Lompat ke isi

Kalfa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kalfa (Bahasa Turki untuk 'magang, asisten master') adalah istilah umum di Kekaisaran Ottoman untuk pelayan dan pengawas wanita yang bertugas di istana kekaisaran.[1] Gadis pemula harus menunggu promosi ke peringkat kalfa.[1] Pangkatnya berada di bawah usta ('master'), gelar pejabat administratif/pengawas terkemuka di Harem. Judul usta dan kalfa termasuk dalam terminologi organisasi serikat Utsmaniyah dan badan hukum lain yang terorganisir secara hierarkis. Secara hukum, para gadis budak, para wanita ini—tergantung pada pangkat mereka—dapat memiliki otoritas dan pengaruh yang besar dalam tugas mereka dan umumnya diperlakukan dengan sangat hormat oleh pelayan berpangkat lebih rendah di harem serta oleh anggota keluarga kekaisaran.[1]

Di kalangan perajin, istilah ini mempunyai pangkat serupa: master junior yang belum lulus dengan status usta[2] dan membuka tokonya sendiri.

Kalfa kekaisaran[sunting | sunting sumber]

Kalfa yang melayani pribadi raja disebut hünkâr kalfaları (bahasa Turki untuk 'Imperial Kalfas').[1] Hazinedar (Bahasa Turki untuk 'bendahara') adalah bendahara kalfa berpangkat tinggi yang ditugasi tugas pengawasan di harem.[1] Juga dikenal sebagai usta, peringkat mereka di atas kalfa biasa dan termasuk dalam nomor mereka hünkür kalfaları.[1] Kepala mereka, hazinedar usta atau hazinedar tinggi, menempati posisi tertinggi kedua dalam pelayanan harem, tepat di bawah pelayan wanita.[1]

Kalfa terkenal[sunting | sunting sumber]

Wanita terkemuka yang secara tradisional dipanggil kalfa termasuk Cevri Kalfa, seorang budak perempuan yang menyelamatkan nyawa Sultan Mahmud II dan dianugerahi atas keberanian dan kesetiaannya serta diangkat menjadi hazinedar usta, kepala bendahara Harem Kekaisaran, yang merupakan posisi terpenting kedua dalam hierarki.

Istri dari banyak sultan adalah kalfa sebelum mereka menikah.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h The Concubine, the Princess, and the Teacher: Voices from the Ottoman Harem. University of Texas Press. 2010. ISBN 978-0-292-78335-5. 
  2. ^ Berktay, Halil; Koulouri, Christina; Murgescu, Bogdan, ed. (2005). Ottoman Empire. Teaching modern southeast European history : alternative educational materials / series editor Christina Koulouri, Center for Democracy and Reconciliation in Southeast Europe, ISBN 9608685729, 9789608685727. 1. Center for Democracy and Reconciliation in Southeast Europe. hlm. 93. ISBN 9789608685734. Diakses tanggal 31 October 2019. Generally, in order to become a master (usta), one had first to be an apprentice (çirak) and then an aid (kalfa).