formosa yang di bawah kekuasaan Qing (Taiwan) dan Pescadores (Penghu) akan diserahkan kepada Jepang di bawah traktat damai nantinya. Meskipun pertempuran-pertempuran di Tiongkok utara berhenti selama perundingan damai yang akhirnya menghasilkan Perjanjian Shimonoseki (April 1895), Taiwan dan Pescadores secara khusus dikeluarkan dari lingkup gencatan senjata, memungkinkan Jepang untuk melancarkan operasi militer terhadap mereka tanpa membahayakan perundingan-perundingan damai.[1] Kunci untuk merebut Taiwan adalah Pescadores, yang terletak di antara Tiongkok daratan dan Taiwan. Pendudukan mereka oleh Jepang akan mencegah bala bantuan Tiongkok lebih lanjut dikirim melalui Selat Taiwan.

Pada 15 Maret 1895, sebuah pasukan ekspedisi Jepang yang terdiri dari 5.500 personel berlayar ke Kepulauan Pescadores. Pasukan ekspedisi ini mendarat di Pulau Pa-chau (八罩嶼; Wang'an saat ini), di sebelah selatan Kepulauan Pescadores utama, pada pagi hari tanggal 23 Maret.

Kampanye[sunting | sunting sumber]

Meskipun Pescadores dilindungi oleh 15 batalion reguler Tiongkok (5.000 personel) dan dipertahankan oleh baterai pertahanan pesisir Hsi-tai yang baru selesai dibangun (dibangun pada akhir tahun 1880-an sebagai tanggapan atas direbutnya Pescadores oleh Prancis selama Perang Tiongkok-Prancis), Jepang menghadapi sangat sedikit perlawanan selama operasi pendaratan karena para prajurit pasukan pertahanan sudah kehilangan semangat juangnya. Jepang hanya butuh tiga hari untuk mengamankan pulau-pulau itu. Setelah pengeboman angkatan laut terhadap benteng-benteng Tiongkok, pasukan Jepang mendarat di Pulau Fisher (漁翁島; Siyu saat ini) dan Pulau Penghu pada 24 Maret, bertempur dalam beberapa aksi singkat dengan pasukan pertahanan Tiongkok, dan merebut baterai Hsi-tai (yang dikenal oleh orang Jepang, dari pelafalan bahasa Jepang untuk aksara Tionghoa, sebagai benteng Kon-peh-tai; kemungkinan 拱北砲臺) dan Makung. Dalam dua hari berikutnya mereka menduduki pulau-pulau utama lainnya dari kelompok Pescadores.[2][3]

Korban[sunting | sunting sumber]

Korban pertempuran di pihak Jepang sangat minim. Namun, wabah kolera segera setelah direbutnya pulau-pulau tersebut merenggut nyawa lebih dari 1.500 tentara Jepang dalam beberapa hari.[4][3]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Paine (2003), hlm. 264.
  2. ^ Davidson (1903), hlm. 266–268.
  3. ^ a b Takekoshi (1907), hlm. 82.
  4. ^ Davidson (1903), hlm. 268.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]