Kalkikan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kalkikan adalah nama organisasi penghayat kepercayaan di Manado yang berdiri pada 24 November 1986. Kata tersebut mempunyai arti Kekuasaan Allah Langsung Kita Ingat Karena Anak Manusia. Pendirinya adalah U.J. Mames. Beliau dibantu beberapa pengurus lain. Organisasi tersebut beralamatkan di Jalan Lumimut VII No.56 Kelurahan Tinakala KumarakaKel. Tikala Kumaraka Lintik IV Kec. Wenang Kodya Manado 95124.

Jumlah warga Kalkikan sebanyak 1.815 orang yang tersebar di beberapa cabang organisasi. Kegiatan Sosial Kalkikan adalah pengamalan dalam kehidupan pribadi, yaitu agar senantiasa berada dalam bimbingan Tuhan Yang Maha Kuasa. Ingat, dan percaya pada Tuhan Yang Maha Esa yang harus disertai dengan adanya kepercayaan dalam diri sendiri.[1]

Tatacara penghayatan, menurut Organisasi Kalkikan ada beberapa pelaksanaan penghayatan, yaitu: arah, sikap, waktu, tempat, dan perlengkapan serta pakaian penghayatan dan maknanya. Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam dalam ajaran Kalkikan: Eling atau ingatmemegang teguh sikap tenggang rasa, saling menghormati dan sebagainya.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Direktorat Jenderal Nilai Budaya Seni dan Film, Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Direktorat Jenderal Nilai Budaya Seni dan Film (2010). Ensiklopedia Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Jakarta: Direktorat Jenderal Nilai Budaya Seni dan Film, Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa. hlm. 120. ISBN 9789791607117.