Kali Cheonggye

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Plaza Cheonggye di malam hari.

Kali Cheonggye atau Cheonggyecheon (청계천) adalah sebuah aliran kali yang terletak di pusat kota Seoul, Korea Selatan.[1] Kali Cheonggye merupakan sungai buatan. Kali ini merupakan bagian penting dari sejarah kota Seoul. Pada tahun 1950-an, kali ini melambangkan kemiskinan yang dialami masyarakat Seoul dan pada dekade berikutnya (1960-an-1970-an) menjadi saksi keberhasilan industrialisasi dan modernisasi Korea Selatan.[1] Proyek merehabilitasi kembali Kali Cheonggye dimulai dari tahun 2003 sampai tahun 2005 oleh mantan wali kota yang kini adalah presiden Korea Selatan, Lee Myung-bak. Sebelumnya, kali ini ditutupi oleh jalan tol, namun dengan proyek tersebut, aliran airnya dikembalikan seperti sediakala. Saat ini Kali Cheonggye merupakan salah satu lokasi wisata populer di Seoul, dengan 22 buah jembatan yang melintasinya.[1]

Daya tarik Cheonggyecheon[sunting | sunting sumber]

Tempat ini menjadi pusat keramaian di bulan Oktober. Puncak keramaian di tempat ini pada sore sampai malam hari di sepanjang 5,84 km. Cheonggyecheon semarak dengan adanya Cheonggyecheon Upcyle Festival Ryu yang diadakan dalam rangka peringatan 10 tahun restorasi kali dan dikelola pemerintah kota Seoul dan Weenu. Lebih dari 100 karya seni dipamerkan di sepanjang 1 km kali ini. Titik awal dari Plaza Cheonggyecheon yang terkenal dengan air terjun mini. Karya seni yang dipilih merupakan hasil kurasi dan karya daur ulang yang kreatif. Penataan karya seni tersebut membuat magnet Cheonggyecheon semakin kuat. Area pameran bukan hanya di kawasan pejalan kaki tetapi juga di bagian tengah sungai tempat air mengalir, di bawah jembatan, dinding, hingga rerumputan dan bebatuan di sekitarnya[1].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d (Inggris)Passport to Korean Culture. Korean Culture and Information Service - Ministry of Culture, Sports and Tourism , Seoul, Republic of Korea. 2010. pp. 91–92. ISBN 978-89-7375-153-2 03910.