Kamila Valieva

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Kamila Valieva
Informasi Pribadi
Nama lengkapKamila Valeryevna Valieva
Mewakili negara Rusia
Lahir26 April 2006 (umur 17)
Kazan, Rusia
Tempat tinggalMoscow, Rusia
Tinggi155 m (508 ft 6+12 in)
PelatihEteri Tutberidze, Sergei Dudakov, Daniil Gleikhengauz
Mantan pelatihKsenia Ivanova, Igor Liutikov, N. Dubinskaia, S. Kovalev, M. Kudriavtseva
KoreograferDaniil Gleichengauz, Eteri Tutberidze
Klub skatingSambo 70
Lokasi training saat iniMoscow, Russia
Memulai skating2009
Skor terbaik pribadi ISU
Total kombinasi272.71 (WR)
2021 Rostelecom Cup
Short program90.45 (WR)
2022 Europeans
Free skate185.29 (WR)
2021 Rostelecom Cup
Rekam medali
Mewakili  Rusia
Figure skating: Ladies' singles
European Championships
Medali emas – tempat pertama 2022 Tallinn Ladies' singles
Junior World Championships
Medali emas – tempat pertama 2020 Tallinn Ladies' singles
Junior Grand Prix Final
Medali emas – tempat pertama 2019–20 Torino Ladies' singles

Kamila Valeryevna Valieva (bahasa Rusia: Камила Валерьевна Валиева; lahir 26 April 2006)[1] adalah atlet seluncur indah asal Rusia. Dia adalah juara Junior Dunia 2020, juara Final Grand Prix Junior 2019, dan peraih medali perak nasional senior Rusia 2021. Dia mempertahankan gelar juara Grand Prix Junior karena pembatalan semua acara Grand Prix Junior untuk musim 2020–21. Saat ini Valieva memegang rekor dunia untuk skor program bebas dan skor total tertinggi di level senior.

Pada JGP Prancis 2019, ia menjadi peseluncur wanita kedua setelah Alexandra Trusova yang mendaratkan lompatan quadruple toe loop.[2]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Valieva lahir pada tahun 2006 di Kazan, Russia dari orangtua berdarah Tatar. Dia mempunyai seekor anjing peliharaan, ras Pomeranian bernama Leva. Anjing ini diberikan oleh penggemarnya di tahun 2019. Hingga usia lima tahun, ibunya mengikutsertakannya ke beberapa kegiatan jasmani, seperti senam ritmik, balet dan seluncur indah. Pada usia lima tahun, dia memilih untuk fokus sepenuhnya ke seluncur indah. Nathan Chen adalah salah satu atlet seluncur indah yang dikaguminya. Dalam sebuah wawancara yang disiarkan di ISU Skating Awards 2021, Valieva menyampaikan keinginannya untuk menjadi psikolog di masa depan.

Karir[sunting | sunting sumber]

Awal karir[sunting | sunting sumber]

Valieva at the 2018 Rostelecom Cup gala

Valieva mulai berseluncur sejak 2009 di RSDUSSHOR di Kazan. Pelatih pertamanya adalah Ksenia Ivanova, kemudian Marina Kudriavtseva dan Igor Lyutikov, kemudian Natalia Dubinskaya.[3] Ketika berusia enam tahun orangtuanya pindah ke Moscow dan dia mulai berlatih di SSHOR 'Moskvich'. Pada musim semi 2018, Valieva menjalani try out di Sambo-70, dan Eteri Tutberidze memutuskan untuk mengizinkan Valieva bergabung di grupnya.

Sebelum debut internasionalnya pada musim 2018-19, rekaman program pendek dari Valieva, Spiegel im Spiegel oleh Arvo Pärt yang terinspirasi dari lukisan Girl on a Ball karya Pablo Picasso, menyita perhatian publik. Eteri Tutberidze menyebutnya sebagai program favoritnya tahun itu. Program tersebut menarik perhatian cucu dari Picasso, Diana Widmaier Picasso, yang mengundang Valieva untuk mengunjunginya di Paris. Beberapa kemenangan Valieva di musim tersebut adalah kemenanagan pada kejuaraan Rusia usia muda atas rekam satu tim Sofia Akatieva dan Sofia Samodelkina. Valieva tetap menggunakan program pendek ini dalam debut internasionalnya pada musim berikutnya.

Musim 2019–2020: Juara Dunia yunior[sunting | sunting sumber]

Debut internasional Valieva datang pada akhir Agustus 2019 pada kompetisi Junior Grand Prix di Courchevel, Prancis. Menempati peringkat ketiga pada program pendek dan pertama pada program bebas, Valieva memenangkan medali emas mengalahkan Wi Seo-yeong dari Korea Selatan dan rekan satu tim Maiia Khromykh. Pada kompetisi ini, Valieva menjadi peseluncur wanita kedua yang berhasil mendaratkan lompatan quadruple toe loop dalam kompetisi resmi. Skor totalnya pada kompetisi tersebut adalah skor tertinggi keempat dalam kategori tunggal wanita di level yunior dibawah Alexandra Trusova, Anna Shcherbakova dan Alena Kostornaya. Valieva juga menjadi wanita yunior keempat yang membukukan skor diatas 200 poin dalam sistem GOE(Grade of Execution).

Sebulan kemudian, pada kompetisi 2020 JGP Russia, Valieva menempati peringkat pertama pada program pendek dan program bebas dengan membukukan skor terbaik personal dan memenangi kompetisi mengalahkan rekan senegaranya Ksenia Sinitsyna and Viktoria Vasilieva. Untuk pertama kalinya, dia mencoba melakukan dua lompatan quadruple toe loop pada program bebas dan berhasil mendaratkan satu diantaranya. Dengan mendapatkan dua medali emas, dia lolos qualifikasi menempati peringkat pertama untuk berlaga di kompetisi 2019–20 Junior Grand Prix Final di Turin, Italia

Pada Desember sebelum kompetisi 2019–20 Junior Grand Prix Final, Valieva menderita cedera ringan yang mencegahnya untuk berlatih lompatan quadruple toe loop. Dia memasuki kompetisi sebagai unggulan bersama Alysa Liu dari Amerika Serikat. Setelah menempati urutan keempat dalam program pendek, Valieva berseluncur bersih dalam program bebas untuk menyabet gelar dari Liu dan rekan satu timnya, Daria Usacheva. Liu sendiri turun dari peringkat pertama setelah program pendek karena kurang rotasi dalam lompatan triple Axels dan quad Lutzes.

Pada bulan Desember, Valieva yang saat itu berusia 13 tahun, masih terlalu muda untuk mengikuti kejuaraan Nasional Rusia level senior. Pada awal Februari, Valieva mengikuti kejuaraan Nasional Rusia level yunior dan memenangkannya setelah menempati urutan pertama pada program pendek dan program bebas. Valieva mengalahkan rekan satu tim, yaitu Sofia Akatieva and Daria Usacheva. Valieva menyertakan dua lompatan quadruple toe loop dalam program bebas. Dia membuat satu kesalahan step-out dan berhasil membuat kombinasi lompatan quadruple toe loop-double toe loop. Namanya masuk dalam tim Rusia untuk mengikuti 2020 World Junior Championships bersama peringkat ketiga, Usacheva dan peringkat kelima, Khromykh. Khromykh dipilih karena peringkat kedua, Akatieva dan peringkat keempat, Sofia Samodelkina masih terlalu muda.

Kejuaraan 2020 World Junior Championships dianggap sebagai ajang ulangan pertarungan antara Valieva dan Alysa Liu, yang baru saja mempertahankan gelar 2020 U.S. Championships level senior. Valieva membukukan rekor personal sekaligus menempati urutan pertama pada program pendek diatas Lee Hae-in dari Korea Selatan dan Usacheva. Skor yang dibukukannya(74.92) adalah skor program pendek tertinggi kedua untuk kategori yunior dibawah Alena Kostornaya yang dibukukan pada 2018–19 Junior Grand Prix Final. Pada program bebas, Valieva menampilkan lompatan yang sama dengan saat kejuaraan yunior Nasional Rusia. Melakukan kesalahan step-out pada lompatan quadruple toe loop dan mendaratkan lompatan lainnya dengan bersih. Termasuk kombinasi quadruple toe loop kedua. Dia memenangkan gelar dan menjadi juara dunia level yunior baru diatas Usacheva dan Liu. Dia mengatakan, "ada sedikit kesalahan pada lompatan toe loop, tapi pada dasarnya saya puas dengan penampilan saya."

Musim 2020–2021[sunting | sunting sumber]

Valieva tampil pada Russia Test Skates 2020 untuk mempertunjukkan program barunya untuk musim 2020-21. Dia melakukan kombinasi quad toe pada program bebas. Dia tampil pada stage kedua Russian Cup. Dia menempati urutan pertama pada program pendek namun turun ke urutan ketiga pada program bebas dan meraih medali perak. Setelah itu dia tampil pada stage kelima Russian Cup. Dia menempati urutan pertama pada program pendek dengan kesalahan step-out pada lompatan Triple Axel. Pada program bebas, dia kembali menempati urutan pertama dengan dua lompatan quadruple toe loop(satu dengan kombinasi), dan satu kesalahan pada lompatan triple Lutz. Secara keseluruhan, dia menempati urutan pertama, memenangkan medali emas dengan total skor tertinggi dalam kompetisi domestik.

Valieva menjalani debut level senior pada kejuaraan nasional Russian Championships. Dia menempati urutan kedua pada program pendek walaupun jatuh pada percobaan lompatan triple Axel. Pada program bebas, dia kembali menempati urutan kedua dengan dua lompatan quadruple bersih dan triple Flip yang kurang rotasi. Secara total dia berada pada urutan kedua dan meraih medali perak.

Setelah kejuaraan nasional, Valieva tampil dalam 2021 Channel One Trophy, sebuah kompetisi beregu yang disiarkan di televisi nasional setelah dibatalkannya European Championships. Dipilih masuk kedalam tim Red Machine oleh kapten tim Alina Zagitova, Valieva memenangkan program pendek dan program bebas dan membantu timnya memenangkan trofi. Sebagai penutup musim, Valieva berpartisipasi dalam Russian Cup Final level senior. Dia memenangkan program pendek dengan jarak skor yang cukup besar. Pada program bebas, Valieva mencoba lompatan quadruple Salchow untuk pertama kalinya dalam sebuah kompetisi. Namun dia terjatuh dan kembali membuat kesalahan dalam kedua percobaan lompatan quadruple toe loop berikutnya. Dia menempati urutan ketiga pada program bebas, namun menang secara keseluruhan dengan jarak 2.04 poin diatas rekan satu tim, Maiia Khromykh, karena skor program pendeknya yang lebih tinggi.

Musim 2021-2022: Tahun olimpiade[sunting | sunting sumber]

Valieva memulai debut senior internasionalnya pada kejuaraan 2021 CS Finlandia Trophy. Dia menempati urutan ketiga pada program pendek setelah terjatuh saat melakukan lompatan triple Axel. Pada program bebas, dia mendaratkan tiga lompatan quadruple, mencatatkan rekor dunia dengan skor 174.31 pada program bebas dan 249.24 untuk total skor keseluruhan.

Teknik berseluncur[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 23 Agustus 2019, bertempat di stage yunior Grand Prix di Prancis, Valieva melakukan lompatan quadruple toe loop yang diganjar nilai GOE positif. Ini membuatnya menjadi wanita kedua didunia(setelah Alexandra Trusova) yang berhasil melakukannya dalam kompetisi resmi dibawah International Skating Union(ISU). Pada tanggal 18 Oktober 2020, sebuah rekaman video di internet memperlihatkan Valieva melakukan lompatan triple Axel dengan kedua tangan diatas. Pada tanggal 5 Desember 2020, dia melakukan lompatan triple Axel bersih pada program pendek dalam Russian Cup di Moskow. Pada tanggal 12 February 2021, sebuah video di internet memperlihatkan Valieva sedang berlatih melakukan lompatan quadruple Salchow dengan kedua tangan diatas.

Program-program[sunting | sunting sumber]

Musim Program pendek Program bebas Pertunjukan
2021–2022
2020–2021
2019–2020
2018–2019

Rekor dan pencapaian[sunting | sunting sumber]

  • Menjadi wanita kedua yang berhasil mendaratkan quad toe loop pada JGP di Prancis tahun 2019
  • Menjadi wanita ke-15 yang berhasil mendaratkan triple Axel di kompetisi(Skate Canada 2021)
  • Menjadi wanita pertama yang berhasil melewati batas poin 170 dan 180 pada program bebas sekaligus 250 dan 260 secara keseluruhan
  • Mencatat rekor level yunior dan senior untuk nilai lompatan tertinggi(12.49) untuk lompatan quad toe loop pada JGP Prancis. Rekor ini kemudian dipatahkan oleh Alysa Liu seminggu kemudian. Liu mencatat 13.80 poin untuk lompatan quad Lutz pada JGP Amerika 2019.
  • Mencatat rekor level yunior untuk skor program bebas dan keseluruhan pada Junior World Championships 2020. Rekor ini melewati rekor sebelumnya yang dipegang Alexandra Trusova.
  • Mencatat rekor level senior untuk skor total(249.24), program bebas(174.31) dan elemen teknis untuk program bebas(102.89) pada CS Finlandia Trophy 2021. Valieva mematahkan rekornya sendiri beberapa minggu kemudian pada Skate Canada 2021 setelah membukukan 180.89 pada program bebas, 265.08 secara keseluruhan dan 106.15 untuk elemen teknis.

Cuplikan kompetisi[sunting | sunting sumber]

GP: Grand Prix; JGP: Junior Grand Prix

Internasional
Event 19–20 20–21 21–22
Olimpiade TBD
Kejuaraan Dunia TBD
Kejuaraan Eropa 1st
GP Final C
GP Rostelecom 1st
GP Skate Canada 1st
CS Finlandia 1st
Internasional: Yunior
Junior Worlds 1st
JGP Final 1st
JGP France 1st
JGP Russia 1st
Nasional
Russian Champ. 2nd 1st
Russian Junior 1st
Russian Cup (Final) 1st
Beregu
Channel One Trophy 1st T
1st P
TBD = Assigned; C = Dibatalkan
T = Hasil tim; P = Hasil individu.
Medali hanya diberikan untuk hasil tim.

Hasil detil[sunting | sunting sumber]

Level senior[sunting | sunting sumber]

Medali kecil untuk program pendek dan bebas hanya dianugerahkan untuk kompetisi ISU Championships. Rekor terbaik individu ditulis miring. Rekor dunia terbaru ditulis tebal dan miring. Rekor dunia sebelumnya ditulis tebal.

Musim 2021–22
Date Event SP FS Total Rincian
13–15 January 2022 2022 European Championships 1
90.45
1
168.61
1
259.06
Details
21–26 Desember 2021 2022 Russian Championships 1
90.38
1
193.10
1
283.48
Details
26–28 November 2021 2021 Rostelecom Cup 1
87.42
1
185.29
1
272.71
Details
29–31 Oktober 2021 2021 Skate Canada International 1
84.19
1
180.89
1
265.08
Details
7–10 Oktober 2021 2021 CS Finlandia Trophy 3
74.93
1
174.31
1
249.24
Details
Musim 2020–21
Tanggal Event SP FS Total Rincian
26 February–2 March 2021 2021 Russian Cup Final
kompetisi domestik
1
88.71
3
149.29
1
238.00
Details
5–7 February 2021 2021 Channel One Trophy 1
90.25
1
179.19
1T/1P
269.44
23–27 December 2020 2021 Russian Championships 2
79.99
2
174.02
2
254.01
Details
5–8 December 2020 2020 Cup of Russia Series, 5th Stage, Moscow
kompetisi domestik
1
86.20
1
168.66
1
254.86
Details
10–13 October 2020 2020 Cup of Russia Series, 2nd Stage, Moscow
kompetisi domestik
1
85.10
3
148.60
2
233.70
Details

Level yunior[sunting | sunting sumber]

Valieva at the 2019–20 Junior Grand Prix Final

Medali kecil untuk program pendek dan bebas hanya dianugerahkan pada kompetisi ISU Championships. Rekor dunia yunior sebelumnya ditulis tebal.

Musim 2019–20
Tanggal Event Level SP FS Total Rincian
2–8 Maret 2020 2020 World Junior Championships Junior 1
74.92
1
152.38
1
227.30
Details
4–8 Februari 2020 2020 Russian Junior Championships Junior 1
78.50
1
159.67
1
238.17
Details
5–8 Desember 2019 2019–20 JGP Final Junior 4
69.02
1
138.45
1
207.47
Details
11–14 September 2019 2019 JGP Russia Junior 1
73.56
1
148.39
1
221.95
Details
21–24 Agustus 2019 2019 JGP France Junior 3
62.31
1
138.40
1
200.71
Details

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Top junior Kamila Valieva on skating, dogs, and Pablo Picasso". Olympic Channel. January 3, 2021. 
  2. ^ "2020-21 ISU Figure Skating Results". Golden Skate. Diakses tanggal 22 October 2020. 
  3. ^ "Kamila VALIEVA - Interview, Control skatings (Novogorsk 08/2019) [ENG Subs]". YouTube. 7 August 2019. Diakses tanggal 22 October 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]