Kacembang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kacembang
Kacembang gadung jantan
Kacembang gadung betina
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Subordo:
Famili:
Irenidae

Jerdon, 1863
Genus:
Irena

Horsfield, 1821
Spesies tipe
Coracias puella[1]
Latham, 1790
Spesies
Irena puella (hijau muda),
Irena cyanogaster (hijau tua),
Irena tweeddalli (tidak ditampilkan)

Kacembang adalah jenis burung pengicau kecil yang ditemukan di hutan dan perkebunan di kawasan tropis Asia Selatan dan Filipina. Mereka adalah satu-satunya anggota genus Irena dan famili Irenidae, dan berkerabat dengan burung cipoh dan Cica-daun.

Ini adalah burung mirip merbah di hutan terbuka atau semak berduri, tetapi kelompok tersebut cenderung memiliki warna yang membosankan, kacembang dimorfik secara seksual, dengan jantan memiliki bulu berwarna biru tua, dan betina berwarna hijau kusam.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Ilmuwan pertama yang meneliti kacembang menempatkan mereka dalam genus Coracias, mungkin karena kekuatan bulu biru warna-warni di punggungnya. Hal ini ditentang pada tahun 1820an oleh Thomas Horsfield dan Coenraad Temminck, yang menyarankan hubungan dengan burung kedasi. . [2] Itu ditempatkan secara berbeda dengan merbah dan kepodang juga. Berdasarkan studi hibridisasi DNA-DNA Sibley dan Alhquist, kerabat terdekatnya kini telah diidentifikasi sebagai burung daun . Hubungan ini dikonfirmasi oleh studi filogenetik molekuler besar yang diterbitkan pada tahun 2019 menemukan bahwa famili Irenidae adalah saudara dari famili Chloropseidae yang mengandung burung daun.[3] Burung penggulung kadang-kadang dimasukkan ke dalam famili Irenidae bersama dengan burung biru peri, namun sejak terjadinya perbedaan yang terlihat, hal ini menunjukkan bahwa mereka lebih baik diperlakukan sebagai famili yang terpisah.

Morfologi[sunting | sunting sumber]

Burung kacembang adalah burung kuat yang bentuk dan ukurannya menyerupai kepodang Dunia Lama . Jantan lebih besar dari betina. Beratnya antara 50 dan 100 gram, dan sebagian variasi tersebut disebabkan oleh perbedaan jenis kelamin dan sebagian lagi disebabkan oleh variasi geografis. [4] Terdapat kecenderungan perbedaan ukuran, yang dapat dikaitkan dengan aturan Bergmann, dengan rata-rata populasi paling utara lebih besar. Mereka mempunyai paruh yang kuat dan dalam serta berlekuk yang digunakan untuk menghancurkan, dan spesies Filipina adalah yang terbesar. Kaki mereka kecil, yang menunjukkan bahwa mereka menghabiskan lebih sedikit waktu untuk memanjat untuk mencari makan dan lebih banyak waktu di sayap.

Bulu burung kacembang sangat luar biasa, dengan bagian atasnya berwarna biru tua. Burung bluebird peri Asia mempunyai bulu yang dimorfik secara seksual, burung jantan jauh lebih cerah daripada betina, tetapi burung kacembang Filipina menunjukkan perbedaan yang jauh lebih sedikit dan betinanya hampir sama cemerlangnya dengan jantan. Warna yang dalam dihasilkan oleh duri ujung bulu telanjang yang khusus. Meskipun burung kacembang sangat terlihat di bawah sinar matahari, mereka kurang terlihat di bawah naungan hutan.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Burung kacembang berpasangan atau berkelompok (individu jarang terlihat sendirian) mencari makan secara luas untuk mendapatkan makanan. Buah-buahan, terutama buah ara dalam genus Ficus, adalah makanan terpenting burung biru peri. Burung kacembang umumnya akan memakan buah dengan ukuran tertentu, dan akan menghancurkan buah yang lebih besar agar mudah dikelola. Sebagian besar makanan diperoleh di kanopi. Selain buah, buah beri juga bisa dimakan, juga nektar, meskipun perilaku ini hanya dilaporkan pada burung di India. Berbeda dengan serangga dewasa, serangga merupakan komponen utama makanan anak burung. Di Filipina, burung terlihat mengikuti pasukan kera, kemungkinan untuk mengumpulkan serangga yang memerah.[5]

Tampilan pacaran jantan mencakup vokalisasi yang rumit, yang ditanggapi betina dengan membangun sarang. Sarang dibuat di pohon atau semak tinggi dari ranting, lumut, dan rerumputan, dan jantan dan betina bekerja sama dalam membesarkan anaknya. [6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Irenidae". aviansystematics.org. The Trust for Avian Systematics. Diakses tanggal 2023-07-16. 
  2. ^ Wells, D. (2005) "Family Irenidae" Pp. 268-277 in del Hoyo, J.; Elliot, A. & Christie D. (editors).
  3. ^ Oliveros, C.H.; et al. (2019). "Earth history and the passerine superradiation". Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States. 116 (16): 7916–7925. doi:10.1073/pnas.1813206116. 
  4. ^ Wells, D. (2005) "Family Irenidae" Pp. 268-277 in del Hoyo, J.; Elliot, A. & Christie D. (editors).
  5. ^ Ken Stott, Jr. (1947) "Fairy Bluebird: Long-Tailed Macaque Association on Mindanao" Auk 64 (1): 130
  6. ^ ""Fairy Bluebird Fact Sheet, Lincoln Park Zoo"". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-05-31. Diakses tanggal 2011-11-07.