Kaltim Post

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kaltim Post
Gedung Biru
TipeSurat kabar harian
FormatKoran
PemilikJawa Pos Group
Didirikan5 Januari 1988
PusatBalikpapan
Surat kabar saudariJawa Pos

Kaltim Post (dahulu Manuntung) adalah surat kabar harian pagi pertama[1] yang terbit di provinsi Kalimantan Timur sejak 5 Januari 1988.[2] Harian Kaltim Post yang berbasis di kota Balikpapan[3] ini merupakan salah satu media di bawah Jawa Pos Group dengan oplah mencapai 64.800 eksemplar per hari.

Kaltim Post juga telah menjadi induk dari beberapa media di Kalimantan. Yang pertama melahirkan Samarinda Pos, kemudian Balikpapan Pos, Radar Banjarmasin, dan Radar Tarakan. Di provinsi tetangga, dua koran Kalteng Post dan Radar Sampit juga bagian jaringan perusahaan yang bernama Kaltim Post Group (KPG). Termasuk, Radar Sulteng di Palu. Paling buncit lahir, yakni Bontang Post dan Berau Post.

Telah banyak penghargaan yang diraih Kaltim Post, baik yang berskala nasional maupun internasional. Pada tingkat Asia Pasifik, Kaltim Post berhasil meraih penghargaan Juara 3 The Best front page design WAN IFRA 2013. Sampul muka dimaksud adalah edisi 18 November 2012 dengan tema Kantor Dinas PU Kukar Terbakar.

Di tingkat nasional, raihan penghargaan juga telah banyak ditorehkan pada ajang IPMA yang diselenggarakan tahunan oleh SPS. Salahsatunya adalah raihan Gold pada kategori infografis yang disajikan pada tema lapsus "Melawan Sekarat Karst Sekerat", sebuah catatan dari perjalanan jelajah hutan dan gunung karst di Kutim itu diterbitkan pada 25 Juli 2019.[4]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Prakoso, Novian (2017). MANAJEMEN REDAKSIONAL SURAT KABAR HARIAN DI KALIMANTAN TIMUR (PDF). YOGYAKARTA: SKRIPSI PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU SOSIAL BUDAYA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA. hlm. 54.  line feed character di |title= pada posisi 55 (bantuan)
  2. ^ Padillah, Bidang Aptika | Reza. "Faisal Hadiri Syukuran HUT Ke 35 Kaltim Post". diskominfo.kaltimprov.go.id (dalam bahasa Indonesia). Diakses tanggal 2023-05-25. 
  3. ^ Hasanah, Arianti (2022). "Strategi Koran Kaltim Post Dalam Menarik Pembaca Di Era Digital". JASIMA: JURNAL KOMUNIKASI KORPORASI DAN MEDIA. 3 (1): 45. 
  4. ^ Redaksi (2020-02-11). "Emas Nasional dari Hari Pers | Kaltim Post". kaltim.prokal.co (dalam bahasa Indonesian). Diakses tanggal 2023-05-25.