Kōban

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kōban di distrik Ginza Tokyo
Kōban di era kolonial Jepang yang diperbaiki di Taiwan

kōban (交番) merupakan kantor polisi kecil yang terletak di lingkungan. Istilah ini merujuk kepada unit organisasi terkecil departemen kepolisian prefektur Jepang modern[1]. Bangunan kecil kōban, dikelola oleh petugas kepolisian berseragam yang terletak di sekitar 6.000 lokasi di seluruh Jepang[2], penempatan kōban didasari oleh aktivitas community policing yang melengkapi pekerjaan kantor kepolisian pusat yang lebih besar.

Sejak 1990an, sudah banyak kōban yang dilengkapi dengan tulisan latin yang bertuliskan KOBAN[3][4].

Gambaran[sunting | sunting sumber]

Kōban biasanya berupa bangunan berlantai satu atau dua yang dilengkapi dengan beberapa ruangan (walaupun terdapat beragam variai), dikelola oleh satu sampai sepuluh (atau lebih) petugas kepolisian[5].

Petugas kepolisian yang berdinas di kōban berasal dari Community police affairs sections (地域課, chiiki-ka) dari police stations (警察署, Keisatsu-sho)[6]. Petugas bertugas untuk melakukan pengawasan secara umum, menanggapi keadaan darurat, memberikan petunjuk arah, dan berinteraksi dengan masyarakat secara rutin dari seharusnya jika mereka berdinas lebih jauh dari pos-nya. Walaupun sering diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai "police box"[7], kōban hanya memiliki sedikit dengan police box yang ada di Britania Raya atau fire alarm call box yang ditemukan di Amerika Serikat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nama kōban berasal dari nama struktur paling awal yang dibangun pada 1874, sebuah kotak sederhana yang digunakan untuk berdiri menjaga (立番, tachiban) bergiliran (交替, kōtai), yang menciptakan kata majemuk yang terdiri dari huruf () dan ban ()[8]. Setelah itu, pada 1881, kōban bertransformasi menjadi stasiun komunitas lokal dengan enam petugas dan diberi nama resmi baru yaitu hashutsujo (派出所, "stasiun polisi lokal") walaupun nama umum yaitu kōban tetap bertahan.

"Kōban" selanjutnya disistematisasi dan tersebar ke seluruh negeri, memainkan peran penting pada sistem Kepolisian Jepang selama lebih dari beberapa dekade. Pada 1994, nama resmi hashutsujo diubah kembali menjadi kōban. Salah satu permasalahan yang diakui pada beberapa tahun terakhir yang paling signifikan pada sistem kōban adalah keberadaan stasiun tidak berawak (空き交番, akikōban) stasiun yang tidak berawak. Menurut Agensi Kepolisian Nasional (NPA) permasalahan ini telah diselesaikan pada 2007[2].

Pada 2017, Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo menempatkan petugas di kōban yang mampu berbicara lebih dari satu bahasa untuk menolong turis, ekspatriat, menggunakan Kabukichō Kōban di Shinjuku dan Shibuya Ekimae Kōban[9].

Pada 2019, NPA memerintahkan dilakukan penilaian risiko sejak terjadinya rentetan serangan terhadap petugas yang berjaga di kōban yang menyebabkan petugas terluka atau bahkan tewas untuk mencuri barang milik petugas biasanya senjata api. Ini terjadi setelah serangan terhadap petugas tunggal yang bertugas di kōban pada 16 Juni 2020 di Suita (senjata yang dicuri berhasil dikembalikan setelah pelaku tertangkap[10][11][12]. Rekomendasi awal adalah dengan memprioritaskan penggunaan sarung senjata khusus yang dapat melindungi senjata milik petugas agar tidak mudah diambil[13].

Negara-negara lain[sunting | sunting sumber]

Stasiun polisi kecil serupa dengan kōban dapat ditemukan di Republik Rakyat Tiongkok dan Singapura[14]. Sebagai tambahan, sistem kōban menjadi populer pada program bantuan dan program pelatihan polisi internasional, terutama yang dilakukan oleh Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA). JICA telah menginvestasikan dana untuk program kepolisian komunitas dengan gaya kōban di beberapa negara, termasuk Indonesia, Brasil, dan Honduras[15]. Pada 2016, kōban dibangun oleh Departemen Kepolisian Los Angeles (LAPD) di The Grove at Farmers Market di Los Angeles, California, Amerika Serikat. LAPD juga mengoperasikan kōban di Little Tokyo, Los Angeles[16][17].

Pelayanan yang disediakan[sunting | sunting sumber]

Sebuah kōban era Meiji yang direlokasi dari Sudo-cho, Tokyo ke Museum Arsitektur Udara Terbuka Edo-Tokyo
Kondisi umum di kōban berukuran kecil

Petugas polisi yang ditempatkan di kōban melayani beberapa peran:

  • Peta dan petunjuk - menyediakan peta dan petunjuk arah untuk alamat-alamat lokal, terkadang menemani secara personal kepada orang-orang yang tidak mengenal tata letak jalanan dan alamat lokal. Sebagai tambahan, petugas bisa memberikan usulan mengenai hotel, restoran, dan bisnis lainnya.
  • Hilang dan ditemukan - menerima laporan mengenai kehilangan barang dan menerima barang yang ditemukan oleh masyarakat, dan jika cocok dengan deskripsi barang yang hilang petugas akan memberitahu pemilik untuk mengambilnya.
  • Laporan kriminal - menerima laporan kepolisian, seperti kejahatan properti seperti pencurian dan penyusupan.
  • Layanan darurat - menekan nomor telepon darurat "110" untuk kasus darurat yang membutuhkan polisi, pemadam kebakaran, atau tenaga medis. Kontak langsung bisa dibuat di kōban dan bantuan akan dikirim

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jones, Trevor; Tim Newburn (2006). Plural policing. Routledge. hlm. 232–33. ISBN 0-415-35510-9. 
  2. ^ a b Enhancement plan of kōban functionality (今後の交番機能の強化対策の推進について) Diarsipkan 2009-07-18 di Wayback Machine., National Police Agency of Japan, viewed April 8, 2009 (dalam bahasa Jepang)
  3. ^ Parker, L Craig (2001). The Japanese police system today. ME Sharpe. hlm. 38–58. ISBN 0-7656-0762-X. 
  4. ^ "Landmark", Kōban, Japan: Metropolitan Police Department, diarsipkan dari versi asli tanggal March 15, 2013, diakses tanggal April 9, 2009  — official signs
  5. ^ Toyozaki, Yoko; Stuart Varnam-Atkin (2008). 日本風物詩 [Are Japanese Cats Left-handed?]. Diterjemahkan oleh Sawada Gumi. IBC Publishing. hlm. 19–21. ISBN 4-89684-581-1. 
  6. ^ National Police Agency Police History Compilation Committee, ed. (1977). Japan post-war police history (dalam bahasa Japanese). Japan Police Support Association. hlm. 916–933. Templat:NCID. 
  7. ^ "'kōban' translated as 'police box'", Books (search), Google 
  8. ^ Activities of kōban (交番・パトカーの活動) (dalam bahasa Japanese), Japan: Metropolitan Police Department, diarsipkan dari versi asli tanggal July 16, 2012, diakses tanggal April 8, 2009 
  9. ^ http://www.keishicho.metro.tokyo.jp/multilingual/english/about_us/activity/koban.html
  10. ^ http://www.asahi.com/ajw/articles/AJ201906180051.html
  11. ^ https://www.straitstimes.com/asia/east-asia/japanese-police-officer-stabbed-in-chest-loaded-handgun-stolen-while-on-patrol
  12. ^ https://japantoday.com/category/crime/Man-stabs-police-officer-steals-his-gun-in-Osaka-Pref
  13. ^ http://www.asahi.com/ajw/articles/AJ201906170044.html
  14. ^ https://mothership.sg/2017/01/spores-neighbourhood-police-posts-were-inspired-by-japanese-kobans/
  15. ^ "4. Consolidación de la Democracia", El Salvador (dalam bahasa Spanish), JP: JICA, diarsipkan dari versi asli tanggal July 13, 2009, diakses tanggal February 13, 2009  .
  16. ^ https://laprf.org/koban-substation-opens-at-the-grove/
  17. ^ https://www.atlasobscura.com/places/the-lapd-koban-los-angeles-california

Pranala luar[sunting | sunting sumber]