Kaca mata renang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Kacamata renang (bahasa Inggris: Swimming Goggle), merupakan salah satu peralatan renang. Menggunakan kacamata renang mampu mencegah iritasi mata yang dapat disebabkan oleh air kolam renang. Air kolam renang mengandung klorin yang berfungsi untuk membunuh virus dan bakteri. Air kolam renang menjadi berbahaya saat klorin bercampur dengan urin, keringat, dan kosmetik berbahan kimia. Klorin yang bercampur dengan kotoran tubuh akan menghasilkan chloramine. Zat iritan ini dapat mengakibatkan gangguan sistem pernapasan, iritasi mata dan ruam pada kulit.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kacamata Renang
Kacamata Renang

Bangsa Inuit membuat kacamata dari tanduk rusa kutub, dan kayu, untuk membantu mencegah kebutaan yang diakibatkan oleh salju . Kacamata di desain melengkung agar sesuai wajah pengguna dan bagian belakang yang dipotong untuk hidung. Terdapat sebuah celah tipis panjang untuk memungkinkan mata tetap bisa melihat dengan sedikit cahaya, serta mengurangi paparan sinar ultraviolet. Di bagian belakang kacamata terdapat tali penahan yang terbuat dari otot rusa kutub.

Risiko[sunting | sunting sumber]

Kacamata Salju Tradisional Suku Inuit

Tali kacamata renang yang terlalu kencang dapat menyebabkan sakit kepala. Untuk penderita glaukoma, tekanan yang diakibatkan oleh kacamata renang bisa menjadi sangat berbahaya.