Kalason

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kalason atau kalason oto adalah seni musik khas Minangkabau menggunakan klakson mobil yang dimodifikasi yang dapat mengeluarkan musik-musik berirama khas Minang. Kalason diperkirakan ada semenjak tahun 1960-an. Perjalanan bus antar kota atau provinsi bahkan pulau adalah perjalanan yang panjang, sehingga penumpang butuh hiburan di sepanjang perjalanannya.[1]

Pencipta musik kalason belum diketahui, tentunya akan menarik jika kajian tentang ini dibahas oleh ahli-ahli seni terutama terkait dengan seni tradisi di Ranah Minang.

Adapun lagu-lagu yang sering dimainkan adalah lagu-lagu Minang klasik seperti Lubuak Sao, Tak Tontong, Palayaran, Singgalang, Samalam di India, Raja Doli, Talago Biru, Nagin, Kelok Sambilan, dan Pariaman.[2] Lagu lain yang juga menarik dimainkan adalah Batang Hari, Sinar Riau, Pakiah Geleang, Selayang Pandang, Suara Azan, Ya Mustafa, Bila Israil, BaBendi Bendi, Kato Rang Mudo, Mudiak Arau, Ka Dumai Pai Ka Dumai, dan Raja Doli.[3] Tentu saja lagu-lagu baru sepanjang bisa dimainkan tidak tertutup kemungkinan untuk dimainkan oleh sopir yang merangkap seniman tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]