Kakap hitam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Kakap hitam
Macolor niger.JPG
Status konservasi
Tidak dievaluasi (IUCN 3.1)
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Lutjanidae
Genus: Macolor
Spesies: M. niger
Nama binomial
Macolor niger
(Forsskål, 1775)
Sinonim
  • Sciaena nigra Forsskål, 1775
  • Diacope macolor Lesson, 1827
  • Macolor macolor (Lesson, 1827)
  • Macolor typus Bleeker, 1860
Kakap hitam muda memiliki warna tubuh belang hitam putih

Kakap hitam adalah sejenis ikan kakap yang berasal dari wilayah Samudra Hindia dan Pasifik barat. Ikan ini menghuni terumbu karang, muncul dalam kawanan besar sepanjang subtrat miring yang curam di kedalaman 2–90 meter (6,6–295,3 ft).[1][2][3] Di Indonesia timur ikan ini dikenal dengan nama Kakap balong dan Bekuku, sedangkan di Australia dengan Black and white snapper (Kakap hitam putih).

Ikan ini bisa mencapai panjang maksimal 75 sentimeter ([convert: unknown unit]), meski kebanyakannya tidak mencapai panjang lebih dari 35 sentimeter ([convert: unknown unit]).[1] Sirip dan matanya berwarna hitam dan warna tubuhnya beragam mulai abu-abu terang sampai hitam tergantung pada usianya. Khusus ikan muda memiliki tubuh belang hitam putih, yang akan berubah menjadi hitam sepenuhnya saat dewasa. Ikan ini hidup menyendiri ketika masih muda, namun ketika dewasa membentuk kawanan besar. Ikan ini memangsa udang-udangan dan ikan kecil.[1] Ikan ini kadang dikira sebagai kerabatnya yaitu kakap malam (Macolor macularis).

Kakap malam dihargai sebagai sumber makanan dan ditangkap untuk kepentingan komersial juga rekreasi. Ikan ini juga kadang dijual sebagai ikan hias di akuarium.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Macolor niger". FishBase. Ed. Ranier Froese and Daniel Pauly. December 2013 version. N.p.: FishBase, 2013.
  2. ^ "Pulau Gebe, bukan sekedar tambang nikel - Masyarakat Iktiologi Indonesia". Masyarakat Iktiologi Indonesia (dalam bahasa Inggris). 2016-08-05. Diakses tanggal 2017-01-31. 
  3. ^ Market Fishes of Indonesia