Kalkun-padang Australia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kalkun-padang Australia
Ardeotis australis
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22691940
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoOtidiformes
FamiliOtididae
GenusArdeotis
SpesiesArdeotis australis
Gray, 1829
Tipe taksonomiArdeotis

Kalkun-padang Australia ( Ardeotis australis ) adalah burung besar yang hidup di darat yang umum ditemukan di padang rumput, hutan, dan negara pertanian terbuka di Australia bagian utara dan Papua bagian selatan. Tingginya sekitar satu meter (3 ft 3 in) tinggi, dan lebar sayapnya sekitar dua kali panjangnya. Spesies ini nomaden, terbang ke daerah ketika makanan berlimpah, dan mampu melakukan perjalanan jarak jauh. Dulunya mereka tersebar luas dan umum di dataran terbuka Australia, namun menjadi langka di wilayah yang dihuni oleh orang Eropa selama penjajahan Australia. Kalkun-padang Australia bersifat omnivora, kebanyakan memakan buah atau biji tanaman, tetapi juga memakan invertebrata seperti jangkrik, belalang, mamalia kecil, burung, dan reptil.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Satu-satunya spesies Ardeotis di Australia, genus yang terdapat di wilayah Afrika, India, dan Australasia, kalkun-padang ini adalah burung darat besar yang bentuk dan perilakunya menyerupai kalkun Amerika. Ia mudah dibedakan dari ukurannya yang besar, kaki yang panjang, dan kebiasaannya saat berjalan perlahan melintasi dataran terbuka. Warna umum A. australis adalah hitam pada bagian ubun-ubun dan tengkuk, leher panjang berwarna abu-abu pucat di bagian depan, dan bulu berwarna coklat menutupi sayap dan tubuh bagian atas. Jenis kelamin memiliki penampilan yang mirip, betina lebih kecil dalam perawakan, lebar sayap dan berat dibandingkan jantan. Perutnya berwarna putih dan dipisahkan dari lehernya yang berwarna abu-abu muda oleh pita bulu hitam. Penutup sayap berwarna tidak merata dengan pola hitam putih, yang terlihat saat diam atau terutama saat terbang. Selaput pelangi pada matanya berwarna putih, dan paruhnya berwarna keputihan hingga coklat. Kakinya panjang dan berwarna kuning hingga krem.

Jantan berkisar antara 12 m (470 in) tinggi dengan 23 m (75 ft) lebar sayap. Berat rata-rata untuk jantan dalah 63 kg (139 pon), dengan kisaran 43 hingga 1.276 kg (95 hingga 2.813 pon) . Betina sedikit lebih kecil dengan ukuran rata rata 80 cm (31 in) tinggi, dengan 18 m (59 ft) lebar sayap dan massa tubuh rata-rata 32 kg (71 pon) dalam kisaran 24 hingga 635 kg (53 hingga 1.400 pon) tetapi warnanya serupa.   

Jantan terbesar yang tercatat adalah 14,5 kilogram (32 lb), spesimen yang diperoleh di Victoria. Laporan tentang burung besar, mungkin jantan, diberikan oleh Tom Carter di barat (16 lb), tercatat berkisar antara 16–18 lb oleh EF Boehm di Australia Selatan terlampaui dalam beberapa spesimen (28 pon). Spesimen yang lebih kecil dalam catatan adalah spesimen dewasa yang tidak sehat dengan berat 9 tahun lb, ditembak oleh Carter di Broomehill, dan spesimen yang sehat namun kecil berukuran 7½ lb ditangkap dan ditimbang oleh Dominic Serventy dan Hubert Whittell di Bridgetown pada tahun 1949. Meskipun merupakan burung darat terbang terbesar yang masih ada di Australia, burung berkaki panjang ini merupakan spesies terkecil dalam genus Ardeotis .

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Spesies ini sebagian besar hidup di darat dan biasanya terlihat berjalan perlahan sendirian atau berpasangan. Saat diganggu, kalkun-padang Australia sering kali mengambil pose samar dengan leher tegak dan paruh mengarah ke atas. Mereka mungkin akan menjauh secara bertahap atau lari jika merasa khawatir, dan melarikan diri sebagai upaya terakhir. Saat meninggalkan tanah, mereka terbang ke udara dengan kepakan sayap yang berat. Betina yang sedang mengerami akan berjongkok dan menjauh jika diganggu, anakan yang tidak dapat terbang akan tetap diam dan mengandalkan kamuflase bulunya untuk menghindari deteksi. Meskipun terlihat kesulitan dalam terbang, mereka memiliki kekuatan dan stamina yang memungkinkan mereka melakukan perjalanan jarak jauh. Tempat bertenggernya berada pada titik tinggi di dataran terbuka atau di pepohonan jika tersedia.

Jumlah burung yang lebih banyak terlihat selama musim kawin. Kebiasaan burung ini biasanya bijaksana dan pemalu terhadap gangguan, namun penampilan burung jantan selama musim kawin merupakan penampilan yang mencolok disertai dengan dentuman keras. Jantan mampu melebarkan kantung di bagian leher untuk menampilkan bulunya yang lebih panjang sebagai rok yang bergoyang, dengan kepala tegak dan menghadap ke atas, sayap mengarah ke tanah dan bulu ekor melengkung ke belakang; mereka berjalan di suatu area sambil mengambil postur ini dan mengeluarkan suara menderu yang dalam. Suara jantan yang sedang pacaran telah ditransliterasikan menjadi "who-ooo". Jantan telah diamati dalam jarak dekat selama pertikaian wilayah, menggunakan tampilan perkembangbiakan dan panggilan untuk menantang satu sama lain, namun konflik langsung yang terlihat pada spesies kalkun-padang yang lebih kecil jarang terjadi pada burung ini. Satu insiden yang melibatkan pertarungan fisik pada ketinggian sekitar 25 meter tercatat di Arnhemland, setelah beberapa saat berpose dan dikejar oleh pejantan yang sedang berselisih, namun ini mungkin merupakan perilaku yang tidak biasa karena risiko cedera yang lebih besar pada spesies kalkun-padang yang lebih besar ini.

Ilustrasi telur oleh Harriet Morgan

Ardeotis australis biasanya tidak membangun sarang. Mereka biasanya menghasilkan satu telur, kadang dua, dan diletakkan dekat semak kecil atau semak di tanah tanpa hiasan. Cangkangnya ditandai dengan bercak-bercak coklat zaitun dan guratan-guratan di sebagian besar permukaan, mungkin menutupi seluruh bagian ujung telur yang lebih besar, warna latar belakang adalah warna coklat zaitun atau hijau zaitun yang lebih terang. Inkubasi induk dipelihara oleh betina. Dimensi telurnya adalah 75 × 55 milimeter. Anak dari kalkun-padang Australia akan meninggalkan lokasi setelah keluar dari cangkangnya untuk menghindari pemangsaan, dan mengandalkan warna belang-belang hitam dan coklat pada bulu halusnya untuk menghindari deteksi dengan berjongkok dan tidak bergerak.


Spesies ini sangat tertarik pada caper, buah dari tanaman Capparis nummularia yang dikenal sebagai myandee atau bunga bulan di barat laut Australia, dan perilaku ini dimanfaatkan oleh masyarakat adat yang menggali lubang perangkap di sekitar semak-semak dan menunggu di dekatnya untuk menangkapnya. Makanan omnivora meliputi biji-bijian dan buah-buahan dari tanaman, berbagai serangga, terutama belalang, kadal, burung muda, dan hewan pengerat kecil.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Sebaran spesies ini mencakup wilayah yang luas di benua Australia dan kadang-kadang meluas hingga bagian selatan Papua Nugini dan Indonesia. Populasi di tenggara Australia telah menyusut dan tidak lagi terjadi di wilayah yang pernah tercatat. [1]

Wilayah sebaran individu telah dipelajari melalui pelacakan burung, melalui satelit dan penandaan atau survei yang dilakukan oleh komunitas, yang menunjukkan bahwa populasi lokal di wilayah yang lebih basah lebih permanen dan terlokalisasi dibandingkan populasi yang lebih luas yang mendiami wilayah yang lebih kering. [1] Burung-burung tersebut mungkin melimpah secara lokal setelah pembukaan lahan atau selama wabah belalang. Kesetiaan terbesar terhadap wilayah lokal dilaporkan di wilayah dengan curah hujan tinggi di utara dan barat laut Australia.

Habitat yang disukai oleh spesies ini adalah padang rumput terbuka, mungkin dengan beberapa pepohonan, dataran rumput angin, dan semak belukar rendah. Kalkun-padang ini akan memasuki area vegetasi yang lebih padat setelah kebakaran, dan terlihat di area yang dibuka secara artifisial seperti lapangan golf dan lahan pertanian. [1]

Rentang sejarah di Australia Barat Daya mencakup bukit pasir dan dataran aluvial di Dataran Pesisir Swan, hingga ke selatan Busselton, dan di bagian pedalaman yang kemudian menjadi Wheatbelt . Para gelandangan juga terlihat di kawasan lain yang berasosiasi dengan hutan dengan curah hujan lebih tinggi di wilayah barat daya, meskipun spesies tersebut menghindari hutan dan kawasan yang bervegetasi padat. Laporan anekdotal dari penduduk di wilayah tersebut menyatakan bahwa spesies tersebut menghindari tempat tinggal manusia dan aktivitas penggembalaan, dan perburuan berlebihan atau pembukaan lahan, bukan rubah, yang bertanggung jawab atas hilangnya spesies tersebut di wilayah tersebut. Kejadian historis di Australia barat daya terjadi sepanjang tahun, dan terkadang dalam kelompok besar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d BirdLife International (2016). "Ardeotis australis". 2016: e.T22691940A93330335. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22691940A93330335.en.  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "iucn status 19 November 2021" didefinisikan berulang dengan isi berbeda

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Abbott2008" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ACT" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "AFD" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ALA2019" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Artmob" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Birdlife2012" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Brady2008" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "bushtucker" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "CRC" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "DSE200" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Gould1841" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Gould1848" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Gray1829" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Marks2011" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NT2007" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Oiseaux" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "RDB" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Serventy" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "TurkeyFlat" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "VicAct" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "VicGov" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Wood" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Ziembicki, M 2010" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Ziembicki2007" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.