Masbuhin Faqih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari KH Masbuhin Faqih)

Masbuhin Faqih
Lahir31 Desember 1947 (umur 76)
Suci, Gresik
Pekerjaanulama
OrganisasiNahdlatul Ulama
Suami/istriNyai Hj. Mas 'Aini
Orang tua
  • Abdullah Faqih (bapak)
  • Tsuwaibah (ibu)

K. H. Masbuhin Faqih (lahir 31 Desember 1947) adalah seorang ulama Indonesia yang berpengaruh serta pengasuh Pondok pesantren Mambaus Sholihin.[1]

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Masbuhin merupakan putra pertama dari 5 orang anak. Ayahnya adalah Abdullah Faqih Suci dan ibunya bernama Tsuwaibah. Dikatakan bahwa silsilah keluarganya sampai ke Sunan Giri. Diperkirakan bahwa Masbuhin adalah keturunan ke-12 dari Sunan Giri, Sunan Dalem, dan Sunan Prapen.[2]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Masbuhin dididik secara agamais oleh kedua orangtuanya. Ia kemudian melanjutkan pendidikan ke Gontor di Ponorogo, Jawa Timur, dan mempelajari bahasa Arab dan bahasa Inggris. Setelah lulus dari Gontor, ia melanjutkan studinya ke Pondok Pesantren Langitan, yang pada saat itu diasuh oleh Abdul Hadi dan Abdullah Faqih. Di sana ia mengembangkan ilmu kitab kuning, mulai dari Fiqh, Nahwu, Shorof, tauhid, sampai tasawuf. Ia belajar di Lagitan selama 17 tahun, sembari mengabdi di sana. Pada 1979, Abdullah Faqih meminta agar Masbuhin mendirikan sebuah pondok di desa asalnya, Suci. Masbuhin menyanggupinya, dan pondok pesantren itu kemudian diberi nama "Ath-Thahiriyah".

Mendirikan Pondok[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1980 M, ia mendapat restu untuk sepenuhnya meninggalkan Pondok Pesantren Langitan. Sekarang, Masbuhin harus berkonsentrasi dalam mengurus Pondok Pesantren At-Thohiriyyah bersama dengan ayahnya. Masbuhin kemudian mengubah nama Pondok Pesantren At-Thohiriyyah menjadi Pondok Pesantren Mambaus Sholihin atas usulan Usman Al-Ishaqi, yang mengatakan bahwa nama suatu pondok dirasa mempunyai arti dan harapan yang penting.

Pada tahun 1997, ayah Masbuhin meninggal dunia, dan Masbuhin kemudian dengan cepat menjadi ulama yang dikenal secara luas.

Tepat sebelum Pemilihan umum legislatif Indonesia 2009, sebagian kiai terkemuka NU yang kecewa kepada PKB bersatu dengan cita-cita agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang nasionalis-agamais, maka lahirlah PKNU. Atas perintah gurunya, Abdullah Faqih, Masbuhin turut ikut andil dalam mempertahankan PKNU.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Masbuhin menikah dengan Nyai Hj. Mas Aini, dan dikaruniai 12 anak, 9 putra dan 3 putri.[3][4][5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Profil KH. Masbuhin Faqih". ISLAM NET. 2011-10-01. Diakses tanggal 2019-03-13. 
  2. ^ Online, N. U. "Belajar Tawadhu' dari Kiai Masbuhin Faqih, Mamba'us Sholihin". NU Online (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-03-13. 
  3. ^ Admin, Cool Download Rox |. "Perjalanan Religi KH Masbuhin Faqih di Tarim Yaman - MAMBAST POS". Perjalanan Religi KH Masbuhin Faqih di Tarim Yaman - MAMBAST POS. Diakses tanggal 2019-03-13. 
  4. ^ Aswaja, P. P. M. "Belajar Ber-NU ala Kiai Masbuhin Faqih". Laduni - Layanan Digital untuk Nahdliyin NU. Diakses tanggal 2019-03-13. 
  5. ^ "Biografi Pengasuh Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Bali". Diakses tanggal 2019-03-13.